BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tema Go Green di Final Liga Champions

19-05-2012 10:42 |

Tampak luar Stadion Allianz Arena. © AFP Tampak luar Stadion Allianz Arena. © AFP

Bola.netBola.net - Final Liga Champions dini hari nanti dipastikan bakal bernuansa hijau. Hijaunya bukan karena rumput lapangan, melainkan warna dinding. Stadion Fussball Arena atau Allianz Arena, Munich, Jerman, memang bisa berganti-ganti sesuai tema.


Puluhan ribu suporter bakal disambut jutaan panel warna hijau dengan sedikit corak biru saat memasuki area stadion ini. Tema 'Go-Green' dipilih panitia pertandingan agar atmosfer laga final ini lebih netral.

Manajer Pemasaran Fussball Arena, Joe Gross menilai kombinasi warna itu tidak berkesan memihak tuan rumah dan memunculkan aura dramatis.

"Kami berusaha memaksimalkan potensi stadion ini yang bangunannya terkenal karena bisa memunculkan bermacam-macam warna. Tema hijau dengan sedikit corak biru kami pilih agar suporter dari Munich atau London merasakan suasana dramatis," ujar dia.

Stadion kandang Bayern Munich ini dikenal karena dinding luarnya dibangun dengan panel khusus berbahan Ethylene tetrafluoroethylene.

Bahan plastik khusus itu bisa memancarkan warna, terutama dari warna utama seperti biru, merah, dan kuning. Arsitek asal Swiss Herzog dan de Meuron berharap dengan adanya panel-panel itu, desain bangunan ini bisa berganti sesuai kebutuhan pertandingan.

Ketika Bayern Munich bermain sebagai tuan rumah, maka bangunan stadion jadi merah, seperti kostum tim kebanggaan warga Bavaria itu. Sebaliknya, saat tim sekota TSV 1860 Munich yang main, bangunan menjadi biru. Giliran tim nasional Jerman berlaga di sana, maka Allianz Arena berganti putih.

Stadion yang selesai dibangun pada 2005 ini akan menjadi saksi sejarah bila Munich sukses menumbangkan Chelsea. Selama Liga Champions digelar, tuan rumah laga final belum pernah juara. 

KOMENTAR