BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tak Masuk Akal, Aksi Rasis Suporter City Disamakan Dengan Selebrasi Ronaldo

09-12-2019 21:24 | Dimas Ardi Prasetya

Cristiano Ronaldo (c) AFP Cristiano Ronaldo (c) AFP

Bola.net - Oknum suporter Manchester City yang melakukan aksi rasis pada Fred dibela oleh suporter The Citizen lainnya dan menyebut rekannya itu sebenarnya cuma sedang menirukan aksi selebrasi Cristiano Ronaldo.

Duel Manchester City vs Manchester United di pekan ke-16 Premier League berlangsung di Etihad Stadium. Pertandingan itu berakhir dengan kekalahan bagi Man City dengan skor 1-2.

Namun pertandingan tersebut diwarnai oleh aksi tak terpuji seorang oknum suporter kepada Fred. Pada babak kedua, suporter yang kebagian tempat duduk persis di pinggir lapangan itu tertangkap kamera melakukan gestur ala monyet saat Fred akan melakukan lemparan ke dalam.

Kontan saja, aksi itu menjadi sorotan publik Inggris. Sang pelaku kemudian menjadi target kecaman banyak suporter lain.

1 dari 3 halaman

Ditangkap Polisi

Pemain Manchester United, Fred. (c) AP Photo Pemain Manchester United, Fred. (c) AP Photo

Pihak Manchester City sendiri bergerak cepat untuk menangani kasus itu. Mereka merilis pernyataan resmi dengan mengatakan akan mengadakan penyelidikan atas kasus tersebut.

Kemudian, tak sampai 24 jam berselang, polisi mengumumkan penangkapan seorang pria yang diyakini bernama Anthony Burke. Ia diduga sebagai terduga pelaku aksi rasisme pada Fred.

"Seorang pria ditangkap setelah video yang diunggah di media sosial menunjukkan seorang suporter melakukan gestur rasis dalam laga Manchester City vs Manchester United di Etihad Stadium kemarin," demikian bunyi pernyataan resmi kepolisian seperti dikutip BBC.

"Sekitar pukul 6.55 malam pada Sabtu, 7 Desember 2019 polisi dipanggil ke sebuah laporan seorang suporter diduga melakukan gestur dan bersuara rasis terhadap pemain dalam derby Manchester City dan Manchester United,"

"Seorang pria 41 tahun telah ditangkap dengan tuduhan mengganggu ketertiban umum secara rasis dan berada di dalam tahanan untuk dimintai keterangan."

2 dari 3 halaman

Pembelaan Suporter Manchester City

Burke tak cuma ditangkap. Ia kemudian diskors dari jabatannya sebagai manajer teknik sipil di sebuah perusahaan bernama Kier Group setelah rekaman itu menjadi viral.

Burke kemudian mendapatkan pembelaan dari suporter City yang lain. Pembelaanya itu melibatkan superstar Juventus, Cristiano Ronaldo.

"Kehilangan akses ke Etihad. Kehilangan pekerjaannya."

"Hanya karena [melakukan] selebrasi ala Ronaldo."

"Jika ia adalah pria yang rasis, maka Ronaldo itu juga orang yang rasis."

3 dari 3 halaman

Pembelaan Diri Burke

Gelandang Manchester United, Fred. (c) AP Photo Gelandang Manchester United, Fred. (c) AP Photo

Anthony Burke sendiri sempat melakukan pembelaan diri. Ia mengaku tak melakukan aksi rasis di laga itu.

"Dengar, saya hanya jadi rasis karena ada tangkapan layar yang membuat saya seakan merupakan orang yang rasis."

"Tapi saya bukan orang yang rasis. Saksikan laga [Manchester City vs Manchester United] itu, separuh waktu itu saya hanya meletakkan tangan saya di celana saya." Tulis Burke di akun Facebook miliknya, seperti dilansir Metro.

Fred sendiri mengutuk keras terjadinya aksi rasis di laga Manchester City vs Manchester United tersebut. Baginya hal tersebut tak bisa ditolerir lagi.

(twitter/troll football/metro)

KOMENTAR