Starting XI Pemain Muslim dari Klub Top Eropa, Ada Paul Pogba dan N'Golo Kante

Asad Arifin | 23 April 2020, 14:51
Starting XI Pemain Muslim dari Klub Top Eropa, Ada Paul Pogba dan N'Golo Kante
Paul Pogba (c) ManUtd

Bola.net - Ada banyak pemain muslim yang kini bermain di klub-klub top Eropa. Paul Pogba dan NGolo Kante termasuk. Dengan kedua pemain di lini tengah, bisa terbayang betapa kuatnya tim Starting XI yang beragama Islam.

Seiring akan dimulainya ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 2020 yang kemungkinan besar jatuh pada Jumat (24/4/2020), mungkin banyak pencinta sepak bola di seluruh dunia bertanya-tanya mengenai siapa saja pesepak bola top dunia yang memeluk agama Islam.

Mungkin tidak terlalu banyak pemain bola muslim, terutama yang berkiprah di Eropa. Jika di Indonesia mungkin sebaliknya, lebih banyak pemain yang beragama Islam.

Di sisi lain, pada edisi Ramadhan tahun ini para pesepak bola muslim di Eropa mungkin tidak mengalami banyak ujian. Hal itu dikarenakan hampir semua kompetisi di Eropa sedang diliburkan akibat adanya pandemi virus corona penyebab COVID-19.

Pada musim lalu misalnya, sejumlah pesepak bola muslim di Eropa mungkin merasakan ujian cukup berat, karena pemain dituntut menjalankan kewajiban berpuasa tanpa mengganggu profesi yang dijalani.

Bahkan, ada pemain yang harus menjalani turnamen Liga Champions 2019 hingga partai final sambil beribadah puasa. Beberapa pemain tersebut ialah Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Xherdan Shaqiri.

Selain ketiga orang tersebut, masih banyak pemain top lainnya yang beragama Islam. Bahkan, jika dikumpulkan bisa membentuk starting XI yang hebat.

Kira-kira siapa saja pemain muslim tersebut? Berikut ini Bola.com menyajikannya, starting XI terbaik berisi pesepak bola yang beragama Islam, dengan formasi 3-4-3, Kamis (23/4/2020).

1 dari 4 halaman

Kiper: Asmir Begovic

Asmir Begovic (c) Ist

Asmir Begovic (c) Ist

Asmir Begovic mengawali musim ini dengan bermain untuk klub Azerbaijan, Qarabag Agdam. Selama setengah musim, Begovic bermain sebanyak 17 kali di berbagai ajang.

Kemudian pada paruh kedua musim, Begovic hengkang ke AC Milan dengan status pinjaman.

2 dari 4 halaman

Bek: Benjamin Mendy, Antonio Rudiger dan Sead Kolasinac

Antonio Rudiger (c) Twitter @ToniRuediger

Antonio Rudiger (c) Twitter @ToniRuediger

Dengan memakai formasi 3-4-3, ketiga pemain tersebut akan mengisi posisi sebagai bek tengah. Meski, Sead Kolasinac kerap dipasang sebagai bek kiri di Arsenal.

Dari ketiga pemain tersebut, Benjamin Mendy menjadi yang paling sering tampil bersama klubnya, Manchester City. Ia tampil sebanyak 23 kali di berbagai ajang musim ini.

Sementara, Antonio Rudiger dan Sead Kolasinac masing-masing mencatatkan 18 dan 20 penampilan di berbagai kompetisi.

3 dari 4 halaman

Tengah: N'Golo Kante, Mesut Ozil, Riyad Mahrez dan Paul Pogba

Pemain Manchester City, Riyad Mahrez (c) AP Photo

Pemain Manchester City, Riyad Mahrez (c) AP Photo

Untuk posisi tengah, ada satu pemain yang mengisi sektor gelandang bertahan. Pemain tersebut ialah N'Golo Kante.

Musim ini, Kante bermain sebanyak 22 kali dan berhasil mengukir tiga gol untuk Chelsea di berbagai ajang.

Kemudian dua pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ialah Mesut Ozil dan Riyad Mahrez. Ozil dan Mahrez masing-masing mencatatkan 23 dan 37 penampilan bersama klubnya.

Sementara pemain yang menjadi gelandang serang ialah Paul Pogba. Musim ini Pogba harus sering absen membela Manchester United karena cedera.

Sejauh ini, Pogba baru membukukan delapan penampilan bersama Setan Merah.

4 dari 4 halaman

Depan : Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Xherdan Shaqiri

Sadio Mane melakukan selebrasi sujud syukur usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada laga UEFA Super Cup 2019, Kamis (15/8/2019) di Vodafone Park. (c) AP Photo

Sadio Mane melakukan selebrasi sujud syukur usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada laga UEFA Super Cup 2019, Kamis (15/8/2019) di Vodafone Park. (c) AP Photo

Tiga pemain muslim yang mengisi lini depan ialah Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Xherdan Shaqiri. Menariknya, ketika pemain pada musim ini bermain untuk klub yang sama yakni Liverpool.

Xherdan Shaqiri mungkin tidak banyak bermain pada musim 2019/2020 ini. Tetapi, kualitas pemain asal Swiss tersebut tidak diragukan lagi. Xherdan Shaqiri punya kecepakatan tinggi sebagai winger.

Kemudian dua pemain lainnya, Mane dan Salah, tampil cukup apik bersama Liverpool. Musim ini, Sadio Mane dan Mohamed Salah masing-masing sudah mengemas 18 dan 20 gol di berbagai kompetisi.

Ketiga pemain tersebut berpeluang mengantarkan the Reds menjadi juara Premier League 2019-2020, andai kompetisi tidak dihentikan karena virus corona.

Disadur dari Bola.com - 23 April 2020

Penulis: Faozan Tri Nugroho/Editor: Aning Jati

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR