BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Soto Celana Dalam, Kuliner Favorit Bambang Pamungkas di Kota Solo

25-11-2020 14:30 | Richard Andreas

Bambang Pamungkas Mengangkat Jersey Memoria 200 golnya untuk Persija (c) Persija Media Bambang Pamungkas Mengangkat Jersey Memoria 200 golnya untuk Persija (c) Persija Media

Bola.net - Bambang Pamungkas tak hanya dikenal dengan sundulan apiknya untuk menjebol gawang lawan, Legenda Persija Jakarta dan Timnas Indonesia ini pun punya hobi kuliner yang cukup tinggi, entah memasak atau makan.

Sebagai pesepak bola yang telah malang melintang di persepakbolaan Indonesia, tentu Bambang Pamungkas sudah menjelajahi nyaris setiap daerah di Tanah Air. Maka tidak heran, 'kamus' makanannya cukup lengkap karena sering mencicipi kuliner di berbagai daerah yang ia kunjungi.

Ada satu tempat yang menyediakan makanan favoritnya di Kota Solo, yakni soto celana dalam.

Pria yang kini menjadi manajer Persija itu mengaku selalu mencari kesempatan untuk menyempatkan diri berburu makanan-makanan khas, mulai dari yang di pinggiran jalan (street food), sampai yang berlokasi di mall.

Satu lokasi yang dikenangnya adalah Soto Daging Sapi Pak Keman. Resto ini kemudian menjadi terkenal karena cerita dari mulut ke mulut, yang diawali dari momen ketika Bambang Pamungkas mencicipinya.

Menariknya, Soto Daging Sapi Pak Keman ini dikenal oleh olahragawan dengan nama soto celana dalam. Ini bermula dari candaan Bambang Pamungkas kepada Ismed Sofyan.

"Setiap daerah banyak yang enak, Jogja apalagi, gudangnya makanan enak," buka Bampang Pamungkas saat sesi wawancara di channel YouTube Sportsmagz TV.

"Di Solo ada kisah menarik yang akhirnya bikin saya sempet enggak enak sama yang punya soto. Di sana ada soto yang menurut saya juara dunia. Namanya soto Pak Keman. Saking enaknya, saya pernah bercanda sama Ismed, dia bilang, 'Wah soto ini pasti ada jampi-jampinya nih'."

"Karena saya sama Ismed enggak pernah akur dan saya pengin banget punya konflik sama dia, saya bilang, 'Emang lu enggak liat? Di kualinya tuh ada celana dalemnya'. Nah bercandaan itu bikin soto itu terkenal di kalangan anak bola namanya soto celana dalam," kata pria yang akrab disapa Bepe tersebut.

Bambang Pamungkas menuangkan kisah ini pada buku biografinya dan situs pribadinya. Di situs bambangpamungkas20.com, Bepe menuliskan reviu betapa rasa soto tersebut memiliki rasa yang luar biasa.

1 dari 1 halaman

Suka Mengajak Ismed Sofyan Jalan-Jalan Kuliner

Selama kariernya sebagai pesepak bola aktif, Bambang Pamungkas dikenal memiliki kedekatan dengan Ismed Sofyan. Selain karena sama-sama pemain senior, kedua pemain merupakan teman satu kamar, sehingga segala aktivitas hampir semuanya dilakukan bersama-sama.

Satu di antara kegiatan yang biasa dilakukan bersama-sama tentunya adalah berburu kuliner. Bambang Pamungkas mengatakan, Ismed Sofyan sebetulnya tidak begitu suka hunting makanan.

"Karena dia teman sekamar saya, kalau enggak salah belasan tahun. Kalau dikatakan senang kuliner (Ismed) sebenarnya tidak juga. Kadang-kadang dia ikut, hanya tapi mungkin porsinya tidak banyak," katanya.


Sumber: YouTube/Sportsmagz TV

Disadur dari: Bola.com (Gregah Nurikhsani), published 25 November 2020

KOMENTAR