BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sering Begadang Nonton Pertandingan Bola? Temulawak Bisa Kamu Andalkan Buat Jaga Kebugaran

11-04-2021 07:00 | Wuri Anggarini

 (c) Shutterstock (c) Shutterstock

Bola.net - Sempat vakum akibat pandemi, liga sepakbola lokal hingga internasional kini kembali bergulir. Demi nonton tim favorit berlaga, banyak nih yang bela-belain rela begadang biar nggak ketinggalan aksi tim jagoan di lapangan. Tapi, jangan sampai sering begadang nonton bola malah bikin kesehatan jadi drop dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Demi menjaga tubuh tetap bugar saat sering begadang nonton match bola, temulawak adalah bahan alami yang bisa kamu andalkan nih. Kupas tuntas manfaat temulawak yang bisa menjaga tubuh tetap fit, yuk!

Mengobati Masuk Angin

 (c) Shutterstock (c) Shutterstock

Orang Indonesia pasti paham banget dengan istilah 'masuk angin', yaitu masalah kesehatan yang disertai dengan gejala demam, meriang, perut kembung, hingga kepala terasa pusing. Biasanya penyebab utama kondisi ini adalah telat makan, terlalu banyak begadang, atau cuaca yang lagi dingin. Nah, khasiat temu lawak dipercaya bisa membantu menghangatkan tubuh dan melancarkan pencernaan. Selain itu, kondisi mual dan mulut yang pahit karena masuk angin juga bisa diredakan dengan mengonsumsi bahan herbal yang satu ini.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

 (c) Shutterstock (c) Shutterstock

Terlalu banyak begadang kadang diikuti dengan kondisi sistem imun yang menurun. Salah satu tandanya biasanya sistem pencernaan yang bermasalah, seperti perut terasa sebah atau kondisi maag. Tahukah kamu jika temulawak ternyata juga efektif untuk menyembuhkan berbagai masalah pencernaan yang bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh?
Temulawak ternyata efektif menetralkan asam lambung berlebih untuk mengurangi rasa sakitnya. Selain itu, bahan herbal asli Indonesia ini juga bisa bekerja mengurangi diare dengan merelaksasi kerja otot usus agar tidak mensekresikan cairan secara berlebihan.

Menurunkan Kadar Kolesterol

 (c) Shutterstock (c) Shutterstock

Begadang nonton bola kurang nikmat rasanya jika tanpa camilan yang menemani euforia mendukung laga tim jagoan. Nggak heran banyak pecinta bola yang sudah menyiapkan berbagai snack favorit, seperti kacang, gorengan, hingga makanan berlemak tinggi lainnya. Tapi, pola makan yang nggak terkontrol bisa meningkatkan risiko obesitas dan kolesterol tinggi, lho.

Jangan lupa jaga selalu kesehatan tubuh dengan memperhatikan camilan yang dikonsumsi selama begadang nonton bola. Selain itu, manfaatkan juga khasiat temulawak yang juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Rebusan air temulawak dapat meningkatkan sekresi empedu yang bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida.

Meringankan Gejala Peradangan Sendi

 (c) Shutterstock (c) Shutterstock

Peradangan pada sendi bisa terjadi karena berbagai faktor. Seperti obesitas yang membuat sendi menumpu beban tubuh yang berlebihan, hingga efek penuaan dini. Siapa sangka kalau ternyata ekstrak temulawak bisa membantu meringankan gejala peradangan sendi karena memiliki efek ibuprofen yang berperan mengurangi rasa sakit. Demi hasil terbaik, konsumsi ekstrak temulawak segar yang diseduh dengan air hangat secara rutin dapat meringankan gejala peradangan sendi yang dialami.

Meningkatkan Energi

 (c) Shutterstock (c) Shutterstock

Setelah begadang nonton bola, biasanya tubuh jadi lebih lelah dan kurang bersemangat di pagi harinya. Namun, jangan sampai hal ini mengganggu aktivitas sehari-hari karena ternyata kamu bisa meningkatkan energi secara alami dengan mengonsumsi temulawak secara rutin, lho. 

Yup, konsumsi rebusan temulawak ternyata bisa membantu menjadi suplai energi tambahan untuk tubuh. Minuman ini juga kaya kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga sistem imun tubuh.

Wah, ternyata ada banyak manfaat kebaikan temulawak yang bisa jadi andalan buat kamu yang sering begadang nonton bola! Untungnya, sekarang nggak perlu repot-repot mengolah temulawak sebagai minuman yang bisa menjaga kesehatan tubuh karena sekarang sudah ada Herbalice. Ini dia ekstrak temulawak yang enak, bermanfaat, serta praktis diminum. Yuk, buktikan sendiri khasiatnya, Bolaneters!

KOMENTAR