Seperti Sadio Mane, Mohamed Salah juga Bangun Sekolah dan Rumah Sakit di Kampungnya

Asad Arifin | 23 Juni 2022, 15:18
Mohamed Salah merayakan golnya di laga FC Porto vs Liverpool di matchday 2 Grup B Liga Champions 2021-22 di Estadio Do Dragao, Rabu (29/09/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo
Mohamed Salah merayakan golnya di laga FC Porto vs Liverpool di matchday 2 Grup B Liga Champions 2021-22 di Estadio Do Dragao, Rabu (29/09/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Cerita Sadio Mane membangun desa asalnya mendapat sorotan tajam di tengah kepindahannya dari Liverpool ke Bayern Munchen. Seperti Mane, Mohamed Salah juga melakukan aksi yang sama untuk kampungnya di Mesir.


Sadio Mane berasal dari Desa Bambali, Kota Sedhiou, Senegal. Sejak menjadi pesepak bola profesional, terutama pemain bintang di Eropa, Mane telah mendirikan rumah sakit di Bambali senilai 445 ribu poundsterling atau setara dengan Rp8,1 miliar.

Selain itu, pemain yang telah resmi bergabung dengan Bayern Munchen itu juga membangun sekolah gratis seharga Rp4,5 miliar di kampung halamannya.

Terbaru, Sadio Mane berencana untuk mendirikan stadion di Bambali. Demikian dilaporkan Africa Facts Zone dan Dakar 24 SN. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Mohamed Salah Juga Rombak Desanya

Tak kalah dengan Sadio Mane, Mohamed Salah juga merombak desanya. Salah berasal dari Desa Nagrig, Kota Basyoun, Mesir.

Meski kini telah menjadi satu di antara pesepak bola top Eropa, Mohamed Salah tak pernah lupa akan kampung halamannya.

Menurut laporan Mirror, pemain berusia 30 tahun tersebut membangun rumah sakit, sekolah, pusat olahraga, dan juga menyediakan ambulans.

Mohamed Salah juga menyediakan lahan sekitar lima hektar untuk membangun pabrik pengolahan limbah. Dengan adanya pabrik tersebut, penduduk desa bisa memiliki sumber air bersih yang aman.

2 dari 3 halaman

Kucurkan Rp7,2 Miliar

Aksi Sadio Mane dan Mohamed Salah pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika (c) AP Photo

Berdasarkan laporan tahun lalu, Mohamed Salah telah menyumbangkan lebih dari 400 ribu poundsterling (Rp 7,2 miliar) untuk merombak Desa Nagrig. Selain itu, dia juga memberikan total 3.500 poundsterling kepada sejumlah keluarga per bulan.

"Salah membuat desa kecilnya tersorot di peta internasional," kata Walikota Nagrig, Maher Shetia pada 2017 lalu.

"Dia juga membangun badan amal dan akan membangun sekolah yang menelan biaya jutaan. Ini di samping sumbangannya ke rumah sakit Basioun dengan ruang ventilasi lengkap, inkubasi, dan unit ambulans," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Dipuja Publik Mesir

Mohamed Salah tak hanya dipuji masyarakat di kampung halamannya, tetapi juga publik Mesir. Berkat prestasi Salah di dunia sepak bola, Mesir semakin dikenal publik.

Selain itu, Mohamed Salah juga ikut membantu Timnas Mesir lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Itu adalah untuk pertama kalinya Mesir berlaga di Piala Dunia setelah terakhir kali terjadi pada 1990.

"Salah datang ke desa jika memungkinkan dan berjalan di antara orang-orang dan berfoto dengan mereka dengan sangat sederhana," kata sepupu Salah, Abadah Saeed Ghali

"Semua orang Mesir, tidak hanya provinsi Nagrig atau Gharbiya, bangga kepadanya," lanjut Abadah.

Sumber: Mirror

Disadur dari Bola.com: Rizki Hidayat, 23 Juni 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR