BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Satu Jenazah Berhasil Dievakuasi dari Puing Pesawat yang Ditumpangi Emiliano Sala

07-02-2019 19:25 | Dimas Ardi Prasetya

Emiliano Sala (c) Cardiff City Official Emiliano Sala (c) Cardiff City Official

Bola.net - Satu jenazah telah berhasil dievekuasi dari puing-puing pesawat yang sebelumnya ditumpangi oleh Emiliano Sala dan pilot David Ibbotson, Kamis (07/02).

Sebelumnya, tim pencari swasta dan Air Accidents Investigation Branch (AAIB) telah berhasil menemukan lokasi reruntuhan pesawat kecil yang ditumpangi striker asal Argentina itu. Pesawat itu tergeletak di dasar selat Inggris pada Minggu (03/02) pagi waktu setempat.

Saat itu diketahui ada satu jenazah yang berada di pesawat. Namun karena kondisi cuaca dan lingkungan yang kurang bersahabat, jenazah itu tak bisa langsung diangkat.

Akan tetapi pada akhirnya jenazah yang ada di pesawat itu berhasil diangkat. Namun kabarnya hanya ada satu jenazah saja yang ditemukan di pesawat tersebut. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa ada satu penumpang yang sebelumnya telah berhasil keluar dari pesawat.

Meski demikian, pihak AAIB tak membeberkan jenazah siapa yang mereka evakuasi saat itu.

1 dari 3 halaman

Pernyataan AAIB


Pihak AAIB menyatakan telah berhasil mengangkat jenazah itu, dengan sangat berhati-hati. Akan tetapi, karena kondisi arus yang tak bersahabat, mereka memastikan tak akan bisa mengangkat puing-puing pesawat tersebut.

"Setelah pemeriksaan visual yang ekstensif dari lokasi kecelakaan menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV), diputuskan untuk mencoba operasi pengambilan jenazah."

"Dalam kondisi yang menantang, AAIB dan kontraktor spesialisnya berhasil menemukan mayat yang sebelumnya terlihat di tengah puing-puing. Operasi dilakukan dengan cara yang paling bermartabat dan keluarga tetap diberi informasi tentang kemajuan eperasi."

"Sayangnya, upaya untuk memulihkan puing-puing pesawat tidak berhasil sebelum kondisi cuaca buruk memaksa kami untuk mengembalikan ROV ke kapal. Prakiraan cuaca buruk untuk masa mendatang, sehingga keputusan sulit diambil untuk mengakhiri operasi secara keseluruhan."

2 dari 3 halaman

Dikirim ke Dorset


Sementara itu untuk satu jenazah yang berhasil dievakuasi, AAIB langsung mengirimkannya ke sebuah rumah sakit di Dorset, untuk diotopsi oleh pihak koroner.

"Jenazah saat ini sedang dibawa ke Portland untuk diserahkan ke perawatan Dorset Coroner."

Satu jenazah terlihat diangkut keluar dari kapal Geo Ocean III menuju ambulan (van abu-abu). (c) AFPSatu jenazah terlihat diangkut keluar dari kapal Geo Ocean III menuju ambulan (van abu-abu). (c) AFP

"Meskipun tidak mungkin untuk memulihkan pesawat, rekaman video luas yang ditangkap oleh ROV diharapkan memberikan bukti berharga untuk penyelidikan keselamatan kami."

 (c) AFP (c) AFP

 (c) AFP (c) AFP

"Kami mengharapkan pembaruan berikutnya menjadi laporan sementara, yang akan kami terbitkan dalam waktu satu bulan setelah kecelakaan terjadi."

3 dari 3 halaman

Berita Video


Berita video momen gol-gol Timnas Indonesia U-22 ke gawang Bhayangkara FC dalam laga uji coba di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (6/2/2019).

KOMENTAR