BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Real Madrid Klub Terbesar di Dunia, Barca Nomor Dua, MU Ketiga

12-02-2019 12:30 | Richard Andreas

Pemain Real Madrid Diarak Keliling Kota (c) AFP Pemain Real Madrid Diarak Keliling Kota (c) AFP

Bola.net - Real Madrid dinobatkan sebagai klub sepak bola terbesar di dunia oleh France Football, salah satu surat kabar ternama di Eropa yang juga mewadahi penghargaan Ballon d'Or. Madrid terpilih jadi nomor satu, mengungguli Barcelona di peringkat kedua, dan Manchester United di posisi nomor tiga.

Mengutip bleacherreport.com, pada edisi Februari ini France Football merilis daftar 30 klub terbaik di seluruh dunia. Tim editorial mereka mempertimbangkan analisis pemain, penonton televisi, pengikut di media sosial, rerata kehadiran di stadion, pendapatan, pengeluaran, market value, dan kepentingan sejarah klub tersebut - perihal sejarah ini mereka mengakuinya sebagai penilaian subjektif.

Sebanyak 85 klub diamati berdasarkan kriteria-kriteria tersebut, dan mereka menghasilkan daftar 30 klub terbesar di dunia. Real Madrid dan Barcelona bersaing cukup ketat, mereka meninggalkan Manchester United cukup jauh.

Lima klub Premier League muncul dalam daftar top 10. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Madrid Nomor Satu

Madrid menduduki takhta nomor satu dengan 184 poin. Barcelona di peringkat kedua dengan 177 poin, tertinggal tujuh poin dari Madrid tetapi unggul 26 poin dari MU di peringkat ketiga. Berikut daftar lengkapnya:

  1. Real Madrid (184 poin)
  2. Barcelona (177 poin)
  3. Manchester United (151 poin)
  4. Bayern Munich (135 poin)
  5. Liverpool (120 poin)
  6. Juventus (107 poin)
  7. Paris Saint-Germain (94 poin)
  8. Chelsea (91 poin)
  9. Manchester City (89 poin)
  10. Arsenal (88 poin)

Adapun dari 85 tim yang masuk dalam kriteria tersebut hanya klub-klub Eropa yang masuk eselon atas. Tim yang belum pernah mencapai final kompetisi Eropa seperti PSG pun berhasil merebut posisi ketujuh.

2 dari 3 halaman

Tim Inggris

Uniknya, tim-tim Inggris tetap mendominasi meski jarang menunjukkan kualitas mereka di kompetisi Eropa. MU dan Liverpool berhasil menembus lima besar 'klub-klub terbesar' di dunia, Setan Merah unggul 31 poin dari Liverpool.

Liverpool memang semakin mendekati kesuksesan dewasa ini, tapi MU tampaknya diuntungkan dari 27 tahun masa kepelatihan Sir Alex Ferguson. MU hanya tiga kali meraih gelar juara Eropa, Liverpool sudah lima kali juara. MU 20 kali juara Premier League, LIverpool 18 kali.

Chelsea, Man City, dan Arsenal berada di peringkat terakhir 10 besar dengan jarak hanya tiga poin di antara mereka. Bagaimanapun, klub-klub Inggris mampu mengalahkan tim-tim besar lainnya seperti AC Milan, Ajax Amsterdam, Celtic, Atletico Madrid, Borussia Dortmund, dan klub-klub asal Amerika Selatan.

3 dari 3 halaman

Berita Video

Berita video 5 pemain bintang yang pernah berseragam Manchester United dan juga PSG (Paris Saint-Germain). Siapa saja selain David Beckham?

Harry Maguire Resmi Jadi Bek Termahal di Dunia

KOMENTAR