BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ramah Difabel, Fasilitas di Komplek GBK Selama Asian Para Games Bikin Bangga

11-10-2018 16:39 | Iwan Tantomi

(c) Liputan6.com/Thomas (c) Liputan6.com/Thomas

Bola.net - Sejak renovasi untuk menyambut Asian Games 2018 lalu, komplek Gelora Bung Karno dibangun dengan salah satu fokusnya adalah ramah difabel. Kini, dengan digelarnya Asian Para Games 2018, fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh komplek GBK semakin kentara. Masyarakat dengan keterbatasan fisik kini bisa mendapatkan berbagai kemudahan dalam menjangkau setiap venue yang ada di komplek tersebut.

Misalnya saja, di Stadion Utama Gelora Bung Karno sudah terdapat akses berupa ramp yang bisa dilalui kursi roda. Tingkat kemiringan dan lebarnya pun juga disesuaikan dengan pedoman teknis sehingga tidak menyulitkan para penyandang difabel. Di dalam stadion, terdapat 264 kursi tribun penonton yang dikhususkan bagi kaum disabilitas dan pendamping, berikut dengan toilet-toilet khusus yang telah dilengkapi penunjuk arah.

Kemudahan bagi masyarakat dengan fisik terbatas ini tak hanya ada di Stadion GBK saja. Fasilitas latihan juga ditata supaya lebih ramah pada kaum difabel. Selain tempat parkir yang memadai, lokasi drop-off pun juga terkoneksi dengan ramp, toilet, lift, serta tribun penonton.

Fasilitas ramah difabel terbaru yang dikhususkan untuk Asian Para Games 2018 adalah motor roda tiga. Moda transportasi ini berupa motor yang dimodifikasi khusus agar para penyandang disabilitas bisa memanfaatkannya untuk berpindah dari satu venue ke venue lainnya. Bahkan setiap venue olahraga disediakan toilet portable untuk digunakan oleh masyarakat.

Tak mau ketinggalan, Grab, sebagai official mobile platform partner juga turut serta dalam kesuksesan Asian Para Games 2018. Lewat fasilitas yang diberi nama GrabGerak, Grab menyediakan 500 armada mobil sebagai angkutan untuk penyandang disabiltas agar bisa bergerak dari satu venue ke venue lainnya. Para mitra pengemudi Grab juga dibekali dengan kemampuan berbahasa isyarat agar bisa melakukan komunikasi dengan penumpang difabel. Tak ketinggalan, mereka juga diajari cara melipat kursi roda hingga cara membopong.

"Grab sangat bangga dapat menjadi kesuksesan dan berpartisipasi mendukung Asian Para Games 2018, ini merupakan bagian penting bagi rakyat Indonesia karena kemenangan ini bisa mendekatkan masyarakat dan mengobarkan semangat serta peserta Paragames," ungkap Managing Director Grab Indo, Ridzki Kramadibrata.

KOMENTAR