BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pertemanan Penuh Rasa Hormat antara Diego Maradona dan Valentino Rossi

26-11-2020 16:45 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi dan Diego Maradona (c) MotoGP/Twitter/ValeYellow46 Valentino Rossi dan Diego Maradona (c) MotoGP/Twitter/ValeYellow46

Bola.net - Legenda sepak bola dunia, Diego Maradona, meninggal dunia dalam usia 60 tahun akibat serangan jantung pada Rabu (25/11/2020) di Buenos Aires, Argentina. Pembalap MotoGP, Valentino Rossi, pun merupakan salah satu tokoh dunia yang sangat bersedih hati, apalagi mereka punya hubungan pertemanan yang baik.

Uniknya, Rossi 'baru saja' membicarakan Maradona dalam wawancara eksklusif dengan Sky Sport pada Sabtu (21/11/2020) di Portimao, Portugal, yakni pekan balap terakhirnya sebagai rider tim pabrikan Yamaha. Dalam sesi itu, Rossi membicarakan dua pemain sepak bola favoritnya.

"Maradona dan Ronaldo yang dari Brasil adalah dua pemain sepak bola favorit saya sepanjang masa. Saya suka dan kenal Ronaldo saat ia mulai bermain untuk Inter. Di lain sisi, saya mengenal Diego secara pribadi," ungkap sang sembilan kali juara dunia.

Pertemanan mereka pun dimulai saat Maradona datang menghadiri MotoGP San Marino di Sirkuit Misano pada 2008, yakni balapan yang dimenangi Rossi. Kapten timnas Argentina di Piala Dunia 1986 itu menyambangi Rossi di grid sebelum start, dan merayakan kemenangan bersama di garasi Yamaha usai balapan.

1 dari 3 halaman

Dedikasikan Kemenangan untuk Valentino Rossi

Saat menjadi pelatih kepada timnas Argentina dan mengalahkan Korea Selatan di Piala Dunia 2010, Maradona pun mendedikasikan kemenangan kala itu untuk Rossi yang harus absen tiga bulan dari MotoGP akibat cedera.

Kala itu, The Doctor sedang patah tulang tibia dan fibula kaki kanan akibat kecelakaan di Mugello, Italia. "Saya mendedikasikan kemenangan ini kepada kawan saya, Valentino Rossi, yang sedang cedera," ungkap Maradona, seperti yang dikutip Corsedimoto.

Rossi pun membalas aksi terhormat Maradona tersebut lima tahun kemudian, saat MotoGP untuk kedua kali menyambangi Sirkuit Termas de Rio Hondo di Argentina. Rossi memenangi balapan tersebut, dan melakukan selebrasi dengan mengenakan jersey timnas Argentina bernomor 10 milik Maradona.

"Saya pernah makan malam bersama Diego, tapi saya pernah menontonnya main sepak bola secara langsung, karena kala itu ia sudah pensiun. Maradona adalah atlet olahraga yang elite secara umum. Di Argentina, saya punya banyak fans gara-gara saya selebrasi pakai jersey-nya," lanjut Rossi.

2 dari 3 halaman

Diego Maradona, Pahlawan Olahraga Dunia

Valentino Rossi di MotoGP Argentina 2015. (c) AFP Valentino Rossi di MotoGP Argentina 2015. (c) AFP

"Maradona adalah pahlawan olahraga bagi semua orang pada generasi kita, bagi dunia. Ia adalah legenda, terutama bagi orang-orang Napoli. Ia selalu membuat perbedaan. Saya sudah siapkan jersey-nya tahun lalu (2014), tapi saya tak bisa naik podium," ungkap Rossi.

Usai mendengar kabar meninggalnya Maradona, Rossi pun segera mempersembahkan tribut untuk pemain yang dikenal dengan 'Gol Tangan Tuhan' tersebut dengan mengunggah foto dan video pertemuan mereka di MotoGP Misano pada 2008 lalu.

"Sampai jumpa, Diego. Kau sang penyihir bola. Misano 2008, inilah apa yang terjadi ketika orang-orang bertemu Maradona. Sungguh tak terlupakan, Diego," tulis Rossi lewat Twitter dan Instagram.

Sumber: Sky Sport, Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Miguel Oliveira Menangi MotoGP Portugal 2020

KOMENTAR