BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Panutan! Tomori Tetap Belajar Meski Sedang Bersinar Bersama Chelsea

09-10-2019 08:25 | Yaumil Azis

Pemain Chelsea, Fikayo Tomori (kiri) dan Tammy Abraham. (c) AP Photo Pemain Chelsea, Fikayo Tomori (kiri) dan Tammy Abraham. (c) AP Photo

Bola.net - Kesuksesan yang dijalani bek muda Chelsea, Fikayo Tomori, tak membuatnya lupa dengan dunia pendidikan. Sembari meniti karir, ia tetap menyempatkan waktu 10 jam per pekannya untuk menimba ilmu.

Untuk masuk ke skuat inti Chelsea saja dibutuhkan perjuangan yang berat. Pada musim lalu, ia harus terombang sana-sini untuk menjalani masa pinjaman dengan berbagai klub, salah satunya Derby County.

Kiprahnya di Derby tidak bisa dikatakan mentereng. Mereka gagal mendapatkan jatah promosi setelah kalah di babak final play-off atas Aston Villa.

Beruntung, Chelsea mempertahankannya untuk memperkuat tim yang sedang dilanda masalah embargo transfer. Ia dipercaya oleh Frank Lampard, yang sebelumnya juga melatih Derby, untuk mengawal pertahanan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Sepak Bola Takkan Selamanya

Penampilan yang impresif membuat Chelsea berpikir untuk mengikatnya dengan kontrak baru. Kemungkinan besar, pria berumur 21 tahun itu akan mendapatkan kenaikan gaji dengan durasi kontrak lima musim.

Kabar baik soal Tomori tidak sampai di situ saja. Baru-baru ini, ia masuk dalam skuat Timnas Inggris untuk melakoni semjumlah laga di babak kualifikasi Piala Eropa 2020.

Pencapaian Tomori di dunia sepak bola, pada usianya yang masih belia, jelas membanggakan. Namun itu masih tak cukup untuk menutup matanya dari dunia pendidikan.

"Sepak bola takkan bertahan selamanya. Saat saya pensiun, atau Tuhan melarang saya dengan cedera, maka saya harus punya sesuatu yang sedang dikerjakan dan bisa jadi pegangan untuk masa depan," ujar Tomori seperti yang dikutip dari Daily Star.

2 dari 2 halaman

10 Jam Per Pekan

Di tengah kesibukannya, Tomori masih bisa menyisihkan waktu 10 jam per pekan untuk menimba ilmu. Selain itu, dikala punya waktu senggang, ia menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

"Saya menghabiskan waktu sekitar delapan hingga 10 jam per pekan. Saya membaca setiap waktu, mencoba untuk belajar hal-hal baru," tambahnya.

"Saya tengah membaca kepemimpinan dalam bisnis, itulah topiknya saat ini. Saya tak punya buku, tapi saya bisa membaca secara online jadi saya bisa melihatnya kapanpun dibutuhkan," sambungnya lagi.

Walaupun demikian, Tomori juga masih sempat bersenang-senang bersama teman-temannya. "Namun sebelum tidur atau apapun itu, saya mungkin akan membaca buku lagi," tandasnya.

(Daily Star)

KOMENTAR