BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Nyaris Bangkrut dan Sempat Dipenjara, Ronaldinho Bangkit dan Kini Hasilkan Rp13 Milyar

10-01-2021 23:05 | Dimas Ardi Prasetya

Ronaldinho (c) AP Photo Ronaldinho (c) AP Photo

Bola.net - Legenda sepak bola Brasil, Ronaldinho, sempat terpuruk secara finansial dan pernah alami pahitnya dipenjara, akan tetapi kini ia bangkit dan sukses hasilkan uang miliaran rupiah.

Tahun lalu, dunia digegerkan dengan berita penangkapan Ronaldinho di Paraguay. Bersama kakaknya, Roberto de Assis Moreira, ia kemudian dijebloskan ke sel penjara karena kasus fake passport alias paspor palsu.

Ronaldinho datang ke Paraguay dengan menggunakan paspor itu untuk mendatangi event amal dan promosi buku. Ia ditahan selama beberapa waktu dan sempat mengikuti turnamen futsal di penjara.

Ronaldinho dan kakaknya kemudian dibebaskan dari penjara pada bulan Agustus. Namun ia harus membayar denda yang besar, mencapai 190 ribu dolar atau sekitar Rp2.6 miliar.

Setelah itu sempat ada laporan bahwa Ronaldinho nyaris bangkrut. Bahkan ada laporan bahwa duit mantan pemain Barcelona dan AC Milan ini yang tersisa di dalam dompetnya hanya sekitar lima pounds atau sekitar Rp90 ribu saja.

1 dari 2 halaman

Bangkitnya Ronaldinho

Akan tetapi kini Ronaldinho dikabarkan sudah bangkit pasca dipenjara. Hal tersebut diberitakan oleh Diario AS.

Mereka mengabarkan bahwa dompet Ronaldinho kini mulai terisi kembali dengan lancar. Media itu menyebut eks pemain Barcelona tersebut mendapat pemasukan sekitar lima juta real atau sekitar 700 ribu pounds.

Jika dikonversikan ke Rupiah, ia mendapat pemasukan sekitar 13 miliar. Semua ia raihan dalam tempo sekitar empat bulan.

Ronaldinho mendapatkan pemasukan besar berkat usahanya membantu mempromosikan stadion Atletico Mineiro. Selain itu karena ia juga dinobatkan sebagai warga negara kehormatan Belo Horizonte.

Dengan status barunya itu, Ronaldinho bisa membuka studio musik. Ia terjun ke dunia musik dengan merekam musim video bersama rapper Djonga dan Recayd Mob.

Selain itu, ia juga memiliki perusahaan minuman Gin dengan merek R-One. Ini adalah brand minuman keduanya setelah ia sebelumnya meluncurkan brand minuman anggur bernama Vino de Campeones.

Ronaldinho juga bekerja dalam kampanye iklan untuk aplikasi perjalanan Buser. Ia juga meng-endorse perusahaan bernama Betcris dan ia telah terkait dengan perusahaan taruhan tersebut sejak tahun 2019 lalu.

2 dari 2 halaman

E-Sports dan Film

Selain itu, Ronaldinho juga kerap dilibatkan dengan seri gim sepak bola FIFA. Demikian juga dengan gim Pro Evolution Soccer.

Ronaldinho juga memiliki tim sendiri yang bernama R10 Team. Timnya ini ditampilkan dalam EA Sports FIFA 21.

Ronaldinho juga terjun ke dunia film. "Tahap yang sulit akan segera berakhir, terima kasih Tuhan. Saya tidak memiliki kata-kata untuk berterima kasih atas semua perhatian dan dukungan yang telah saya terima dalam beberapa bulan terakhir," tulis Ronaldinho saat trailer film tersebut dirilis.

(Sportbible/AS)

KOMENTAR