BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Nggak Cukup Hanya Main Bola, Temulawak dan Tips Ini Wajib Dicoba Agar Berstamina di Musim Pancaroba

14-04-2021 07:00 | Wuri Anggarini

 (c) Shutterstock (c) Shutterstock

Bola.net - Main sepak bola memang jadi salah satu cara menjaga kebugaran diri. Apalagi jika bisa main bareng-bareng sama sobat karib, tentu makin terasa keseruannya. Hanya saja main bola saja, nyatanya nggak cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh di musim pancaroba.

Perlu beberapa langkah lainnya yang dapat mengimbangi aktivitas berolahraga, agar daya tahan tubuh bisa terjaga secara maksimal. Makanya, biar kamu tetap berstamina di musim pancaroba, beberapa tips ini wajib banget dicoba.

Makan Makanan Bergizi

 (c) Shutterstock (c) Shutterstock

Tubuh perlu asupan makanan bergizi, agar tetap berenergi dan lancar berkegiatan. Apalagi jika sering banget berolahraga, seperti main sepak bola, maka butuh lebih banyak asupan kalori dari makanan. Supaya kebutuhan gizinya dapat terpenuhi secara seimbang, konsumsilah sumber karbohidrat, protein, serta sayur dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral esensial bagi tubuh. Jangan lupa minum air putih secara cukup, agar metabolisme tubuh dan zat gizi dari makanan dapat terserap secara maksimal oleh tubuh.

Cukup Istirahat

 (c) Shutterstock (c) Shutterstock

Otot juga perlu relaksasi setelah diajak berolahraga, seperti bermain sepak bola. Dengan istirahat yang cukup, otot tubuh juga akan terbentuk secara optimal. Selain itu, tidur cukup minimal 6 jam sehari dapat membuat tubuh lebih segar dan berstamina di musim pancaroba. Itulah jika nggak terlalu penting banget, ada baiknya nggak begadang.

Menghindari Stres

 (c) Shutterstock (c) Shutterstock

Kesehatan fisik nggak akan sepenuhnya didapatkan, jika kesehatan mental nggak ikut dijaga. Penting banget untuk menghindari stres, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Di samping rutin berolahraga, hindari stres dengan mengatur waktu kerja dan me time secara seimbang. Hindari lembur atau bekerja tanpa kenal waktu, agar stres nggak sampai berlarut-larut. Coba juga beberapa hobi baru, agar lebih produktif saat mengisi hari-hari di rumah.

Minum Ramuan Temulawak

 (c) Shutterstock (c) Shutterstock

Nggak kalah penting, usahakan untuk rajin meminum beragam ramuan herbal, seperti temulawak. Tanaman bernama ilmiah Curcuma xanthorrhiza ini mengandung sejumlah zat aktif yang bermanfaat bagi kesehatan. Ada germakron yang dapat berperan sebagai antiradang, hingga ada tumeron yang dapat berperan sebagai antimikroba.

Lebih lanjut, manfaat ekstrak rimpang temulawak ini juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan astringent-nya, juga bermanfaat untuk mencegah jerawat, terutama jika kamu kurang tidur akibat sering begadang nonton pertandingan bola. Temulawak juga dikenal lama sebagai herbal yang ampuh buat meningkatkan nafsu makan.

Menariknya, kamu nggak perlu repot mencari temulawak di pasar, sekadar untuk mendapatkan manfaat maupun khasiatnya. Sebab, kini ada Herbalice. Minuman ekstrak temulawak ini begitu mudah dan praktis disajikan. Dengan manfaat segudang bagi kesehatan, kamu pun dapat mengandalkan Herbalice untuk mendapatkan khasiat maksimal ekstrak temulawak setiap hari.

KOMENTAR