BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mengenaskan! 5 Stadion Megah yang Sekarang Terbengkalai

15-11-2019 10:35 | Aga Deta

Stadion Terbengkalai Bekas Olimpiade Yunani (c) Dok Stadion Terbengkalai Bekas Olimpiade Yunani (c) Dok

Bola.net - Stadion merupakan salah satu infrastruktur yang cukup penting dalam sepak bola. Hampir semua klub sepak bola di dunia mempunyai stadion sendiri.

Tak hanya itu, beberapa klub bahkan sampai berlomba-lomba membangun atau merenovasi stadion kebanggaan mereka menjadi lebih ideal dan megah.

Stadion yang tentunya mempunyai daya tarik sendiri buat para penonton yang ingin datang. Beberapa orang datang tak hanya ingin menonton pertandingan, akan tetapi juga merasakan atmosfer di stadion.

Selain itu, di dalam stadion megah biasanya terdapat sederet fasilitas yang mewah untuk memanjakan para pemain maupun penonton yang datang. Apalagi jika stadion tersebut akan digunakan untuk event besar sekelas Piala Dunia atau olimpiade.

Namun, terkadang setelah ajang tersebut usai, stadion akan dibiarkan begitu saja. Di Indonesia banyak stadion terbengkalai setelah digunakan event tertentu.

Satu di antaranya ialah Stadion Utama Riau. Stadion tersebut kini terbengkalai. Padahal, Stadion Utama Riau pernah digunakan dalam event besar Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2012.

Tak hanya di Indonesia, di luar negeri juga banyak stadion yang tak terawat atau terbengkalai. Berikut ini stadion megah yang kini terbengkalai seperti dilansir Sokka.

1 dari 5 halaman

Pontiac Silverdome - AS

Pontiac Silverdome kini terbengkalai karena pemugaran yang tidak serius, sehingga pembangunan tak kunjung usai. Padahal peremajaan stadion tersebut sudah dimulai sejak 2014.

Stadion tersebut dibiarkan begitu saja pada 2015. Seperti halnya stadion Maracana, Pontiac Silverdome pernah digunakan Piala Dunia, yakni pada 1994.

2 dari 5 halaman

Lluis Sitjar - Spanyol

Stadion Lluis Sitjar merupakan tempat yang kerap digunakan bertanding klub La Liga, RCD Mallorca. Stadion yang dulunya megah itu kini justru sangat tidak layak digunakan.

Menariknya, stadion tersebut menjadi saksi bisu saat Xavi Hernandes menjalani debut di Barcelona pada 1998.

3 dari 5 halaman

Estadio de Sarria - Spanyol

Stadion yang dibangun pada 1923 itu sering digunakan RCD Espanyol. Namun, lama Estadio de Sarria kondisinya justru memperihatinkan dan tak layak pakai.

Kemudian pada 1997 Estadio de Sarria akhirnya ditutup.

4 dari 5 halaman

Donbass Arena - Ukraina

Donbass Arena terletak di kota Donetsk, Ukraina. Namun, stadion harus ditinggalkan setelah terjadi konflik antara Ukraina dan Rusia.

Kemudian pada 2014, stadion tersebut menjadi sasaran pemboman. Shakhtar Donetsk yang menjadi penghuni pun harus pindah ke Lviv dan Kharkiv.

Kini, kandang Shakhtar Donetsk dikuasai pemberontak pro Rusia.

5 dari 5 halaman

Stadion Maracana - Brasil

Stadion Maracana merupakan satu di antara stadion megah di Brasil. Beberapa event yang pernah diselenggarakan di Maracana ialah Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Rio de Jenairo 2016.

Stadion Maracana menjadi saksi saat Jerman mengalahkan Argentina di final Piala Dunia 2014. Namun, setelah perhelatan Olimpiade 2016, stadion tersebut tak terurus dan kehilangan kemegahannya.

Lebih parahnya lagi, stadion Maracana tidak tersambung listrik dan beberapa kursinya ada yang dicuri.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Faozan Tri Nugroho/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 15 November 2019

KOMENTAR

Bulutangkis Sumbang Emas di SEA Games 2019