BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Mengenal Caroline Marks, Surfer Keren nan Cantik Jagoan AS di Olimpiade 2020

15-07-2021 13:55 | Anindhya Danartikanya

Caroline Marks (c) AP Photo
Caroline Marks (c) AP Photo

Bola.net - Olimpiade Tokyo 2020 pada 23 Juli-8 Agustus 2021 mendatang dipastikan akan menggelar pertandingan 46 cabang olahraga (cabor). Uniknya, salah satu di antaranya akan menjalani debut, yakni cabor surfing atau selancar air.

Indonesia sendiri akan mengirimkan satu wakil, yakni Rio Waida, yang akan turun di nomor men's shortboard, beserta surfer cadangan I Ketut Agus Aditya Putra. Rio pun dijadwalkan bertanding di Tsurigasaki Surfing Beach, titik timur terjauh di Jepang pada 25 Juli mendatang.

Namun, dalam cabor ini, salah satu surfer yang sedang jadi sorotan, yakni surfer putri Amerika Serikat, Caroline Marks. Surfer berusia 19 tahun asal Florida, Amerika Serikat, ini sangat dijagokan untuk menyabet medali emas.

Menurut Pop Sugar, Kamis (17/6/2021), saat ini, Marks dianggap sebagai salah satu atlet putri paling menginspirasi di dunia berkat prestasi yang mentereng dan segudang.

Berikut fakta-fakta menarik soal Caroline Marks, surfer keren nan cantik andalan Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo 2020.

1 dari 9 halaman

Jadi Surfer Sejak Usia 9 Tahun

Caroline Marks lahir di Boca Raton, Florida, pada 14 Februari 2002. Ia pun mulai aktif berkarier di dunia surfing sejak 2011, saat ia masih berusia sembilan tahun. Ia pun biasanya berlatih dengan tiga kakak lelakinya yang sama-sama berjiwa kompetitif.

2 dari 9 halaman

Sabet Puluhan Gelar

Marks meraih begitu banyak prestasi di dunia surfing. Ia sudah meraih puluhan gelar. Beberapa di antaranya yang paling anyar adalah status juara Super Girl Pro 2020, dan runner up World Surf Leage (WSL) 2019.

3 dari 9 halaman

Jadi Film Dokumenter

Saking kerennya, perjuangan Marks merebut hasil terbaik di World Surf Leage (WSL) 2019 bahkan sampai dilirik oleh Red Bull untuk dijadikan film dokumenter.

4 dari 9 halaman

Bangga Lolos ke Olimpiade 2020

Kebetulan, pada ajang itulah Marks mengunci tempat untuk lolos ke Olimpiade Tokyo 2020, karena ia sukses finis di posisi kedua. "Ini adalah salah satu raihan terbesar, jika bukan yang terbesar, dalam karier saya," ujar Marks via Forbes.

5 dari 9 halaman

Dapat Bayaran Sama Besar dengan Surfer Putra

Marks juga bikin kagum fans surfing karena ia berhasil berjuang mendapatkan bayaran yang sama tinggi dengan para surfer putra. Hal itu terjadi saat ia memenangi Pro Gold Coast Championship 2019, di mana ia menjadi surfer putri pertama yang mendapatkan uang hadiah yang sama besarnya dengan hadiah yang didapat surfer putra.

6 dari 9 halaman

Ternyata Takut Tenggelam

Uniknya, Marks ternyata takut pada air lho. Kepada Reuters, Marks mengaku bahwa tenggelam merupakan salah satu ketertakutan terbesarnya. Namun, ia berusaha melawan dengan menganggapnya sekadar sebagai risiko dari pekerjaannya sebagai surfer.

7 dari 9 halaman

Idolakan Kelly Slater

Dalam dunia surfing, nama Kelly Slater jelas merupakan legenda. Marks pun mengakui bahwa Slater merupakan inspirasi terbesarnya hingga sekarang.

8 dari 9 halaman

Juga Kagumi Banyak Atlet Putri AS Lainnya

Tak hanya itu, Marks juga mengidolakan atlet-atlet putri terbaik dunia yang juga berasal dari Amerika Serikat, seperti Serena Williams (tenis), Simone Biles (gimnastik), dan Lindsey Vonn (ski).

Sumber: Pop Sugar, Red Bull

9 dari 9 halaman

Video: Tim Bulu Tangkis Indonesia Siap Tampil di Olimpiade 2020

KOMENTAR