BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mengapa Pesawat yang Ditumpangi Emiliano Sala Bisa Terjatuh?

07-02-2019 05:30 |

Emiliano Sala (c) Cardiff City Official Emiliano Sala (c) Cardiff City Official

Bola.net - Insiden kecelakaan pesawat yang menimpa rekrutan anyar Cardiff City, Emiliano Sala, menarik perhatian publik sejak Januari lalu. Lantas, sebuah pertanyaan muncul. Apa yang menyebabkan insiden tersebut bisa terjadi?

Emiliano Sala sedang dalam perjalanan dari Nantes ke Cardiff untuk menyelesaikan proses transfer yang melibatkan dana sebesar 15 juta pounds tersebut. Namun, pesawat yang ditumpangi oleh pemain asal Argentina itu secara mendadak hilang dari radar.

Setelah pencarian yang dilakukan oleh pihak berwajib tidak menemui hasil, pihak keluarga Sala lalu melakukan penggalangan dana melalui GoFundMe untuk menyewa jasa swasta. Dua minggu pencarian pun menemui hasil, bangkai pesawat yang ditumpangi oleh sang pemain ditemukan di dasar laut dekat kompleks kepulauan Inggris.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Proses Pencarian Berjalan Lamban

Laporan terakhir pencarian menyebutkan bahwa terdapat tubuh di dalam rongsokan pesawat yang ditumpangi oleh Sala itu. Saat ini, proses pengangkatan tubuh tersebut sedang dijalankan oleh tim pencari yang dipimpin oleh ahli kelautan, David Mearns.

Namun, kondisi cuaca yang tidak memungkinkan membuat proses pengangakatan bergerak lambat. Oleh karena itu, mereka pun tak bisa memberikan konfirmasi lebih lanjut mengenai kejelasan tubuh yang berada di dalam bangkai pesawat itu.

"Kondisi ombak yang kencang membuat kami hanya bisa menggunakan remotely operated vehicle (ROV) dalam waktu yang terbatas setiap harinya, dan ini menyebabkan proses berjalan lambat," tutur Air Accidents Investigation Branch (AAIB) dikutip dari Goal.

"Selain dari hasil pencarian, kami tidak akan membuat pernyataan lebih lanjut hingga keluarga mendapat pemberitahuan," tutup pernyataan itu.

2 dari 3 halaman

Analisis dari Para Ahli

Mengapa pesawat tersebut bisa terjatuh? Pertanyaan sederhana itu menguak dalam beberapa pekan terakhir sebagai respon dari insiden menyedihkan itu. Komandan Jorge Polanco mencoba memaparkan analisisnya kepada TyC Sports.

"Saya sangat terkejut bahwa mereka melakukan operasi penerbangan ini pada malam hari, dengan musim dingin Eropa pada saat ini. Ini seperti terbang di Antartika pada musim dingin dengan pesawat berukuran seperti ini, yang bisa membuat lapisan es di sayap pesawat, lalu menghentikan mesin dan saya pikir suatu seperti itu telah terjadi," tuturnya.

Opini tersebut berseberangan dengan pernyataan dari otoritas penerbangan sipil, Richard Taylor. Ia mengungkapkan bahwa pesawat yang ditumpangi oleh Emiliano Sala diperbolehkan dan bisa terbang pada malam hari di situasi yang sulit.

"Tak ada yang bisa menghalani pesawat single engine terbang secara komersil pada malam hari. Mereka dibatasi pada siang hari dalam bentuk operasi komersil hingga beberapa tahun lalu untuk pesawat bertenaga turbin," ujar Taylor seperti yang dikutip dari Wales Online.

"Sekarang mereka bisa terbang pada malam hari dan dalam situasi yang sulit. Tapi sekarang, kami tak tahu mesin apa yang digunakan oleh pesawat itu," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Ini

Bintang Manchester United, Paul Pogba, disebut pernah berencana angkat kaki dari Old Trafford. Bagaimana kisahnya? Simak informasi selengkapnya pada tautan video yang telah tersedia di bawah ini.

KOMENTAR