BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Didesak Berbuat Lebih Banyak untuk Perangi Rasisme

31-10-2020 02:20 | Ari Prayoga

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Bola.net - Bintang Timnas wanita Amerika Serikat, Megan Rapinoe mendesak Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo agar lebih banyak menggunakan ketenarannya untuk memerangi rasisme.

Ketenaran Messi dan Ronaldo memang sudah tak perlu diragukan lagi. Messi dan Ronaldo memang telah mendominasi sepak bola dunia sepanjang lebih dari satu dekade terakhir. Keduanya silih berganti merebut predikat pemain terbaik dunia.

Pun demikian dengan raihan penghargaan individu. Messi dan Ronaldo saling kejar-mengejar dalam raihan Ballon d'Or serta sederet penghargaan lainnya.

1 dari 2 halaman

Desakan Rapinoe

Rapinoe dikenal sebagai salah satu pesepakbola yang sangat vokal berbicara mengenai masalah politik dan sosial. Kini, wanita 35 tahun itu pun ingin Messi dan Ronaldo melakukan hal yang sama.

“Mereka bisa melakukan banyak hal jika mereka memutuskan untuk menggunakan tingkat popularitas mereka yang luar biasa untuk melawan rasisme, misalnya,” ujar Rapinoe kepada L'Equipe.

"Saya tidak berbicara tentang mengenakan kaus Black Lives Matter, saya berbicara tentang membahasnya lebih dalam," tambah pemain yang kini berstatus bebas agen tersebut.

2 dari 2 halaman

Saran untuk Mbappe

Lebih lanjut, Rapinoe juga menyampaikan saran kepada bintang muda PSG, Kylian Mbappe yang dianggap merupakan penerus Messi dan Ronaldo di level tertinggi sepak bola dunia.

"Saya berharap dia memahami dampak yang bisa dia miliki, dan bagaimana pengaruh ini terbukti sangat kuat bagi dirinya sendiri," tutur Rapinoe.

“Dia datang ke dunia dengan bakat luar biasa yang memungkinkan dia menjalani hidup yang luar biasa, sangat nyaman. Mungkin dia bisa bertanya pada dirinya sendiri bagaimana membangun keseimbangan, bagaimana menginspirasi kaum muda," imbuhnya.

“Saya harap dia mengerti bahwa dia bisa mengubah dunia, bahwa ini bukan hanya ide kosong. Terkadang Anda memutuskan sendiri untuk mengubah dunia, terkadang itu tergantung pada Anda. Jika Anda ingin menjadi raja, maka jadilah raja terbaik yang Anda bisa.” tandasnya.

Sumber: L'Equipe

KOMENTAR