BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kisah Maradona yang Pernah Membangkang Perintah Napoli Demi Ikuti Laga Amal

26-11-2020 20:15 | Dimas Ardi Prasetya

Diego Maradona di Napoli (c) HBO via AP Diego Maradona di Napoli (c) HBO via AP

Bola.net - Diego Maradona pernah membangkang perintah Napoli untuk tidak bermain di sebuah laga amal di salah satu daerah paling miskin di kota Naples.

Kisah ini terjadi pada tahun 1984 silam. Itu adalah tahun ketika Maradona baru saja gabung dengan Napoli dari Barcelona.

Saat itu kepindahan Maradona disambut sangat meriah di Napoli. Sekitar 75 ribu fans dilaporkan memadati stadion San Paolo. Transfernya saat itu disebut sebagai transfer terbesar di sejarah sepak bola.

Setelah pindah ke Napoli, Maradona sempat membuat geger Napoli. Menurut laporan dari Sportbible, ia menolak untuk mengikuti perintah klub yang melarangnya ikut dalam sebuah laga amal yang digelar untuk mengumpulkan dana demi anak-anak sakit dari keluarga miskin yang membutuhkan operasi.

Napoli tentu saja ketar-ketir. Sebab ia adalah asetnya yang sangat berharga. Maradona sendiri akan berhadapan dengan tim amatir dalam laga amal tersebut di sebuah lapangan ala kadarnya.

1 dari 2 halaman

Maradona Bayar Biaya Asuransi Sendiri

Diego Maradona sendiri juga dikabarkan sampai bersedia membayar biaya asuransinya sendiri agar bisa bermain di laga amal tersebut. Maradona, yang saat itu masih berusia 23 tahun, akhirnya ikut bermain di sebuah lapangan lokal di Naples.

Lapangan itu berlumpur dan tak aman bagi seorang pesepakbola profesional. Maradona sendiri melakukan pemanasan sebelum berlaga.

Ia melakukannya di area parkir mobil. Ia sempat melademi permintaan berfoto bersama sejumlah anak-anak sebelum akhirnya beraksi di ata lapangan.

Dalam laga tersebut, Maradona sendiri mencetak setidaknya dua gol. Satu gol ia hasilkan melalui aksi individualnya.

2 dari 2 halaman

Kesuksesan di Napoli

Selama di Napoli, Diego Maradona membawa klub itu meraih sukses besar. Ia membawa mereka meraih gelar Scudetto pertamanya pada musim 1986-87.

Ia kemudian membawa mereka meraih Scudetti kedua pada musim 1989-90. Ia juga membawa mereka finis sebagai runner-up di liga dua kali, tepatnya pada musim 1987-88 dan 1988-89.

Diego Maradona juga membawa Napoli memenangkan satu gelar Coppa Italia pada tahun 1987. Ditambah trofi UEFA Cup 1989 dan Supercoppa Italiana 1990.

(Sportbible)

KOMENTAR