BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kata-Kata Edin Dzeko, Kapten AS Roma

19-09-2020 14:07 | Aga Deta

Selebrasi Edin Dzeko usai membobol gawang Sampdoria, Kamis (25/6/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Selebrasi Edin Dzeko usai membobol gawang Sampdoria, Kamis (25/6/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Edin Dzeko saat ini merupakan kapten dari klub Serie A AS Roma. Namun, sang penyerang saat ini dirumorkan menjadi incaran Juventus pada bursa transfer musim 2020-2021.

Edin Dzeko dianggap sebagai satu di antara penyerang terbaik saat ini. Penyerang asal Bosnia ini dikenal sebagai striker haus gol. Ia memiliki kemampuan mencetak gol-gol fantastis menggunakan kaki kanan, kiri, dan kepalanya.

Dilansir dari Transfermarkt, kemampuan penyerang berjuluk 'Bosanski dijamant' yang berarti 'Permata Bosnia' ini dalam mencetak gol membuatnya masuk jajaran pencetak gol terbanyak sepanjang masa AS Roma (106 gol),

Dua pemain lain dengan torehan lebih banyak darinya adalah Francesco Totti (307 gol) dan Roberto Pruzzo (138 gol).

Sejauh ini, pria kelahiran 17 Maret 1986 ini juga pencetak gol terbanyak untuk negaranya dengan 59 gol.

Ketika kecil Edin Dzeko mengalami masa kecil yang suram. Ia menjadi satu di antara korban tragedi perang saudara yang berkecamuk.

Mantan pemain VfL Wolfsburg dan Manchester City ini bersama 12 anggota keluarganya sempat terpaksa hidup di ruang bawah tanah demi keselamatan.

Meski raihan prestasinya tak terlalu mentereng dengan gelar-gelar prestius, pria yang fasih bicara empat bahasa ini tercatat pernah meraih beberapa titel, seperti juara Bundesliga, Premier League, serta prestasi individu, termasuk top scorer Bundesliga 2009-2010, Serie A 2016-2017, serta Liga Europa musim 2016-2017.

Di luar lapangan, Edin Dzeko merupakan duta UNICEF pertama asal Bosnia. Muslim yang taat ini juga bergelar sarjana setelah lulus dari jurusan sport and physical education di Universitas Sarajevo.

Berikut kata-kata Edin Dzeko, permata Bosnia yang hobi mengancaman lini belakang lawan, dikutip dari Brainyquote.

1 dari 6 halaman

Kata-kata Keren Edin Dzeko

1. "Tidak ada yang sebanding dengan Roma. Tidak ada. Orang-orang di sana tergila-gila pada sepak bola dengan cara yang positif."

2. "Tentu saja kita semua bermimpi untuk menjadi besar, bermain untuk klub-klub besar, tetapi saya ingin bermain sepak bola karena kecintaan pada permainan itu."

3. "Sejujurnya, saya merasa saya tidak bisa mengatakan bahwa saya memiliki masa kanak-kanak, tidak seperti anak-anak normal seusia saya. Saya memiliki sesuatu yang khusus untuk Bosnia di tahun 90-an, sesuatu yang saya sebut periode bertahan hidup."

4. "Saya pikir nomor 9 akan selalu ada di sepak bola. Anda membutuhkan nomor 9 yang tepat dalam sepak bola, itu pendapat saya."

5. "Untuk setiap striker, penting untuk memiliki kepercayaan diri dari pelatih."

6. "Saya mulai bermain sepak bola ketika saya berusia sekitar 10 tahun, ayah saya membawa saya ke satu sekolah karena ada lebih banyak lapangan tempat kami bisa bermain."

2 dari 6 halaman

Kata-kata Keren Edin Dzeko

7. "Saya senang saya tinggal karena Roma telah menjadi rumah saya dan bagian tak terhapuskan dari hidup saya, dengan cara yang hampir tidak nyata."

8. "Rahasia? Kerja keras. Dan lebih banyak kerja keras."

9. "Saya benar-benar tersanjung dengan minat Chelsea. Itu klub yang sangat saya hormati dan sangat saya hargai."

10. "Saya benar-benar tidak membutuhkan kemewahan."

11. "Saya berutang segalanya pada Wolfsburg. Tanpa mereka, saya tidak akan punya kesempatan bermain untuk Manchester City atau Roma."

12. "Jika Anda tidak bermain bagus, wajar jika mereka mengkritik Anda. Tetapi, kritik adalah bagian dari permainan, jadi Anda menerimanya."

3 dari 6 halaman

Kata-kata Keren Edin Dzeko

13. "Saya bukan pemain yang tetap berada di tepi kotak dan menunggu kesempatan."

14. "Saya telah menghabiskan beberapa momen terbaik dalam karier saya di Manchester City, momen yang tidak akan pernah saya lupakan."

15. "Bekerja keras, saya berharap untuk mencapai hal-hal yang saya lakukan di Manchester bersama Roma."

16. "Saya mencoba membantu rekan satu tim."

17. "Saya tidak tertarik pada uang."

18. "Saya mencoba melakukan yang terbaik di setiap pertandingan untuk membantu tim."

4 dari 6 halaman

Kata-kata Keren Edin Dzeko

19. "Jika Anda menang, Anda harus menjadi tim yang bagus."

20. "Mengucapkan selamat tinggal pada yang dekat selalu yang paling sulit."

21. "Saya hanya pria biasa. Saya punya banyak teman dan senang menghabiskan waktu bersama mereka."

22. "Perang membuat masalah sehari-hari saya tampak jauh lebih kecil, dan saat itu terasa lebih berat, saya hanya ingat bahwa itu bisa jauh lebih buruk."

23. "Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa meski Anda mengalami masa-masa sulit, Anda harus selalu berpikir positif untuk maju."

24. "Jika kami memulai musim dengan pemikiran negatif, kami tidak akan pernah memenangkan apa pun."

5 dari 6 halaman

Kata-kata Keren Edin Dzeko

25. "Saat Anda mencetak gol di menit pertama, segalanya berubah."

26. "Saya tahu orang-orang akan mengkritik jika Anda bermain buruk; itu bagian dari pekerjaan ini dan saya setuju dengan itu. Itu bukan masalah. Masalahnya adalah penghinaan. Itulah yang paling menyakitkan."

27. "Komunikasi itu penting dan ketika Anda memiliki pemahaman dengan seseorang di lapangan, itu yang paling penting."

28. "Saya memainkan derbi pertama saya, saya menang, dan saya mencetak gol. Sebagus yang didapat!"

29. "Tidak pernah saya meragukan diri saya sendiri karena saya tahu apa yang saya mampu."

30. "Dibesarkan selama perang, saya tahu betul bagaimana masa kanak-kanak terhambat oleh pengungsian, kemiskinan, kekerasan, dan ketakutan."

6 dari 6 halaman

Kata-kata Keren Edin Dzeko

31. "Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik. Terkadang itu cukup untuk mendapatkan hasil yang baik, terkadang tidak, tetapi saya tidak pernah menyerah, dan saya tidak akan pernah menyerah."

32. "Semua orang mengharapkan gol, dan saya ingin mencetak gol, tetapi yang terpenting, saya ingin berkontribusi untuk tim yang sukses."

33. "Komunikasi itu penting, dan ketika Anda memiliki pemahaman dengan seseorang di lapangan, itu yang paling penting."

34. "Shevchenko selalu menjadi pemain favorit saya. Dia adalah idola saya. Saat kami bertemu, kami bertukar baju dan mengobrol sebentar. Sungguh bagus."

35. "Tidak ada yang senang saat mereka tidak bermain."

Sumber: Brainyquote

Disadur dari Bola.com (Alfi Yuda, Aning Jati)

Published: 18 September 2020

KOMENTAR