BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Isi Ramadhan, Pelatih Kiper Persiba Balikpapan Bersih-Bersih Masjid di Malang Raya

14-05-2020 21:25 | Serafin Unus Pasi

Yanuar Hermansyah dan Komunitas Pecinta Alam Gimbal Alas membersihkan Sejumlah Masjid di area Kota Malang (c) Dok Yanuar Hermansyah untuk Bola.net Yanuar Hermansyah dan Komunitas Pecinta Alam Gimbal Alas membersihkan Sejumlah Masjid di area Kota Malang (c) Dok Yanuar Hermansyah untuk Bola.net

Bola.net - Yanuar Hermansyah memiliki cara untuk menghabiskan waktu sepanjang Bulan Ramadhan ini. Pelatih Persiba Balikpapan ini bergabung dengan rekan-rekannya di komunitas pencinta alam, Gimbal Alas, yang melakukan kegiatan bersih-bersih masjid.

Menurut Yanuar, kegiatan bersih-bersih masjid ini ditujukan untuk menjaga kebersihan masjid di kawasan Malang Raya. Kegiatan ini, menurut pria berusia 54 tahun tersebut, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Gimbal Alas.

"Ini kegiatan mingguan. Biasanya kami lakukan setiap Hari Rabu," kata Yanuar, pada Bola.net.

"Tahun ini, kegiatan sudah dilakukan sebelum Bulan Ramadhan. Sejauh ini, sudah ada sekitar sepuluh masjid yang sudah dibersihkan oleh teman-teman," sambungnya.

Menurut Yanuar, ada sejumlah hal yang dilakukan dalam kegiatan ini. Ia menyebut kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan masjid secara total.

"Luar-dalam masjid kami bersihkan. Kamar mandi, kaca-kaca masjid, karpet, semuanya dibersihkan," ujarnya.

Yanuar pun membeber kisahnya bergabung dalam kegiatan sosial ini. Menurutnya, hal ini dimulai ketika ia pulang ke Malang, akibat latihan Persiba Balikpapan dihentikan menyusul pandemi Covid.

"Setelahnya, saya sempat berkomunikasi dengan teman-teman di Gimbal Alas. Ternyata mereka memiliki kegiatan ini," tutur Yanuar, yang sudah bergabung dengan komunitas Gimbal Alas sejak 2014 silam.

"Tanpa banyak berpikir, saya putuskan ikut kegiatan ini," ia menambahkan.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1 halaman

Beber Alasan Gabung

Lebih lanjut, Yanuar pun membeber alasannya bergabung dalam kegiatan ini. Selain menjadi ajang silaturahmi dengan rekan-rekan satu komunitasnya, kegiatan yang biasa diikuti 20-30 orang ini merupakan hal yang sangat positif.

"Ini kan murni kegiatan sosial. Saya merasa, selama ini kurang banyak mengikuti kegiatan sosial. Karenanya, saya memilih mengikuti," papar Yanuar.

"Selain itu, ini kan juga bentuk olahraga. Untuk mottonya saja, 'Olahraga Berpahala'," imbuhnya sembari tertawa.

Menurut pria yang karib disapa Begal ini, rencananya, kegiatan ini akan digelar rutin. Bahkan, menurut eks pelatih kiper Arema FC ini, rencananya mereka akan membersihkan semua rumah ibadah, bukan hanya masjid.

"Namun, saat ini, sepertinya kita harus patuh dulu dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan diterapkan di Malang Raya mulai akhir pekan ini," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR