BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ikuti Jejak Liverpool, Chelsea Juga Dukung Gerakan #BlackLivesMatter

03-06-2020 01:54 | Ari Prayoga

Chelsea (c) AP Photo Chelsea (c) AP Photo

Bola.net - Raksasa Premier League, Chelsea mengikuti jejak Liverpool mendukung gerakan #BlackLivesMatter yang tengah marak dilakukan di media sosial belakangan ini.

Gerakan ini bermula dari aksi protes masyarakat Minneapolis, Amerika Serikat terhadap kematian seorang warga berkulit hitam bernama George Floyd yang tengah dalam penangkapan polisi.

Aksi protes ini dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari unjuk rasa hingga penjarahan. Tindakan represif yang dilakukan aparat justru membuat gelombang protes semakin kencang.

1 dari 2 halaman

Aksi Chelsea

Banyak pihak menyuarakan sikapnya terhadap kasus ini, tak terkecuali Liverpool yang memberikan dukungan dengan cara seluruh anggota skuad berlutut melingkari lingkaran tengah lapangan di kandang mereka, Anfield.

Rupanya, Chelsea tak mau ketinggalan ikut mendukung gerakan ini. Skuad The Blues pun berlutut membentuk huruf H di markas latihan mereka, Cobham.

Huruf H di sini berarti 'Humans' alias Manusia. Pihak klub serta sejumlah pemain pun mengunggah dukungan ini lewat media sosial Twitter.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Cesar Azpilicueta

Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta pun memberikan penjelasan mengenai aksi timnya ini di laman resmi The Blues.

"Ini adalah sebuah tindakan di mana kami ingin menggunakan posisi kami untuk menunjukkan bahwa kita hidup di dunia yang di mana kita harus mencoba memperbaikinya untuk masa depan, agar dunia menjadi lebih baik dengan lebih banyak kasih sayang, tanpa kebencian," ujar Azpilicueta.

"Chelsea merupakan klub yang menjadi contoh, selalu berada di barisan depan untuk memerangi rasisme dan segala bentuk diskriminasi," lanjutnya.

Selain Liverpool dan Chelsea, beberapa pesepakbola seperti Marcus Rashford, Jadon Sancho, hingga Marcus Thuram juga ikut menyuarakan sikap mereka terkait isu ini.

Sumber: Chelsea FC

KOMENTAR