BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Giorgio Chiellini Kirim Pesan Menyentuh Hati Soal Gerakan #BlackLivesMatter

02-06-2020 12:18 | Yaumil Azis

Giorgio Chiellini menetak gol pada laga Parma vs Juventus pada pekan pertama Serie A musim 2019/2020, Sabtu (24/8/2019). (c) AP Photo Giorgio Chiellini menetak gol pada laga Parma vs Juventus pada pekan pertama Serie A musim 2019/2020, Sabtu (24/8/2019). (c) AP Photo

Bola.net - Kapten Juventus, Giorgio Chiellini, ikut berbicara lantang soal kematian George Floyd. Ia kemudian mengirimkan pesan yang menyentuh hati soal isu rasial dunia melalui media sosial Twitter miliknya.

Gelombang protes sedang berlangsung di berbagai belahan dunia pasca kematian George Floyd. Seperti yang diketahui, pria berdarah Afrika-Amerika itu tewas di tangan pihak kepolisian Amerika Serikat pada tanggal 25 Mei 2020.

Hampir seluruh wilayah di Amerika Serikat diduduki oleh demonstran yang memprotes soal isu rasial di sana. Sebab, ini bukan kali pertama kematian yang berdasarkan isu rasial terjadi di negara Paman Sam tersebut.

Kasus ini mengundang perhatian dari berbagai kalangan masyarakat dunia. Tidak terkecuali seorang pesepakbola seperti Giorgio Chiellini, yang belum lama ini tersangkut kontroversi terkait komentarnya di bukunya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Pesan Menyentuh Chiellini

Chiellini menyuarakan dukungannya terhadap pergerakan tagar #BlackLivesMatter di media sosial. Ia menuliskan sebuah utas berisikan pesan menyentuh yang sekarang sudah di-retweet sebanyak 419 kali.

"Saya telah melihat gambarnya berulang kali. Dan saya butuh waktu. Untuk berpikir. Untuk memulihkan diri dari goncangan kekerasan sebesar ini," tulis Chiellini.

"Bagaimana mungkin saya menjelaskan hal ini kepada anak perempuan saya soal apa yang terjadi? Kata-kata apa yang bisa saya ucapkan ke mereka? Sejujurnya, saya tidak bisa menemukan kata-kata itu. Tidak ada jawaban," lanjutnya.

"Hanya satu pertanyaan, sekuat nyawa yang diambil dari George Floyd: Kenapa? Bagaimana ini bisa terjadi? Mengapa sejarah terulang dengan sendirinya?"

2 dari 2 halaman

Semua Nyawa Penting

Bagi Chiellini, nyawa manusia adalah hal terpenting dalam dunia ini dan tidak boleh direnggut seenaknya. Tidak peduli apakah orang tersebut memiliki warna kulit yang berbeda.

"Saya telah membaca tagar #BlackLivesMatter. Seharusnya ini tidak perlu dituliskan. Sebab semua nyawa penting. Setiap umat manusia. Setiap anak-anak, laki-laki, perempuan, dan setiap orang di dunia."

"Namun jika dengan mengulanginya bisa membantu, jika ini masih belum jelas bagi semua orang: nyawa orang berkulit hitam itu penting. Sekarang dan selalu," pungkasnya.

Sejumlah pesepakbola dunia sudah menggaungkan suara perihal kasus ini. Salah satunya adalah pemain Manchester United, Paul Pogba, yang menuliskan pesannya kepada 41 juta pengikutnya di media sosial Instagram.

(Football Italia)

KOMENTAR