BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Fans Sepak Bola China Hujat Jurnalis Ini, Namun Segera Memaafkannya Usai Lihat Fotonya

17-12-2019 01:20 | Dimas Ardi Prasetya

Skuat China saat berduel melawan Korea Selatan di EAFF E-1 Football Championship di Busan Asia Main Stadium, Busan, Korea Selatan, Minggu (15/12/2019. (c) Yonhap via AP Photo
Skuat China saat berduel melawan Korea Selatan di EAFF E-1 Football Championship di Busan Asia Main Stadium, Busan, Korea Selatan, Minggu (15/12/2019. (c) Yonhap via AP Photo

Bola.net - Fans sepak bola di China sempat menghujat seorang jurnalis lokal namun dengan segera memaafkannya setelah melihat ternyata sang jurnalis begitu cantik.

Jurnalis perempuan tersebut bernama Xing Chengbo. Ia membuat kegemparan di dunia maya setelah membuat kesalahan dalam penulisan nama pemain.

Ia salah menulis 15 dari 23 nama pesepakbola nasional yang ikut serta dalam EAFF E-1 Football Championship. Artikel yang ia tulis kemudian terbit di BD News pada 9 Desember 2019.

Kesalahan Xing antara lain menulis kiper Liu Dianzuo menjadi Liu Dianzhu. Ia juga menggunakan karakter China yang salah untuk nama Feng Jin, Mei Fang, Jiang Zhipeng, dan Ji Xiang.

1 dari 2 halaman

Hujatan Fans

Kesalahan penulisan tersebut mengejutkan bagi sejumlah kalangan, termasuk fans sepak bola negera Tirai Bambu tersebut. Selama ini Xing dikenal sebagai jurnalis berpengalaman karena pernah meliput event besar sekelas Piala Dunia 2018 dan Asian Games 2014 dengan baik.

Tidak lama setelah artikel itu diterbitkan, netizen China membanjiri Weibo Xing dengan komentar mempertanyakan profesionalismenya sebagai jurnalis.

Xing Chengbo (c) WeiboXing Chengbo (c) Weibo

"Apakah Anda benar-benar lulus dari Universitas Kelautan China? Apakah Anda menonton sepak bola? Anda benar-benar belum pernah melihat nama-nama pesepak bola nasional sebelumnya? Jika Anda tidak bersemangat tentang sepak bola, Anda tidak harus melakukan pekerjaan ini," tulis satu di antara netizen, seperti dilansir Asiaone, pekan lalu.

"Dengan tingkat keahlian Anda, Anda menjadi jurnalis? Bagaimana Anda masuk ke perusahaan ini? Menggunakan koneksi? Jika saya bisa mengetikkan daftar lengkap pemain dengan benar, apakah ini berarti saya bisa menjadi pemimpin redaksi surat kabar Anda? Saya 'Tertawa begitu keras'," imbuh netizen China yang lain.

2 dari 2 halaman

Dimaafkan dan Dipuji

Akan tetapi kritikan yang diajukan kepada Xing Chengbo berubah menjadi pujian setelah netizen menemukan foto sang jurnalis. Foto-foto tersebut berhasil membuat netizen terpana dengan kecantikannya dan ada yang membelanya.

"Saya sedang jatuh cinta," tulis netizen yang membelanya.

"Memiliki wanita cantik yang salah mengeja namamu adalah kehormatan seumur hidup bagi para pemain nasional kita," tambah satu netizen.

Xing Chengbo (c) WeiboXing Chengbo (c) Weibo

"Maafkan dia, kita harus memaafkannya (untuk kesalahannya)," imbuh netizen yang lain.

Xing Chengbo mungkin telah dimaafkan oleh beberapan netizen. Namun, BD News beranggapan ini masalah serius sehingga ia diturunkan pangkatnya menjadi "Jurnalis trainee."

Sumber Asli: Asiaone
Disadur dari: Bola.com/Penulis Hanif Sri Yulianto/Editor Yus Mei
Published: 16 desember 2019

KOMENTAR