BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Fakta Unik Medali Asian Para Games yang Perlu Kamu Tahu

12-10-2018 13:36 | Iwan Tantomi

(c) 2018 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah (c) 2018 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Bola.net - Sejak hari Sabtu, 6 Oktober 2018, pesta olahraga bagi para penyandang disabilitas se-Asia telah digelar di Jakarta, Indonesia. Ratusan atlet difabel bertanding untuk menjadi yang terbaik. Indonesia, hingga berita ini ditulis, telah melampaui target dengan 23 medali emas, 31 perak, dan 35 medali perunggu dari berbagai cabang olahraga yang berbeda.

Bicara soal medali, ternyata Indonesia masih menyimpan kejutan usai gelaran Asian Games 2018 lalu. Panitia menyiapkan medali yang lebih 'istimewa', khusus untuk menyambut Asian Para Games 2018, dengan beberapa fitur unik yang dimilikinya. Apa saja?

Ada Huruf Braille-nya

Inapgoc, sebagai panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 rupanya tak mengesampingkan fakta bahwa nantinya bakal ada pemenang dengan tuna netra. Untuk menghormati perjuangan mereka hingga meraih medali, disematkan huruf Braille agar para peraih medali dengan keterbatasan fisik pada pandangan bisa lebih dekat dan mengenali jenis medali.

Medali yang Bersuara

Keistimewaan lain dari medali-medali Asian Para Games 2018 adalah bisa bersuara. Di dalam setiap medali diisi dengan manik-manik yang akan berdenting ketika diguncang. Setiap jenis medali memiliki jumlah manic-manik yang berbeda. Medali emas punya 26 manik-manik, 20 buah untuk perak, dan 16 manik-manik untuk perunggu.

Desain Keren

Indonesia pastinya sangat bangga diberi kepercayaan sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018. Sebagai catatan, Asian Para Games ini masih merupakan gelaran ketiga setelah sebelumnya digelar di Guangzhou, Tiongkok, dan Incheon, Korea Selatan. Untuk itu, di bagian atas medali Asian Para Games 2018 disematkan tulisan "3rd Asian Para Games Indonesia 2018". Sementara itu di bawahnya terdapat kalimat, yang merupakan tema dari event olahraga ini, yaitu "Inspiring Spirit and Energy of Asia".

Ada banyak inspirasi dan keunikan selama gelaran Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung hingga 13 Oktober 2018 nanti. Salah satunya adalah keterlibatan Grab sebagai official mobile platform partner. Demi kemajuan olahraga Indonesia, Grab mempertahankan slogan #KemenanganItuDekat dan mengajak masyarakat untuk mendukung para atlet yang berlaga.

Demi kemudahan para penyandang disabilitas, tersedia layanan GrabGerak. Fasilitas yang terdiri dari 500 unit mobil ramah difabel ini akan membantu mereka untuk melihat dan mendukung langsung kontingen Indonesia yang berlaga. Selain itu, para mitra pengemudi juga dibekali dengan kemampuan komunikasi menggunakan bahasa isyarat, membantu membopong calon penumpang bila diperlukan, hingga melipat kursi roda.

KOMENTAR