BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Eks Juara UFC Ini Bantu Amankan Jalanan dari Aksi Vandalisme di Tengah Kisruhnya Amerika

01-06-2020 22:57 | Dimas Ardi Prasetya

Jon Jones (c) Jonnybones/Instagram Jon Jones (c) Jonnybones/Instagram

Bola.net - Eks juara kelas berat UFC Jon Jones beraksi di pinggir sebuah jalan di kota ‎Albuquerque, New Mexico, Amerika untuk menghentikan aksi vandalisme yang dilakukan oleh dua orang pemuda.

Situasi di Amerika dalam empat hari belakangan ini memang memanas dan tidak aman. Semua bermula dari aksi penangkapan seorang warga kulit hitam bernama George Floyd di Powderhorn, Minneapolis, Minnesota, oleh kepolisian setempat.

Ada kabar bahwa Floyd dilaporkan sebuah toko karena dianggap menggunakan uang palsu. Floyd kemudian diamankan empat polisi.

Namun ada satu polisi bernama Derek Chauvin yang bertindak brutal. Saat Floyd ditahan dan terbaring di tanah, Chauvin menekan lehernya dengan lututnya sampai sembilan menit.

Floyd sudah berusaha mengatakan pada Chauvin dan petugas lainnya bahwa ia tak bisa bernafas. Ada beberapa masyarakat awam di sekitar yang juga mencoba memperingatkan sang polisi agar melepaskan Floyd yang tak bisa bernafas.

Namun aksi mereka dihalangi seorang polisi lain. Pada akhirnya, Floyd pun tewas. Hal ini memicu aksi protes di penjuru Amerika.

1 dari 2 halaman

Kerusuhan di Penjuru Amerika

Protes itu sendiri kemudian berlangsung rusuh. Ada banyak orang yang menggunakan kesempatan itu untuk menjarah berbagai toko.

Massa juga bertindak brutal. Mereka ada yang membakar mobil polisi dan dan merusak sejumlah fasilitas, meski hal itu juga sebagian ditenggarai merupakan aksi provokator.

Sebagian warga Amerika sendiri juga berusaha untuk ikut menghentikan para perusuh yang melakukan pembakaran atau aksi perusakan. Mereka tak kenal lelah meminta orang-orang agar tetap menggelar aksi protes dengan damai.

2 dari 2 halaman

Aksi Jon Jones

Salah satu pihak yang berusaha untuk membuat aksi protes tak berubah rusuh adalah Jon Jones. Pria berusia 32 tahun tersebut terekam kamera tengah menghentikan aksi vandalisme dua orang pemuda di jalanan ‎kota Albuquerque.

Dua pemuda itu tampaknya sebelumnya berusaha mencorat-coret sejumlah properti di pinggir jalan. Jones langsung menghampiri mereka dan menyita dua kaleng cat semprot yang mereka bawa, dengan mudah.

ideo tersebut diunggah di akun Instagram Jon Jones, @jonnybones. Ia kemudian menyertakan sebuah pesan yang panjang.

"Apakah omong kosong ini bahkan tentang George Floyd lagi?!? Kenapa kalian anak-anak remaja berandalan menghancurkan kota kami! ?? Sebagai seorang pemuda kulit hitam percayalah, saya juga frustrasi, tetapi ini bukan jalannya, kami mulai membuat situasi yang buruk menjadi lebih buruk. Jika Anda benar-benar mencintai kota Anda (505), lindungi milik Anda. Semua orang yang tua Anda harus angkat bicara, panggil anggota keluarga muda Anda dan suruh mereka pulang malam ini."

(Instagram/Jon Jones)

KOMENTAR