BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Di Zaman Sekarang, Lionel Messi Pun Bisa Dikloning

21-03-2019 04:34 | Yaumil Azis

Lionel Messi (c) AFP Lionel Messi (c) AFP

Bola.net - Bagaimana jadinya jika Lionel Messi tercipta dalam jumlah banyak di dunia ini? Jawabannya mungkin bisa diketahui jika klaim ilmuwan asal Spanyol, Arcadi Navarro, berhasil menciptakan kloning dari bintang asal Argentina tersebut.

Tak bisa dimungkiri, Messi adalah salah satu dari dua pemain terbaik di dunia saat ini. Kelihaiannya dalam mencetak gol serta memberikan umpan, juga rentetan prestasi yang ia raih bersama Barcelona, seolah jadi bukti bahwa kualitasnya tak bisa dipandang sebelah mata.

Prestasi klub itu hanyalah sebagian dari prestasinya, sebab rentetan trofi individual pun sudah banyak yang ia bawa pulang. Bahkan gelar paling bergengsi untuk perorarangan, Ballon d'Or, telah disabetnya sebanyak lima kali.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Messi Bisa Dikloning

Messi adalah pemain yang unik, sebab ia terampil dalam melakukan banyak hal. Kemampuannya dalam menggiring bola kerap membuat penjagaannya harus diperketat. Pengawalan satu pemain bertahan saja seolah tak cukup untuk membendungnya.

Sayangnya, hanya Barcelona yang cukup beruntung bisa memiliki kualitas seperti Messi di dalam skuatnya. Namun bagaimana jika pemain berumur 31 tahun tersebut bisa direplikasi?

Ahli genetika asal Spanyol, Arcadi Navarro, mengungkapkan bahwa teknik sains zaman sekarang sudah memadai untuk menciptakan kloningan yang identik dengan Messi.

"Kami bisa mencapai makhluk yang sangat mirip dengan Messi, hasilnya akan seperti kembaran Messi, seolah ada dua yang telah lahir dan kami bekukan salah satu di antara mereka selama 20 atau 30 tahun," tutur Navarro kepada Cadena SER.

2 dari 3 halaman

Potensinya Sama

Lebih lanjut, kemiripan tidak hanya terlihat dari sekadar fisik saja. Navarro mengatakan bahwa kloningan Messi nantinya punya potensi yang sama dengan aslinya. Tapi soal bagaimana ia berkembang tetap berpengaruh pada lingkungan di sekitarnya.

"Messi tidak menjadi dirinya seperti sekarang hanya karena gen semata, tapi kaena semua hal yang telah ia lalui dalam hidupnya, edukasinya, keberadaannya di La Masia, perawatan yang telah diterimanya," tambahnya.

"Genetika memberikan kami potensi, lalu untuk mengisinya, itu adalah tugas kami," tandasnya.

Jika kloningan Messi benar-benar tercipta, di manakah sebaiknya ia bermain? Apakah di Juventus guna mewujudkan impian publik melihat Messi dan bintang dunia lainnya, Cristiano Ronaldo, tampil dalam satu skema yang sama? Atau lainnya? Sumbang ide anda pada kolom komentar di bawah, ya!

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Ini

Berita video Time Out yang membahas tentang beberapa hal yang harus didapatkan Lionel Messi sebelum pensiun dari dunia sepak bola.

KOMENTAR