BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Atlet Dunia yang Tergila-gila pada Valentino Rossi, dari Maradona Sampai Materazzi

03-04-2020 18:20 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi (c) Yamaha Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, memang dikenal telah mendobrak segala rekor dan stereotipe pebalap motor berkat prestasinya yang mentereng dan karakternya yang lucu serta easy going. Tak hanya itu, pada usianya yang tak lagi muda, ia masih saja bersemangat untuk tampil baik.

Di sepanjang kariernya, Rossi telah mengoleksi sembilan gelar dunia dan 115 kemenangan, hanya tertinggal tujuh kemenangan dari rekor kemenangan terbanyak yang saat ini masih dipegang Giacomo Agostini. Tak hanya itu, ia menjadi satu-satunya rider dalam sejarah Grand Prix yang sukses menembus 400 kali start.

Tak cuma gemilang di lintasan, Rossi juga punya karakter yang ceria, suka melontarkan kata-kata lucu yang membuat Popollo Giallo ('Rakyat Kuning', julukan penggemar Rossi) jatuh hati padanya dan sangat setia mendukungnya baik dalam susah maupun senang.

Penggemar Rossi pun berasal dari berbagai kalangan, dari anak-anak sampai orang tua, laki-laki maupun perempuan, bahkan selebritis dan atlet-atlet dunia. Meskipun berbeda disiplin, banyak pula atlet-atlet yang terinspirasi oleh kegigihan Rossi dalam meraih hasil terbaik.

Siapa saja sih atlet-atlet tersebut? Berikut ulasannya.

1 dari 7 halaman

Lewis Hamilton

Lewis Hamilton dan Valentino Rossi (c) Yamaha Lewis Hamilton dan Valentino Rossi (c) Yamaha

Pebalap Mercedes AMG Petronas yang juga enam kali juara dunia Formula 1, Lewis Hamilton, memang diketahui sebagai penggemar berat MotoGP. Meski berteman baik dengan banyak rider, Hamilton mengaku bahwa Rossi merupakan rider yang paling membuatnya terinspirasi.

Hamilton sendiri diketahui dua kali menonton MotoGP secara langsung di trek dan selalu menemui Rossi, keduanya bahkan kerap mengobrol untuk mencari waktu yang tepat agar Hamilton bisa mengunjungi flat track pribadi Rossi yang ada di Tavullia, Italia, Motor Ranch.

Impian Hamilton untuk mengendarai motor YZR-M1 milik Rossi juga akhirnya terwujud pada Desember 2019 di Valencia. Selain bertukar kendaraan, Hamilton dan Rossi juga sempat bersama-sama mengendarai M1 di lintasan. Saat kembali ke pit lane, Hamilton pun langsung melompat turun dari motor dan memeluk Rossi saking bahagianya.

2 dari 7 halaman

Diego Maradona

Diego Maradona dan Valentino Rossi (c) MotoGP.com Diego Maradona dan Valentino Rossi (c) MotoGP.com

Meski jarang bertemu, Rossi punya hubungan yang sangat baik dengan legenda sepak bola dunia, Diego Maradona. Bukan hanya Rossi yang mengidolakan Maradona, tapi juga sebaliknya. Maradona yang merupakan eks pemain Napoli ini pun sempat mengunjungi Rossi dalam pekan balap MotoGP Misano, San Marino, pada 2007 lalu.

Maradona pun tak ragu-ragu menghampiri Rossi di grid saat bersiap-siap menghadapi start sebelum balapan. Pria asal Argentina ini pun terlihat sangat mengagumi Rossi, memeluk dan mencium tangan The Doctor berkali-kali seolah Rossi adalah pujaan hatinya.

Maradona pun makin bahagia lagi ketika Rossi sukses merebut kemenangan dalam balapan tersebut. Mereka pun berpesta pora di dalam garasi Yamaha usai balapan, melompat-lompat, menari, dan menyanyikan yel-yel penggemar Maradona 'Ho Visto Maradona'.

Rossi juga mempersembahkan kemenangannya di Argentina pada 2015 untuk Maradona, dengan memberikan tribut memakai seragam timnas Maradona di atas podium. Saat Rossi berulang tahun yang ke-40 pada 2019, Maradona jadi salah satu tokoh dunia yang memberikan ucapan selamat ulang tahun padanya.

3 dari 7 halaman

Lando Norris

Lando Norris dan Valentino Rossi (c) MotoGP Lando Norris dan Valentino Rossi (c) MotoGP

Pebalap McLaren F1 Team, Lando Norris, boleh jadi baru berusia 20 tahun dan kini turun di Formula 1. Meski begitu, pebalap Inggris ini menyebut MotoGP sebagai cinta pertamanya, dan Valentino Rossi merupakan idolanya, bahkan memengaruhi mentalitasnya sebagai pebalap: serius namun tak lupa bersenang-senang.

Impian Norris untuk bertemu Rossi akhirnya terwujud saat MotoGP menyambangi Sirkuit Silverstone pada 2019 lalu, dan ia pun disambut langsung oleh Rossi ketika menghampiri Monster Energy Yamaha. Rossi pun mengaku takjub pebalap muda F1 seperti Norris dan Alexander Albon (Red Bull Racing) bisa mengidolakannya.

Usai bertemu The Doctor, Norris pun segera memborong berbagai merchandise Rossi, termasuk jaket, topi, dan bahkan botol susu bayi. Topi yang berwarna kuning mencolok khas Rossi itu bahkan ia pakai dalam beberapa pekan balap F1 sampai-sampai para rivalnya tak henti-henti meledek Norris.

Tak hanya itu, Norris juga sempat memakai corak helm 'SoleLuna' milik Rossi sebagai tribut untuk sang idola ketika ia tampil di F1 GP Monza, Italia, tahun lalu. Rossi sendiri mengaku terharu dan merasa terhormat Norris melakukan hal tersebut untuknya.

4 dari 7 halaman

Roger Federer

Valentino Rossi dan Roger Federer (c) MotoGP.com Valentino Rossi dan Roger Federer (c) MotoGP.com

Sampai detik ini petenis kawakan Roger Federer diketahui baru sekali menonton MotoGP langsung di trek, yakni di Sirkuit Estoril, Portugal pada 2008 lalu. Meski begitu, ia diketahui berteman sangat baik dengan Rossi. Rossi sendiri kerap menyatakan rasa kagumnya pada aksi Federer di lapangan.

Federer mengaku kerap bertemu Rossi di acara-acara penghargaan olahraga, termasuk Laureus World Sports Awards yang biasanya digelar setiap tahun, di mana keduanya kerap masuk berbagai nominasi berkat prestasi mereka yang mentereng di cabang olahraga masing-masing.

Seperti Maradona, Federer juga merupakan salah satu atlet ternama yang ikut meramaikan video ucapan selamat ulang tahun ke-40 untuk Rossi pada 2019 yang dikurasi oleh tim MotoGP dan diunggah di berbagai media sosial.

5 dari 7 halaman

Kyle Busch

Valentino Rossi dan Kyle Busch (c) MotoGP.com Valentino Rossi dan Kyle Busch (c) MotoGP.com

Tak hanya andal di dunia balap motor, Rossi juga dikenal mampu melaju sangat cepat ketika mengendarai mobil-mobil balap termasuk F1 dan reli. Atas alasan inilah, ia juga sangat disegani oleh banyak tokoh di dunia balap mobil, termasuk NASCAR, yang populer di Amerika Serikat.

Salah satu pebalap NASCAR, Kyle Busch, pun mengaku sangat senang ketika Monster Energy mengatur sebuah uji coba untuk Valentino Rossi di Charlotte Motor Speedway, Carolina Utara, dengan mengendarai mobil Toyota Camry-nya.

Busch sendiri ikut mendampingi Rossi saat menjalani uji coba tersebut, dan menyatakan bahwa Rossi bukanlah orang yang main-main di arena balap mobil. Menurutnya, dalam waktu singkat Rossi langsung mampu melaju cepat, dan diperkirakan bisa tampil kompetitif andai mau turun secara penuh di NASCAR.

6 dari 7 halaman

Marco Materazzi

Marco Materazzi dan Valentino Rossi (c) Facebook/Yamaha Marco Materazzi dan Valentino Rossi (c) Facebook/Yamaha

Jika menyoal Marco Materazzi, bisa dibilang eks pemain Inter Milan ini bukan lagi sekadar penggemar Valentino Rossi, melainkan sahabat dekat. Rossi sendiri diketahui sebagai penggemar berat Inter Milan, dan hal ini pun membuatnya dapat kesempatan mengenal dekat para pemainnya.

Salah satu yang langsung cocok dengan Rossi adalah Materazzi. Keduanya diketahui sering nongkrong bersama di Milan, Italia, bahkan nonton pertandingan Inter bersama di Stadion San Siro. Materazzi juga sudah tak terhitung lagi berapa kali menyaksikan aksi Rossi langsung di lintasan.

Materazzi juga diketahui menyatakan dukungannya kepada Rossi, saat terjadi insiden 'Sepang Clash' pada 2015, di mana Rossi dan Marc Marquez bertarung sengit dan memulai rivalitas panas di antara mereka.

7 dari 7 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR