BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Apa dan Kenapa: Kok Ronaldinho Dipenjara?

03-04-2020 05:00 | Yaumil Azis

Ronaldinho (c) AP Photo Ronaldinho (c) AP Photo

Bola.net - Beberapa pekan yang lalu, Ronaldinho diringkus oleh pihak berwajib untuk dimasukkan ke dalam penjara. Tapi apa sebenarnya masalah legenda Brasil tersebut hingga ia harus tertimpa nasib malang seperti itu?

Tidak bisa dimungkiri kalau Ronaldinho merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah berkiprah dalam dunia sepak bola profesional. Kejayaannya ia dapatkan saat memperkuat raksasa Spanyol, Barcelona.

Lima musim Ronaldinho habiskan bersama Barcelona. Dalam rentang waktu tersebut, ia mencatatkan 207 penampilan di berbagai ajang dan juga mengantongi sebanyak 94 gol.

Ia memutuskan gantung sepatu usia memperkuat Fluminense pada tahun 2015 lalu. Seharusnya Ronaldinho sedang menikmati masa pensiunnya sekarang. Namun tidak, ia justru harus mendekam di sel sempit bersama tahanan lainnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Mengapa Ronaldinho Dipenjara?

Ronaldinho ditahan oleh pihak berwajib Paraguay setelah diketahui menggunakan paspor palsu. Ia pun dijebloskan ke penjara dengan tingkat keamanan yang paling tinggi di negara tersebut, Especializada.

Ronaldinho tidak sendiri. Ia ditangkap bersama sang saudara, Roberto, pada awal bulan Maret lalu sewaktu tiba di ibukota Paraguay, Asuncion. Lalu mereka pun dimasukkan ke dalam penjaa.

Pria berumur 40 tahun itu merasa tidak bersalah. Pada suatu kesempatan, ia mengklaim bahwa dirinya diberikan paspor tersebut oleh sponsor setempat sebagai hadiah. Dan tidak menyadari kalau paspor tersebut palsu.

Pernyataan itu juga ditegaskan kembali oleh penasihat legalitas sang bintang. Bahkan, penasihat tersebut berkata lebih jauh dan mengatakan bahwa klien dari Ronaldinho adalah seseorang yang bodoh.

Sayangnya, pihak berwenang Paraguay tidak menerima pernyataan tersebut. Oleh karenanya, Ronaldinho pun harus merasakan dinginnya lantai penjara.

2 dari 3 halaman

Apakah Ronaldinho Bermain Sepak Bola di Penjara?

Jawabannya iya. Dia masih sering mencuri perhatian publik dengan performanya saat bermain di dalam penjara bersama tahanan lainnya.

Ia mendapatkan banyak pujian atas performanya dalam laga uji coba futsal. Dan berkat kehadriannya, para tahanan yang berada satu tim dengannya bisa menikmati hidangan daging babi untuk makan malam.

Aksinya terekam jelas dalam video yang tersebar di media sosial belum lama ini. Tidak ketinggalan senyum lebar yang menjadi ciri khasnya saat bermain bersama klub-klub besar Eropa.

Senyum itu sempat hilang dari wajah Ronaldinho sewaktu masuk ke penjara. Seperti yang dijabarkan oleh mantan pemain Timnas Paraguay, Nelson Cuevas, kepada CNN Radio.

"Ronaldinho sama sekali tak gembira. Apa yang hilang dari dirinya adalah senyumnya, energinya, cara-cara yang terlihat sebelum hari ini, karena situasi yang sedang ia lalui, senyum itu hilang karena dia sedang berada dalam penjara yang di mana ia tidak terbiasa dengan itu," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Kapan Ronaldinho Bebas?

Tidak diketahui secara pasti kapan Ronaldinho bisa melihat sinar matahari lagi. Namun menurut laporan yang beredar, ia dihadapkan dengan hukuman kurungan selama enam bulan.

Itu artinya, ia akan dikurung dalam penjara sampai bulan September 2020 nanti, tergantung bagaimana proses tuntutannya berjalan. Permohonan jaminan pun ditolak karena pihak berwenang menganggap adanya resiko penerbangan.

Cuevas, yang sudah pernah mengunjungi Ronaldinho, telah menawarkan rumahnya sebagai 'penjara' untuk sementara. Namun opsi tersebut juga ditolak.

(Goal International)

KOMENTAR