BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

9 Petuah Bijak Toko-Tokoh Sepak Bola Dunia, Sungguh Menginspirasi

02-06-2020 15:50 | Anindhya Danartikanya

Cristiano Ronaldo (c) La Presse via AP Photo Cristiano Ronaldo (c) La Presse via AP Photo

Bola.net - Bagi penggemar, sepak bola bisa jadi lebih besar maknanya daripada sekadar permainan di lapangan. Banyak hal-hal lain yang bisa menjadi daya tarik, misalnya peristiwa-peristiwa di luar lapangan, termasuk kisah sukses para pemainnya.

Tak jarang perjalanan sukses pesepak bola tersebut menjadi inspirasi bagi penggemar. Mulai kisah hidup, tindakan yang mereka lakukan, hingga kata-kata yang diucapkan menjadi motivasi bagi fans dan bahkan masyarakat lebih luas untuk melakukan hal serupa.

Banyak orang dalam berbagai profesi yang ditekuni, tak hanya pesepak bola, yang berhasil dengan kehidupannya karena usaha yang didasari motivasi yang besar dari diri sendiri maupun dari orang-orang yang mendukung di sekitarnya.

Hal itu karena banyak dari pesepak bola sukses yang pernah ada, mendapatkan kesuksesan itu dengan jerih payah besar. Pengorbanan besar masa kecil dan masa muda, jauh dari keluarga, perjuangan saat latihan untuk mengembangkan skill, dan masih banyak tantangan lain yang dihadapi hingga bisa menjadi seperti sekarang.

Itulah mengapa, berbagai kalangan, khususnya pencinta sepak bola, menjadikan mereka panutan. Lantas seperti apa kata-kata bijak penuh inspiratif dari para pesepak bola sukses itu?

Berikut hasil rangkuman dari kata-kata bijak inspiratif hingga menyentuh hati dari sembilan tokoh sepak bola top dunia yang dilansir dari Bola.com.

1 dari 10 halaman

Pele

Pele (c) AFP Pele (c) AFP

"Sukses bukanlah kebetulan. Sukses itu kerja keras, kegigihan, pengorbanan, dan yang paling penting, cintailah apa yang kamu lakukan dan belajar untuk melakukannya."

"Saya harus percaya pada hal yang memberi saya kekuatan. Saya harus percaya pada sesuatu, tapi dalam karier saya, saya memiliki banyak momen yang tidak dapat saya jelaskan dengan Tuhan."

"Saat saya menjadi pesepak bola, saya mengelilingi diri saya dengan pemain sepak bola. Kami semua teman. Tapi, di Brasil, kamu tidak tahu siapa temanmu. Ini bisa menjadi tempat yang berbahaya."

2 dari 10 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo (c) AP Photo Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

"Mimpi bukanlah sesuatu yang kita lihat dalam tidur. Tapi, mimpi adalah hal yang sulit membuat kita tertidur."

"Tidak ada salahnya bermimpi menjadi pemain terbaik dunia. Intinya, selalu mencoba untuk menjadi yang terbaik. Aku akan terus bekerja keras untuk mencapainya sesuai kemampuanku."

"Jika Anda memiliki bakat dan jika Anda tidak melatih talenta, Anda tidak akan memenangkan apa pun."

3 dari 10 halaman

Lionel Messi

Lionel Messi (c) UEFA Lionel Messi (c) UEFA

"Anda harus berjuang untuk mencapai impian. Anda harus berkorban dan bekerja keras untuk itu."

"Saya tidak pernah puas. Saya selalu mendorong batas saya, dan saya selalu mencoba untuk mendapatkan yang lebih baik setiap hari."

"Tak ada kesuksesan dari hasil berdiam saja tanpa melakukan apa pun. Sukses berarti kerja keras dan kerja keras itu banyak dikorbankan baik itu waktu, materi, dan yang lainnya."

4 dari 10 halaman

Steven Gerrard

Steven Gerrard (c) AFP Steven Gerrard (c) AFP

"Jika kamu tidak mampu menerima kekalahan, maka kamu tak akan mampu untuk merayakan kemenangan."

"Saya selalu bertekad untuk menjadi pesepak bola. Jika tidak memungkinkan, saya mungkin mengikuti jejak ayah di industri bangunan."

"Sangat mudah untuk menyalahkan orang lain dalam sepak bola."

5 dari 10 halaman

Diego Maradona

Diego Maradona (c) Independent Diego Maradona (c) Independent

"Ketika orang-orang berhasil, hal tersebut dikarenakan kerja keras. Keberuntungan tidak memiliki andil apa pun dalam sebuah kesuksesan."

"Ibuku berkata, akulah yang terbaik. Aku dibesarkan berdasarkan apa yang diyakini ibuku itu."

"Gol yang dicetak adalah sebagian dari tangan Tuhan, dan sebagian dari kepala Maradona."

6 dari 10 halaman

Eric Cantona

Eric Cantona (c) AFP Eric Cantona (c) AFP

"Kamu bisa berganti pasangan, kamu bisa berganti cara pandang politik, kamu juga bisa berganti keyakinan. Tapi, tidak akan pernah, tidak akan pernah bisa kamu mengganti rasa cintamu terhadap tim favoritmu."

"Kadang-kadang dalam hidup seseorang mengalami emosi yang begitu kuat sehingga sulit untuk berpikir atau untuk sebuah alasan."

"Di dalam sepak bola, Anda memiliki musuh, di dalam film musuh adalah diri Anda sendiri."

7 dari 10 halaman

Wayne Rooney

"Saya hanya benci kehilangan dan itu memberi Anda tekad ekstra untuk bekerja lebih keras."

"Saya akan terus melakukan latihan saya dan saya yakin gol akan datang."

"Bagiku Manchester United bukan klub sepak bola, ini adalah duniaku."

8 dari 10 halaman

Zinedine Zidane

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane (c) AP Photo Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane (c) AP Photo

"Aku pernah sekali menangis karena tidak memiliki sepatu untuk bermain sepak bola, tetapi suatu hari, aku bertemu seorang pria yang tidak memiliki kaki."

"Bila penggemar Anda sendiri bersiul dan mengejek, maka Anda punya masalah besar."

"Saya mungkin memiliki banyak keberuntungan dalam hidup saya tetapi, saya masih harus mencari tantangan dalam permainan."

9 dari 10 halaman

Mesut Ozil

Playmaker Arsenal, Mesut Ozil (c) AP Photo Playmaker Arsenal, Mesut Ozil (c) AP Photo

"Idola masa kecilku, Zinedine Zidane, memakai nomor ini (10) dan nomor ini masih yang paling berkarakter untuk posisi playmaker. Aku tak sabar ingin memakainya untuk pertama kali setelah libur musim panas nanti."

"Tanpa impian, kita tak akan meraih apa pun. Tanpa cinta kita tak akan bisa merasakan apa pun. Dan tanpa Allah kita bukan siapa-siapa."

Disadur dari: Bolacom (Alfi Yuda) | Dipublikasi: 2 Juni 2020

10 dari 10 halaman

Video: Alvaro Morata dan 4 Striker Gagal di Premier League

KOMENTAR