BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

6 Fakta Unik Welson Sim, Perenang Berjuluk 'Oppa Malaysia' yang Tampil di Olimpiade 2020

28-07-2021 14:55 | Anindhya Danartikanya

Perenang Malaysia, Welson Sim (c) Instagram/Welson Sim
Perenang Malaysia, Welson Sim (c) Instagram/Welson Sim

Bola.net - Olimpiade Tokyo 2020 sudah bergulir sejak 23 Juli 2021 dan diikuti oleh 206 negara. Sesuai dugaan, para atlet yang berpartisipasi pun menjadi sorotan dunia, baik soal penampilan mereka saat berlaga maupun soal fakta-fakta unik yang menyertai kehidupan pribadi mereka.

Salah satu atlet yang kini sedang banyak diperbincangkan adalah perenang putra asal Malaysia, Welson Sim. Paras yang menawan bahkan membuatnya dijuluki sebagai 'Oppa Malaysia'

Namun, kekaguman publik tentu tidak semata soal visual, mengingat pria asal Kuching, Serawak, ini juga punya sejumlah prestasi, termasuk deretan pencapaiannya.

Berikut sejumlah fakta-fakta unik tentang Welson Sim, seperti dilansir dari Says, Selasa (27/7/2021).

1 dari 7 halaman

Berenang untuk Melawan Asma

View this post on Instagram

A post shared by Welson Sim (@welsonsim)

Saat berusia 10 tahun, Sim mulai hobi berenang setelah seseorang menyarankan pada ibunya bahwa itu akan membantu memperkuat paru-parunya. Sifat kompetitif dan kecintaannya untuk berada di air membawanya berkompetisi di Piala Presiden di Sarawak setahun kemudian dan ia berhasil masuk ke tim renang negara bagian Sarawak.

Dalam sebuah wawancara dengan Buro 24/7, Sim menceritakan bahwa pada saat berusia 12 tahun, ia tahu berenang adalah olahraga yang ingin dilakukan secara profesional. Di Olimipade Tokyo 2020, pria 24 tahun berkompetisi di nomor 200 m dan 400 m gaya bebas selama akhir pekan kemarin.

2 dari 7 halaman

Penuhi Hobi Melancong karena Renang

View this post on Instagram

A post shared by Welson Sim (@welsonsim)

Sim mengaku bahwa ia tidak berasal dari keluarga kaya, dan bersyukur kompetisi renang memberinya kesempatan untuk bepergian. Ia juga mengaku bahwa kesuksesannya tidak terlepas dari peran ibunda.

"Ketika saya menjalani sesi pelatihan pada pukul 5.30, ibu akan mengantar saya ke kolam renang dan menunggu saya selesai dua jam kemudian. Ia adalah segalanya bagi saya," katanya, menurut Malay Mail.

"Karena renang, saya telah bepergian ke lebih dari 20 negara, bertemu teman baru dengan budaya berbeda, dan saya tidak berencana untuk menghentikannya dalam waktu dekat. Keluarga saya juga jadi alasan utama di balik semua ini. Mereka mendukung saya," cerita atlet yang juga berlaga di Olimpiade Rio 2016 itu pada Swimming World.

3 dari 7 halaman

Perenang Malaysia Pertama untuk 2 Olimpiade

View this post on Instagram

A post shared by Welson Sim (@welsonsim)

Selain mendapatkan beberapa medali dan gelar, Sim sebelumnya adalah perenang Malaysia pertama yang lolos ke dua Olimpiade di bawah kategori A. Selama beberapa tahun terakhir, ia juga telah mengantongi tiga emas dan beberapa medali perak di SEA Games dan Commonwealth Youth Games.

4 dari 7 halaman

Sempat Kecelakaan

View this post on Instagram

A post shared by Welson Sim (@welsonsim)

Di unggahan media sosial, Sim beberapa kali berpose dengan sepeda motor. Oktober tahun lalu, Sim mengalami kecelakaan sepeda motor yang melukai pergelangan tangannya, sehingga harus dioperasi.

Menurut New Straits Times, pelatihnya, Chris Martin, mengatakan bahwa Sim memiliki dua pin yang dimasukkan ke lengan kirinya dan kadang-kadang berjuang dengan rasa sakit selama latihan. Meski demikian, Sim terus berusaha dan melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan kompetisi.

5 dari 7 halaman

Perenang Tercepat Malaysia

View this post on Instagram

A post shared by Welson Sim (@welsonsim)

Sim sempat jadi perenang tercepat Malaysia. Ia jadi pemain reguler dalam kuartet estafet gaya bebas 4x200 meter putra dan terlibat dalam semua prestasi pemecahan rekor nasional dari 2013 hingga 2014. Ia juga orang Malaysia pertama yang memecahkan rintangan 50 detik dalam gaya bebas 100 m putra di Kejuaraan Australia 2019.

"Sebelum berhenti suatu hari nanti, saya ingin meninggalkan warisan dengan memecahkan semua rekor gaya bebas nasional," kata Sim seperti dikutip dari The Star.

6 dari 7 halaman

Penonton Drama

View this post on Instagram

A post shared by Welson Sim (@welsonsim)

Di luar karier atletiknya, Sim juga suka seorang penonton drama Cina. Dalam sebuah wawancara dengan Buro 24/7, ia mengungkap beberapa hal yang mungkin tidak banyak orang ketahui tentang dirinya. Pertama, ia menganggap dirinya seorang foodie, tapi tidak suka saus tomat. Juga, ia menikmati menonton drama Cina.

Disadur dari: Liputan6 (Asnida Riani, Dinny Mutiah) | Dipublikasi: 28 Juli 2021

7 dari 7 halaman

Video: Bulu Tangkis | Gregoria Mariska Tunjung vs Lianne Tan

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa disaksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streaming dengan mengklik tautan ini.

KOMENTAR