BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pemain Terbaik dengan Kaki Kiri Ajaib Sepanjang Masa (Bagian 1)

27-11-2020 14:07 | Asad Arifin

Legenda Argentina, Diego Maradona. (c) AP Photo Legenda Argentina, Diego Maradona. (c) AP Photo

Bola.net - Sepak bola modern menuntut pemain untuk bisa memakai kedua kakinya dengan sama baiknya. Akan tetapi, ada beberapa pemain yang punya keistimewaan lebih pada kaki kirinya.

Lionel Messi dan Diego Maradona adalah salah dua pesepak bola yang memiliki kekuatan kaki kiri yang magis dan telah diakui dunia berkat kepiawaiannya.

Keduanya sudah pernah meraih gelar Ballon d’Or di level individu dan menjadi tumpuan klub yang dibelanya.

Namun, tak hanya mereka berdua saja melainkan masih ada beberapa nama lainnya yang diakui sebagai pemain dengan kaki kiri ajaib sepanjang masa versi Sportmob. Lantas, siapa saja mereka? Berikut lima nama bagian 1.

Scroll untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Edgar Davids

Edgar Davids (c) AFP Edgar Davids (c) AFP

Edgar Davids mengawali karier bersama Ajax Amsterdam pada tahun 1991. Lima tahun berseragam Ajax, Davids tumbuh menjadi salah satu gelandang terbaik di Eropa pada era 1990-an dan 2000-an.

Pemain yang memiliki ciri khas dengan kacamata ikoniknya itu banyak meraih kesuksesan bersama Ajax dan mulai dilirik oleh klub-klub besar top Eropa. Tercatat, Davids pernah berseragam AC Milan, Juventus, Barcelona, Inter Milan, dan Tottenham Hotspur.

Posisinya sebagai gelandang tengah saat itu membuat pemilik 74 caps timnas Belanda sangat sentral untuk klub yang pernah dibelanya. Davids dikenal sebagai pemain yang tak patah semangat dan tak kenal ampun ketika merumput.

2 dari 5 halaman

Rivaldo

Rivaldo (c) AFP Rivaldo (c) AFP

Rivaldo adalah salah satu pesepak bola terbaik di generasinya dan salah satu pesepak bola kaki kiri terbaik sepanjang masa setelah membawa begitu banyak prestasi baik di level klub, tim nasional maupun individu.

Puncak karier Rivaldo terjadi di Barcelona, saat ia menyabet dua gelar individu sekaligus yakni pemain terbaik dunia FIFA dan satu gelar Ballon d'Or pada musim 1999.

Selama berkarier sebagai pesepak bola profesional, gelandang serang asal Brasil ini dikenal dengan kemampuan mengeksekusi tendangan bebas dan titik putih yang baik. Selain itu, Rivaldo juga sangat cepat dan memiliki akurasi tembakan yang bagus.

3 dari 5 halaman

Paolo Maldini

Kapten AC Milan, Paolo Maldini, ketika merayakan gelar Liga Champions 2002/03.  (c) UEFA Kapten AC Milan, Paolo Maldini, ketika merayakan gelar Liga Champions 2002/03. (c) UEFA

Mungkin banyak yang belum tahu ternyata Paolo Maldini adalah pemain dengan berkaki kidal. Yap, hal tersebut wajar saja karena Maldini memang memiliki kemampuan sama baik dengan kedua kakinya.

Sepanjang kariernya, Maldini hanya membela AC Milan dan menjadi salah satu pesepak bola terbaik di dunia. Ia telah memenangkan tujuh gelar Serie A dan lima Liga Champions bersama Milan.

Tak hanya itu saja, bahkan pemain yang berjuluk II Capitano ini pernah memenangkan penghargaan pemain bertahan terbaik UEFA saat usianya sudah menginjak 39 tahun. Hal itu semakin memperjelas bahwa Maldini memang layak berada di daftar tersebut.

4 dari 5 halaman

Johan Cruyff

Johan Cruyff (c) AFP Johan Cruyff (c) AFP

Satu lagi talenta asal Belanda yang memiliki kaki kiri yang magis yaitu Johan Cruyff. Kariernya sebagai pesepak bola profesional bisa dibilang cemerlang, karena Cruyff telah menyabet tiga gelar Ballon d’Or.

Walaupun Cruyff berposisi sebagai gelandang serang tetapi ia adalah pencetak gol yang ulung dengan kaki kirinya. Membela Ajax selama lima musim, pemilik 48 caps timnas Belanda ini membukukan 163 gol dari 246 penampilannya di semua kompetisi.

Bahkan, eks pemain Barcelona ini juga pernah membawa Ajax menjuarai Liga Champions selama tiga musim berturut-turut periode 1970/71-1972/73.

5 dari 5 halaman

Raul Gonzalez

Raul Gonzalez, Real Madrid 1999 (c) LaLiga Raul Gonzalez, Real Madrid 1999 (c) LaLiga

Raul adalah legenda sejati Real Madrid dan secara umum dianggap sebagai salah satu pemain Spanyol terbaik yang pernah ada. Raul menghabiskan 16 tahun bermain untuk Madrid dan telah membuat 741 penampilan serta mencetak 323 gol.

Pasca memiliki momen yang manis bersama Madrid, Raul pernah bermain untuk Schalke, Al Sadd, dan New York Cosmos. Bersama tiga klub tersebut, pemilik 102 caps timnas Spanyol ini selalu berhasil membawa timnya juara.

Melihat torehannya itu, maka wajar saja pemain yang berjuluk El Ferrari itu masuk dalam daftar tersebut.

Sumber: Sportmob

(Bola.net/Hendra Wijaya)

KOMENTAR