BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Opening Asian Para Games 2018

12-10-2018 10:20 | Iwan Tantomi

(c) 2018 Merdeka.com/Imam Buhori (c) 2018 Merdeka.com/Imam Buhori

Bola.net - Seperti pendahulunya, Asian Games 2018, Asian Para Games 2018 juga dibuka dengan perayaan meriah dan penuh atraksi menarik. Diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada tanggal 6 Oktober lalu, ada banyak kisah menarik dan penuh makna yang bermuara dari sana.

Intip sejenak lima pelajaran berharga yang bisa dipetik dari opening ceremony Asian Para Games 2018.

Semangat Persatuan Indonesia

Di tengah suhu politik yang semakin memanas jelang pemilihan umum Presiden RI 2019 mendatang, Asian Para Games 2018 menjadi sebuah pengingat akan pentingnya persatuan bagi seluruh bangsa Indonesia. Semangat persatuan di antara keberagaman menjadi tema pembuka ajang empat tahunan bagi para atlet difabel tersebut. Para penari yang terlibat dibalut dalam busana yang kental budaya Indonesia. Selain itu dimunculkan juga empat miniatur rumah ibadah, yaitu masjid, gereja, pura, serta vihara.

Sapaan Tiongkok untuk Indonesia

Ada 'insiden' menarik ketika kontingan Tiongkok memasuki upacara pembukaan Asian Para Games 2018. Beberapa atlet dalam barisan tersebut mengusung spanduk merah bertuliskan warna emas yang menyapa masyarakat Tanah Air dengan tulisan "Hello Indonesia."

Jokowi Unjuk Skill Memanah

Lagi-lagi kejutan dihadirkan oleh sang kepala negara, Presiden Joko Widodo. Setelah sebelumnya hadir dibalut dengan aksi sepeda motor di Asian Games 2018, kini dirinya turun langsung ke tengah arena utnuk melakukan aksi memanah. Bersama remaja disabilitas yang duduk di kursi roda bernama Wulan, Presiden Jokowi memanah dan menghancurkan tiga huruf terdepan dari kata DISABILITY menjadi ABILITY.

Aksi Breakdance dari Para Penari Disabilitas

Dorongan bagi kaum difabel dihembuskan dengan kuat di Asian Para Games 2018. Salah satunya adalah atraksi tari breakdance dari lima penyandang disabilitas. Meski terbatas secara fisik, mereka mampu membuktikan bahwa setiap orang mampu memaksimalkan diri dan memberikan yang terbaik.

Kerja Keras Akan Berikan Hasil Terbaik

Asian Para Games 2018 bukanlah sekadar tentang kompetisi dan medali. Lebih dari itu, ada cerita tentang perjuangan dan kerja keras, menembus batas untuk memberikan hasil terbaik. Bukan hanya para atlet, seluruh pihak yang terlibat juga berjuang demi kesuksesan pesta olahraga paralympic empat tahunan ini.

Kesuksesan di Asian Games 2018 memberi inspirasi bagi Grab untuk berinovasi, memberikan layanan bagi kaum siapa saja, termasuk kaum disabilitas yang ingin menyemarakkan Asian Para Games 2018. Perusahaan ojek online yang bergerak sebagai official mobile platform partner ini menyediakan 500 armada mobil khusus bagi penumpang difabel yang dinamakan GrabGerak.

"Armada ini kami dedikasikan khusus kepada penumpang berkebutuhan khusus, kami punya 500 armada yang sudah terlatih dan tersertifikasi," kata Direktur Pemasaran Grab Mediko Azwar.

Selain mobil dengan desain khusus agar ramah penumpang berkebutuhan khusus, mitra pengemudi GrabGerak juga mendapatkan beberapa pelatihan. Di antaranya, komunikasi dengan bahasa isyarat, menggendong seseorang dari kursi roda ke dalam mobil, hingga melipat kursi roda. Diharapkan, dengan dukungan yang diusung Grab, #KemenanganItuDekat bisa kembali terwujud di Asian Para Games 2018.

KOMENTAR