BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

14 Kisah Kemurahan Hati Cristiano Ronaldo: Pernah Donasi untuk Gaza dan Nepal

09-02-2021 15:17 | Asad Arifin

Georgina Rodriguez dan Cristiano Ronaldo  (c) Instagram/cristiano Georgina Rodriguez dan Cristiano Ronaldo (c) Instagram/cristiano

Bola.net - Cristiano Ronaldo mendapat banyak pujian usai melakukan aksi amal dengan membiayai bocah Portugal yang menderita kanker. Ini bukan aksi amal pertama yang Ronaldo lakukan.

Bocah malang tersebut bernama Tomas. Bocah yang masih berusia tujuh tahun itu didiagnosis menderita penyakit kanker langka, neuroblastoma pada September 2019 lalu.

Orang tua Tomas pun kemudian meminta bantuan kepada Ronaldo. Bersama Georgina Rodriguez, Ronaldo lantas memberi donasi untuk pengobatan Tomas di Barcelona, Spanyol.

Bagi Ronaldo, dia telah berulang kali terlibat dalam kegiatan amal. Pemain Juventus ini memang dikenal atas kemurahan hatinya. Simak kisah-kisah aksi sosial Ronaldo di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 14 halaman

Potong Gaji karena COVID-19

Cristiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada pekan ke-21 Serie A, Minggu (7/2/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo Cristiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada pekan ke-21 Serie A, Minggu (7/2/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

COVID-19 membuat kompetisi di Eropa sempat rehat selama tiga bulan. Klub besar seperti Juventus pun merasakan dampak dengan hilangnya potensi pemasukan dalam jumlah yang besar.

Ronaldo kemudian mengambil inisiatif. Ronaldo memimpin rekan-rekannya untuk melakukan pemotongan gaji pada Maret, April, Mei, dan Juni. Ronaldo kehilangan 3.8 juta pounds akibat kebijakan tersebut.

2 dari 14 halaman

Donasi untuk COVID-19

Ronaldo tidak tinggal diam saat dunia dihantam COVID-19. Salah satu aksi sosial yang dilakukan Ronaldo adalah dengan menyumbang 1 juta euro pada rumah sakit di Porto dan Lisbon, Portugal.

"Ada kipas angin, monitor, pompa infus, tempat tidur. Semua peralatan yang merupakan unit perawatan intensif untuk merawat pasien Covid-19," ucap Daniel Ferro, presiden Rumah Sakit Santa Maria Lisbon.

3 dari 14 halaman

Bonus Lolos Euro 2021

(c) (c) instagram.com / cristiano (c) (c) instagram.com / cristiano

Bernardo Silva membocorkan apa yang terjadi di skuad Portugal usai lolos Euro 2021. Silva menyebut Ronaldo meminta semua pemain memotong 50 persen bonus untuk disumbangkan guna melawan COVID-19.

"Ronaldo memberi ide, mari kita sumbangkan sebagian dari bonus kita, jadi saya pikir tim nasional kita, pemain kita akan menyumbangkan 50 persen dari bonus di babak kualifikasi," ucap Silva.

4 dari 14 halaman

Jual Trofi untuk Gaza

Cristiano Ronaldo. (c) AFP Cristiano Ronaldo. (c) AFP

Cristiano Ronaldo meraih gelar Golden Boot atau Sepatu Emas Eropa pada 2011. Saat itu, Ronaldo sukses mencetak 40 gol. Ronaldo pun berhak atas trofi yang bergengsi.

Ronaldo kemudian menjual trofi itu untuk amal. Ronaldo mendapat uang 1.2 juta pounds dari aksi sosial ini. Ronaldo lalu menyumbangkan uang itu untuk pembangunan sekolah di Gaza.

5 dari 14 halaman

Lelang Trofi Ballon d'Or 2013

Cristiano Ronaldo. (c) RMFC Cristiano Ronaldo. (c) RMFC

Pada 2017, Cristiano Ronaldo melelang trofi Ballon d'Or yang diraihnya pada 2013. Ronaldo melakukannya untuk acara amal yang digelar Make-A-Wish Foundation. Yayasan yang fokus pada anak-anak.

Aksi tersebut menghasilkan dana hingga 530.000 pounds dan Ronaldo menyumbangkan semua uang yang didapat.

Walau sudah sumbangkan, Ronaldo masih punya tiga trofi Ballon d'Or lainnya di rumahnya.

6 dari 14 halaman

Duta Save the Children

Selain aktif memberi sumbangan, Ronaldo juga menjadi duta bagi beberapa organisasi sosial. Ronaldo adalah dua utama untuk gerakan Save the Children, UNICEF, dan Wolrd Vision.

Ronaldo terus melakukan kampanye untuk nasib anak-anak yang kurang beruntung. Saat meraih gelar Ballon d'Or 2014, dia berpidato tentang anak-anak yang menderita leukemia.

7 dari 14 halaman

Bonus La Decima

Cristiano Ronaldo (c) AFP Cristiano Ronaldo (c) AFP

Cristiano Ronaldo mendapat bonus besar ketika Real Madrid meraih gelar Liga Champions ke-10 atau La Decima pada 2014. Namun, Ronaldo tidak mengambil bonus itu dan menyumbangkan ke acara amal di UNICEF, World Vision, dan Save the Children.

Pada 2013, Ronaldo juga memberi sumbangan 100 ribu euro kepada Palang Merah Internasional. Sumbangan itu diambil dari bonus yang didapat Ronaldo usai masuk dalam UEFA Team of the Year.

8 dari 14 halaman

Rutin Donor Darah

Ekspresi kecewa Cristiano Ronaldo saat Juventus berhadapan dengan Fiorentina dalam laga lanjutan Serie A hari Rabu (23/12/2020). (c) AP Photo Ekspresi kecewa Cristiano Ronaldo saat Juventus berhadapan dengan Fiorentina dalam laga lanjutan Serie A hari Rabu (23/12/2020). (c) AP Photo

Ronaldo punya penampilan fisik yang berbeda dari pemain sepak bola lainnya. Ronaldo tidak punya satu pun tato di tubuhnya. Ada alasan khusus di balik keputusan Ronaldo itu.

Ronaldo tidak punya tato karena dia rutin melakukan donor darah. Pada beberapa momen, Ronaldo juga ikut melakukan kampanye agar orang tidak takut melakukan donor darah.

9 dari 14 halaman

Donasi Gempa Nepal

Gempa dahsyat terjadi di Nepal pada 2015 lalu. Ketiak itu, ada laporan yang menyebut korban jiwa mencapai 9 ribu orang dan luka-luka tidak kurang dari 22 ribu orang. Ronaldo pun tidak tinggal diam.

Ronaldo dilaporkan menyumbang 5 juta euro pada yayasan amal Save the Children. Hanya saja, kebenaran perihal jumlah uang sumbangan Ronaldo belum bisa diverifikasi secara resmi.

10 dari 14 halaman

Membantu Pusat Rehabilitasi Kanker

Cristiano Ronaldo (c) AFP Cristiano Ronaldo (c) AFP

Maria Dolores, ibunda Ronaldo, sempat menderita kanker payudara pada 2007 silam. Dolores kemudian selamat. Ronaldo sangat bersyukur dengan momen ini dan memberikan apresiasi pada mereka yang merawat ibunya.

Pria 36 tahun pun memutuskan untuk memberikan sumbangan 120 ribu pounds untuk pusat rehabilitasi kanker yang membantu ibunya sembuh.

11 dari 14 halaman

Jersey untuk Nuhuzet Guillen

Nuhuzet Guillen adalah seorang bocah berusia sembilan tahun. Dia menderita kanker stadium akhir pada 2009. Guillen adalah fans berat Ronaldo.

Ronaldo mendengar kabar tentang Guillen dan langsung meminta orangnya untuk menjemput Guillen. Ronaldo lalu mengundang Guillen menyaksikan aksinya di Bernabeu, memberikan satu gol dan jersey yang dipakainya.

Ronaldo kemudian membayar semua biaya perawatan Guillen.

12 dari 14 halaman

Hadiah Sultan untuk Jorge Mendes

Jorge Mendes (c) Ist Jorge Mendes (c) Ist

Hubungan Jorge Mendes dengan Ronaldo bukan hanya agen dan pemain. Mereka sejak lama dikenal punya hubungan personal yang luar biasa. Saat Mendes menikah dengan Sandra pada 2015, Ronaldo memberi hadiah mewah.

Ronaldo membelikan pulau pada Mendes di Yunani. Kabarnya, pulau itu nilai mencapai 40 juta pounds.

13 dari 14 halaman

Jam Tangan untuk Pemain Real Madrid

Rekan Ronaldo di Real Madrid tak akan lupa dengannya. Terutama mereka yang membawa Real Madrid meraih gelar ke-10 Liga Champions atau La Decima.

Sebab, usai kesuksesan itu, Ronaldo memberi hadiah istimewa pada semua pemain Madrid. Ronaldo membelikan jam tangan mewah Bvlgari kepada setiap pemain. Jam itu dipersonalisasi dan harganya mencapai 5.000 pounds.

14 dari 14 halaman

Paula Leca, Si Gadis Burger

Bintang Juventus Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo Bintang Juventus Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Ronaldo kecil adalah sosok yang kurang beruntung. Ronaldo pernah mengetuk pintu McDonald's dan meminta burger. Nah, saat itu ada seorang perempuan yang memberinya burger.

Ronaldo di kemudian hari ingat pada momen itu. Ronaldo lalu mencari perempuan itu, Paula Leca. Setelah bertemu, Ronaldo mengundang Paula Leca makam malam sebagai ucapan terima kasih.

Sumber: The Sun

KOMENTAR