BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Termasuk Neymar, Ini Deretan Pencetak Gol Terbanyak pada Ajang Olimpiade

22-07-2021 15:53 | Gia Yuda Pradana

Penyerang Brasil, Neymar (c) AP Photo
Penyerang Brasil, Neymar (c) AP Photo

Bola.net - Gelaran cabang olahraga sepak bola pada Olimpiade Tokyo 2020 bakal segera dihelat. Ajang ini, bisa dibilang, merupakan salah satu daya tarik utama dari gelaran olahraga multicabang tertua di muka bumi ini.

Ajang sepak bola Olimpiade kerap menjadi ajang persemaian pemain-pemain muda. Namun, sejak adanya aturan yang membolehkan sebuah tim diperkuat tiga pemain senior -di atas U-23- sejak 1992, banyak juga pemain senior yang menjadikan ajang ini sebagai pembuktia bahwa mereka belum habis.

Di antara para pemain yang tampil ciamik tersebut, ada sejumlah pemain yang membuktikan kemampuanya dengan mencetak gol lebih banyak ketimbang pemain lain.

Ada sejumlah pemain yang mencatatkan sejarah sebagai pencetak gol terbanyak pada gelaran Olimpiade sejak Olimpiade 1992. Siapa saja mereka? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 16 halaman

Max Meyer

Max Meyer (c) AFP
Max Meyer (c) AFP

Max Meyer berada di urutan ke-16 dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992. Pemain asal Jerman ini memperkuat Timnas Jerman pada Olimpiade 2016. Dalam gelaran tersebut, Meyer sukses mencetak empat gol dari enam pertandingan.

2 dari 16 halaman

Ronaldo

Ronaldo (c) Bola.net
Ronaldo (c) Bola.net

Peringkat ke-15 dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992 ditempati oleh Ronaldo. Pemain asal Brasil ini tampil cemerlang pada Olimpiade 1996. Waktu itu, ia mencetak lima gol dalam enam pertandingan.

3 dari 16 halaman

Kiko Narvaez

Kiko Narvaez menempati posisi 14 dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992. Pemain asal Spanyol tersebut tampil pada Olimpiade 1992 Barcelona. Dalam ajang ini, Kiko mencetak lima gol dari enam penampilannya.

4 dari 16 halaman

Oribe Peralta

Peringkat ke-13 dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992 ditempati Oribe Peralta. Pemain asal Meksiko ini menjadi andalan timnya pada Olimpiade 2012 dan 2016. Dalam dua kesempatan tersebut, Peralta tampil delapan kali dan mencetak lima gol.

5 dari 16 halaman

Jose Cardozo

Jose Cardozo menempati urutan ke-12 dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992. Pemain asal Paraguay tersebut tampil pada Olimpiade 2004. Ia mencetak lima gol dari lima penampilannya pada ajang tersebut.

6 dari 16 halaman

Moussa Konate

Peringkat kesebelas dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992 ditempati Moussa Konate. Pemain asal Senegal ini bermain pada Olimpiade 2012. Ia sempat bermain empat kali dan mencetak lima gol pada ajang tersebut.

7 dari 16 halaman

Serge Gnabry

Penyerang Jerman, Serge Gnabry (c) AP Photo
Penyerang Jerman, Serge Gnabry (c) AP Photo

Serge Gnabry menempati posisi sepuluh dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992. Pemain asal Jerman ini tampil pada Olimpiade 2016. Pada ajang tersebut, Gnabry mencetak enam gol dari enam penampilannya.

8 dari 16 halaman

Nils Petersen

Nils Petersen berada di urutan kesembilan dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992. Pemain Jerman ini menjadi salah satu andalan timnya pada ajang Olimpiade 2016. Petersen mencetak enam gol dari enam penampilannya pada ajang tersebut.

9 dari 16 halaman

Kwame Ayew

Posisi delapan dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992 ditempati oleh Kwame Ayew. Pemain asal Ghana ini tampil pada gelaran Olimpiade 1992. Pada ajang ini, Ayew mencetak enam gol dari enam penampilannya.

10 dari 16 halaman

Bebeto

Bebeto berada di peringkat ketujuh dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992. Pemain asal Brasil ini menjadi andalan Tim Samba pada Olimpiade 1996. Dalam gelaran tersebut, Bebeto mencetak enam gol dari enam pertandingan.

11 dari 16 halaman

Hernan Crespo

Hernan Crespo (c) AP
Hernan Crespo (c) AP

Posisi enam dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992 ditempati Hernan Crespo. Pemain ini menjadi andalan tim Argentina pada Olimpiade 1996. Dalam ajang ini, Crespo mencetak enam gol dalam enam pertandingan.

12 dari 16 halaman

Ivan Zamorano

Ivan Zamorano (c) AFP
Ivan Zamorano (c) AFP

Ivan Zamorano menempati peringkat kelima dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992. Pemain Chile ini menjadi andalan timnasnya pada Olimpiade 2000. Pada ajang tersebut, Zamorano mencetak enam gol dalam lima pertandingan.

13 dari 16 halaman

Leandro Damiao

Urutan keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992 ditempati Leandro Damiao. Pemain asal Brasil tersebut tampil pada ajang Olimpiade 2012. Pada ajang tersebut, ia mencetak enam gol dalam lima pertandingan.

14 dari 16 halaman

Neymar

Neymar (c) AP Photo
Neymar (c) AP Photo

Neymar berada di posisi tiga dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992. Pemain asal Brasil ini tampil dalam dua edisi Olimpiade, 2012 dan 2016. Dalam dua ajang tersebut, total Neymar bermain 12 kali dan mencetak tujuh gol.

15 dari 16 halaman

Andrzej Juskowiak

Peringkat kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992 ditempati Andrzej Juskowiak. Pemain asal Polandia ini menjadi andalan lini serang negaranya pada Olimpiade 1992. Waktu itu, Juskowiak mengemas tujuh gol dari enam pertandingan.

16 dari 16 halaman

Carlos Tevez

Carlos Tevez (c) PA
Carlos Tevez (c) PA

Posisi puncak dalam daftar pencetak gol terbanyak cabang olahraga sepak bola di Olimpiade sejak 1992 ditempati Carlos Tevez. Pemain Argentina ini tampil memukau pada ajang Olimpiade 2004. Pada ajang tersebut, Tevez mencetak delapan gol dari enam pertandingan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR