BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Termasuk 'David Silva'-nya Korea, Ini Deretan Pemain yang Bersinar di Matchday 2 Olimpiade 2020

26-07-2021 12:53 | Serafin Unus Pasi

Selebrasi Korea Selatan usai membobol gawang Hongaria di Olimpiade 2020 (c) AP Photo
Selebrasi Korea Selatan usai membobol gawang Hongaria di Olimpiade 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Gelaran Olimpiade 2020 yang diselenggarakan di Tokyo, kini sudah memasuki matchday kedua pada cabang olahraga sepakbola. Di matchday kali ini sejumlah hasil mengejutkan tersaji bagi para penggemar sepakbola.

Beberapa tim unggulan yang terpeleset di matchday pertama, kini mulai kembali menunjukan performa terbaik mereka. Tim-tim ini berjuang untuk setidaknya mengamankan tiket ke fase grup sekaligus berambisi mengamankan gelar juara grup.

Seperti contoh, Jerman yang di pertandingan pertama digilas oleh Brasil berhasil bangkit dan mengalahkan Arab Saudi. Ada juga Prancis yang dipermalukan Meksiko di pertandingan pertama sukses menang dramatis melawan Afrika Selatan melalui drama tujuh gol.

Wakil Amerika Selatan, Argentina yang terpeleset di pertandingan pertama juga bangkit dan berhasil mengalahkan Mesir. Hasil mengejutkan malah datang dari Brasil yang ditahan imbang oleh wakil Afrika, Pantai Gading di matchday kedua ini.

Dari delapan pertandingan yang tersaji, tentunya terdapat beberapa nama pemain yang tampil menonjol jika dibandingkan pemain-pemain lainnya. Siapa saja mereka? Berikut daftar pemainnya.

1 dari 5 halaman

Takefusa Kubo

Bintang Timnas Jepang U-23, Takfusa Kubo, berusaha menghindari tekel pemain Afrika Selatan U-23, Repo Malepe, di laga Grup A sepak bola putra Olimpiade Tokyo di Tokyo Stadium, Kamis (22/07/2021) malam
Bintang Timnas Jepang U-23, Takfusa Kubo, berusaha menghindari tekel pemain Afrika Selatan U-23, Repo Malepe, di laga Grup A sepak bola putra Olimpiade Tokyo di Tokyo Stadium, Kamis (22/07/2021) malam

Takefusa Kubo kembali menjadi pembeda bagi Jepang. Setelah menjadi pahlawan kemenangan The Samurai Blue di pertandingan pertama, kali ini wonderkid Real Madrid itu kembali menunjukkan performa yang apik melawan Meksiko.

Winger andalan Jepang ini sukses membukukan 1 gol ke gawang Meksiko yang dijaga oleh Ochoa. Sejak awal babak pertama penampilannya sangat membuat beberapa bek milik Meksiko kewalahan.

Terbukti, baru enam menit pertandingan berjalan, Kubo mencetak gol melalui kaki kirinya yang memanfaatkan umpan milik Ritsu Doan. Sepanjang pertandingan Kubo beberapa kali mengancam gawang Meksiko, namun beberapa peluang apiknya berhasil digagalkan Ochoa.

Berkat penampilannya yang gemilang sejak awal hingga akhir laga berlangsung, Kubo berhasil memastikan Jepang lolos ke fase knockout di Olimpiade 2020.

2 dari 5 halaman

Andre-Pierre Gignac

Striker Prancis, Andre-Pierre Gignac, beraksi di Olimpiade Tokyo 2020 (c) AP Photo
Striker Prancis, Andre-Pierre Gignac, beraksi di Olimpiade Tokyo 2020 (c) AP Photo

Andre-Pierre Gignac membuktikan bahwa usia bukanlah segalanya. Penyerang veteran berusia 35 tahun ini membukukan hattrick melawan Afrika Selatan.

Sejak awal laga, kedua tim bermain sangat agresif dengan melakukan jual beli serangan, pada lanjutan babak kedua Afrika selatan unggul terlebih dahulu lewat gol milik Kobamelo Kodisang, tidak lama berselang Gignac membalas gol tersebut setelah memanfaatkan operan milik Randal Kolo Muani di menit ke 57.

Afrika Selatan kembali membalaskan golnya melalui Evidence Makgopa setelah melalui umpan Kobamelo Kodisang yang berhasil ia manfaatkan membobol gawang Prancis di menit ke-73, beberapa menit berselang Gignac membalas gol penyama kedudukan, kali ini gol yang ia cetak melalui sundulan dari Michelin di menit ke-78.

Afrika Selatan kembali mengungguli Prancis, kali ini Teboho Mokoena mencetak gol yang membuat Afrika Selatan kembali unggul pada menit ke-82. Tak lama berselang Gignac membukukan hattrick miliknya usai mencetak gol penalti di menit 86, skor kini berubah menjadi 3-3.

Meskipun gol akhir penentu kemenangan dicetak oleh rekan setimnya Savanier. Gignac layak disebut sebagai pemain bersinar milik Prancis usai membantu Prancis menghindari kekalahan pada matchday 2 lanjutan Olimpiade 2020 ini.

3 dari 5 halaman

Mikel Oyarzabal

Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal, dua pahlawan Spanyol di laga kontra Kroasia, Euro 2020 (c) AP Photo
Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal, dua pahlawan Spanyol di laga kontra Kroasia, Euro 2020 (c) AP Photo

Pemain selanjutnya datang dari negeri matador. Penyerang sayap andalan Real Sociedad ini menyumbangkan gol tunggal untuk kemenangan perdana Spanyol di Olimpiade 2020 ini.

La Furia Roja tampil cukup agresif dan menekan beberapakali Timnas Australia sejak awal laga. Jual beli serangan sejak awal terjadi, tetapi kedua tim belum mencetak gol hingga babak pertama usai.

Bukan Pedri atau Asensio, Oyarzabal justru keluar sebagai penentu kemenangan dari Timnas Spanyol. Sejak awal babak hingga pertengahan babak kedua dimulai Oyarzabal beberapa kali mengancam gawang milik Australia, hingga beberapa menit setelah Asensio turun, ia sukses mencetak gol melalui sundulan setelah memanfaatkan umpan milik Asensio di menit 80.

Gol tunggal milik Oyarzabal tersebut bertahan hingga akhir laga yang memastikan Spanyol masih punya asa untuk lolos ke fase gugur.

4 dari 5 halaman

Lee Kang-In

Lee Kang-in saat membela Timnas Korea Selatan (c) AP Photo
Lee Kang-in saat membela Timnas Korea Selatan (c) AP Photo

Jika Jepang punya Takefusa Kubo, Korea Selatan punya bakat muda yang tidak kalah menarik. Ia adalah Lee Kang-In.

Pemain yang dijuluki David Silva-nya Korea itu masuk menggantikan Ui-jo Hwang di babak kedua. Ia mencetak dua gol yang masing-masing ia cetak pada menit ke-84 serta menit akhir perpanjangan waktu.

Gol pertama ia cetak melalui tendangan penalti yang sukses membuat Korea Selatan memperjauh keunggulan 3-0 dilaga tersebut. Tidak habis sampai situ. Ia kembali mencetak gol keduanya setelah mendapatkan operan Yun-sung Kang, dan sukses ia tendang kepojok gawang Rumania.

5 dari 5 halaman

Ragnar Ache

Penyerang berusia 22 tahun ini menujadi nama terakhir pemain yang bersinar di Matchday 2 Olimpiade 2020 ini. Ache membukukan satu gol pada laga melawan Arab Saudi.

Kembali bermain dengan 10 orang tidak membuat Jerman patah semangat dalam memenangi laga ini. Ache sendiri mencetak gol setelah memanfaatkan bola muntah hasil tendangannya yang sempat ditepis kiper Arab Saudi Mohammed Al-Rubaie yang sukses menjadi gol miliknya.

Meskipun tidak bermain penuh dalam pertandingan ini beberapa tendangan serta sundulannya sendiri sukses membuat ancaman terhadap Arab Saudi. Dengan ini Jerman perlu membukukan kemenangan saat bertanding melawan Pantai Gading untuk mengamankan posisinya di Grup D.

(Bola.net/Risditya)

KOMENTAR