BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Richarlison dan Bintang-bintang yang Bersinar di Matchday 3 Olimpiade 2020

29-07-2021 12:23 | Serafin Unus Pasi

Skuat Brasil merayakan gol Brasil ke gawang Arab Saudi di pertandingan terakhir grup D Olimpiade 2020, Rabu (28/7/2021) (c) AP Photo
Skuat Brasil merayakan gol Brasil ke gawang Arab Saudi di pertandingan terakhir grup D Olimpiade 2020, Rabu (28/7/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Gelaran Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga sepak bola kini sudah memasuki matchday 3. Di pertandingan pamungkas fase grup ini, beberapa tim berjuang susah payah untuk mendapatkan tiket lolos dari fase grup masing-masing.

Namun pada matchday kali ini tiga tim yang diprediksi akan lolos mudah sejak awal gelaran Olimpiade berlangsung, justru harus puas pulang sejak awal. Tiga tim tersebut merupakan Prancis, Argentina, dan Jerman.

Pada matchday terakhir ini, Prancis dipaksa menyerah setelah dibantai oleh tuan rumah dengan skor telak 4-0. Hasil ini membuat Prancis harus pulang kampung setelah finish di peringkat ketiga klasemen Grup A.

Disisi lain, Argentina juga dipaksa pulang koper, usai bermain imbang 1-1 dengan Spanyol. Argentina sendiri harus selesai pada posisi ketiga klasemen Grup C karena kalah selisih gol dengan Mesir.

Jerman juga mengalami nasib yang sama, Jerman yang bertemu Pantai Gading dipaksa berbagi poin pada pertandingan kali ini. Pantai Gading sendiri hanya perlu hasil seri untuk lolos dari grup, sedangkan Der Panzer perlu membukukan kemenangan yang gagal diraih pada pertandingan kemarin dan harus puas dengan finish di posisi ketiga klasemen Grup D.

Dari total delapan pertandingan tersebut terdapat beberapa nama, yang menjadi aktor utama bagi timnya untuk lolos dari grup. Berikut daftar pemain tersebut.

1 dari 5 halaman

Richarlison

Penyerang Brasil di Olimpiade Tokyo 2020, Richarlison (c) AP Photo
Penyerang Brasil di Olimpiade Tokyo 2020, Richarlison (c) AP Photo

Pada pertandingan pertama kontra Jerman, Richarlison langsung mencetak hattrick. Kali ini, sang penyerang Everton itu sukses membantu Brasil mengalahkan Arab Saudi dengan skor 3-1.

Bermain sebagai starter Selecao, Richarlison kembali membuktikan namanya sebagai penyerang yang pantas untuk dipanggil skuad Brasil. Ia jadi ancaman nyata bagi lini pertahanan wakil Asia itu.

Ia mencetak dua gol pada menit ke-76 dan pada perpanjangan waktu babak kedua. Gol pertama ia cetak melalui sundulannya, yang berasal dari umpan sundulan Bruno Guimaraes. Sedangkan gol kedua ia cetak setelah memanfaatkan operan dari Reinier yang melewati beberapa pemain Arab Saudi sukses ia jadikan gol.

Dua gol Richarlison tersebut memastikan Brasil keluar sebagai juara grup dengan belum mengalami kekalahan sekalipun. Tambahan dua gol yang ia cetak membuatnya mengamankan gelar top skor sementara Olimpiade 2020 dengan raihan lima gol.

2 dari 5 halaman

Hwang Ui-Jo

Timnas Korea Selatan di Olimpiade Tokyo 2020 (c) AP Photo
Timnas Korea Selatan di Olimpiade Tokyo 2020 (c) AP Photo

Pemain yang bersinar di matchday ketiga fase grup Olimpiade 2020 ini datang dari posisi penyerang yang datang dari Korea Selatan. Hwang Ui-Jo berhasil mencetak hattrick pada pertandingan kali ini usai melibas Honduras dengan skor 6-0 tanpa balas.

Meskipun tidak tampil penuh, tiga gol yang ia cetak sendiri menjadi alasan, dirinya merupakan bintang utama dilaga ini. Sejak awal pertandingan ia sendiri bermain cukup impresif dengan melesatkan beberapa sundulan serta tendangan mematikan ke gawang Honduras.

Gol pertama ia cetak melalui tendangan penalti pada laga yang baru berjalan 12 menit. Selanjutnya ia mencetak gol keduanya menggunakan kaki kanannya pada menit perpanjangan waktu babak pertama.

Di Babak kedua ia kembali mencetak gol melalui penalti bagi Timnas Korea pada menit 52. Meskipun ia hanya bermain selama 57 menit, Hattrick miliknya tersebut sukses menambah semangat rekan setimnya yang pada akhirnya memetik kemenangan dengan skor 6-0 dan memastikan Korea Selatan lolos sebagai peringkat pertama klasemen Grup B.

3 dari 5 halaman

Takefusa Kubo

Bintang Timnas Jepang U-23, Takfusa Kubo, berusaha menghindari tekel pemain Afrika Selatan U-23, Repo Malepe, di laga Grup A sepak bola putra Olimpiade Tokyo di Tokyo Stadium, Kamis (22/07/2021) malam
Bintang Timnas Jepang U-23, Takfusa Kubo, berusaha menghindari tekel pemain Afrika Selatan U-23, Repo Malepe, di laga Grup A sepak bola putra Olimpiade Tokyo di Tokyo Stadium, Kamis (22/07/2021) malam

Wonderkid Real Madrid kembali menunjukkan sinarnya di ajang Olimpiade 202020. Pemain yang diposisikan sebagai gelandang serang pada pertandingan kali ini, berhasil mencetak satu gol ke gawang Timnas Prancis.

Bermain di negaranya sendiri membuat Kubo membuat banyak peluang dan beberapa kali membuat frustasi pemain bertahan milik Prancis. Tubuhnya yang mungil dan kecepatan serta dribblingnya yang sangat baik, membuat beberapa pemain belakang Prancis kebingungan untuk menjaga dirinya.

Dalam pertandingan ini Kubo mencetak gol pada menit ke-27 yang merupakan gol awal bagi Timnas Jepang. Meskipun pemain bernomor punggung tujuh tersebut tidak bermain penuh pada laga ini, berkat aksinya malam ini menjadikannya dirinya pantas menjadi pemain paling bersinar bagi negeri sakura tersebut.

4 dari 5 halaman

Alexis Vega

Selebrasi Timnas Meksiko usai membobol gawang Prancis di pertandingan Grup A Olimpiade 2020, Kamis (22/7/2021) (c) AP Photo
Selebrasi Timnas Meksiko usai membobol gawang Prancis di pertandingan Grup A Olimpiade 2020, Kamis (22/7/2021) (c) AP Photo

Bintang yang bersinar berikutnya datang dari Meksiko. Alexis Vega sukses mengunci kemenangan 3-0 atas Afrika Selatan, dan memantapkan diri bersama Jepang lolos dari Grup A.

Sejak awal laga Meksiko bermain sangat cepat, jual beli serangan sempat terjadi, hingga pada akhirnya Alexis Vega berhasil mencetak gol usai memanfaatkan operan milik Uriel Antuna pada menit 18 babak pertama.

Alexis Vega bersama meksiko tampil sangat impresif sejak awal hingga akhir babak kedua, beberapa kali ia sendiri membahayakan gawang Afrika Selatan dengan dribbling serta sprint miliknya.

Meski digantikan oleh Diego Lainez pada menit 77, penampilannya yang memukau membuat dirinya layak disebut pemain paling bersinar pada laga kali ini.

5 dari 5 halaman

Marco Asensio

Marco Asensio (c) Marca
Marco Asensio (c) Marca

Spanyol berhasil lolos sebagai juara Grup C usai menahan imbang Argentina dengan skor 1-1. Asensio yang bermain sebagai starter menjadi salah satu aktor utama dari lolosnya negeri Matador ini.

Spanyol sendiri menguasai laga ini dengan penguasaan bola 66 persen. Selain itu bermainnya Asensio sebagai starter sendiri membantu Spanyol dari lini serang untuk menciptakan berbagai serangan melalui umpan serta operan berbahaya miliknya.

Meskipun gol yang dicetak Spanyol sendiri berasal dari sang kapten, Mikel Merino, Asensio layak disebut sebagai pemain paling bersinar di laga ini. Ia sendiri dipercaya bermain selama 90 menit penuh pada laga ini dan mampu membantu La Roja lolos sebagai juara grup.

(Bola.net/Risditya)

KOMENTAR