Raih Perunggu, Pemain Korsel Bebas Wajib Militer

Editor Bolanet | 11 Agustus 2012, 20:00
Para pemain Korsel dijanjikan bebas wajib militer. (c) AFP
Para pemain Korsel dijanjikan bebas wajib militer. (c) AFP
- Para pemain Korea Selatan merayakan dengan gila sukses mereka meraih medali perunggu Olimpiade 2012. Selain karena mengalahkan Jepang juga karena mereka dijanjikan bebas dari wajib militer.


Gol penyerang , Park Chu-Young dan kapten Koo Ja-Cheol di masing-masing babak memastikan kemenangan 2-0 atas sang seteru. Itu menjadikan mereka negara Asia pertama yang meraih medali di sepak bola putra Olimpiade sejak Jepang meraih medali yang sama di Meksiko 1968.


Pemerintah Korea Selatan menjanjikan jika skuad yang tampil di London akan dibebaskan dari wajib militer selama 21 bulan jika mampu mengamankan medali perunggu. Entah terdorong kabar gembira tersebut atau hasil pertandingan, yang pasti selebrasi para pemain sangatlah gila.


Hal itu diungkapkan pelatih Hong Myung-Bo yang mengatakan, "Ruang ganti sangatlah kacau. Para pemain jadi gila dan melemparkan semuanya. Saya tak bisa masuk dan harus menunggu di luar sampai konferensi pers usai."


Myung-Bo juga menyebut hasil tersebut akan memberi manfaat untuk karir pemainnya karena tanpa menjalani wajib militer mereka bisa fokus pada karirnya. Hal itu pun diyakininya bakal berdampak positif pada persepakbolaan Korea Selatan.


Pendapat sang pelatih diamini gelandang Celtic, Ki Sung-Yeung. "Ada kemungkinan itu untuk setiap pemain, jadi kami gembira bisa menghindarinya. Kini kami bisa lebih lama bermain di Eropa dan itu motivasi besar bagi kami," tutupnya. (afp/row)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR