BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Masih Ingat Javier Mascherano? Pemain dengan Koleksi 2 Emas Olimpiade Secara Beruntun

15-07-2021 11:31 | Afdholud Dzikry

Javier Mascherano (c) AP
Javier Mascherano (c) AP

Bola.net - Di panggung olimpiade, sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang paling ditunggu. Sebagai olahraga paling populer di dunia, sepak bola selalu mendapatkan antusiasme tinggi dari penggemarnya.

Setiap pesepak bola pasti bertekad untuk menorehkan prestasi, baik di level klub maupun timnas. Selain itu, mendulang banyak gol dan juga mendapatkan penghargaan pribadi tentu bakal semakin membuat bangga.

Semuanya akan semakin lengkap jika seorang pesepak bola mampu mengukir rekor. Satu di antara pemain yang sukses di Olimpiade adalah Javier Mascherano.

Eks pemain Timnas Argentina tersebut pernah memperoleh dua medali emas Olimpiade secara beruntun. Lantas, seperti apa kiprah Javier Mascherano di Olimpiade? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Medali Emas di Olimpiade Athena 2004

Javier Mascherano (c) AFP
Javier Mascherano (c) AFP

Di Olimpiade Athena 2004, Javier Mascherano berhasil membawa Timnas Argentina merengkuh medali emas. Ketika itu, Tim Tango berada di Grup C bersama Australia, Tunisia, dan Serbia & Montenegro.

Timnas Argentina berhasil lolos ke perempat final dengan status juara grup dengan nilai sempurna sembilan. Pada laga pembuka Grup C, La Albeceleste menang 6-0 atas Serbia dan Montenegro.

Argentina kemudian menghempaskan Tunisia berkat gol yang dicetak oleh Carlos Tevez dan Javier Saviola. Pada laga terakhir fase grup, Timnas Argentina meraih kemenangan atas Australia berkat gol tunggal dari Andres D’Alessandro.

Tren kemenangan Tim Tango terus berlanjut pada perdelapan final hingga ke final. Argentina menang 4-0 atas Kosta Rika pada perempat final, menang 3-0 atas Italia pada semifinal, serta membungkam Paraguay dengan skor 1-0 di final.

2 dari 2 halaman

Medali Emas di Olimpiade Beijing 2008

Javier Mascherano (c) AFP
Javier Mascherano (c) AFP

Empat tahun setelahnya di Olimpiade Beijing 2008, Javier Mascherano Kembali membawa Argentina memenangkan medali emas.

Tergabung di Grup A, Argentina berhasil mengalahkan Pantai Gading (2-1), Australia (1-0), dan Serbia (2-0). Pada perempat final, Tim Tango membungkam Belanda lewat extra time dengan skor akhir 2-1.

Selanjutnya pada semifinal, Timnas Argentina berhasil mengalahkan Brasil dengan skor 3-0. Pada partai final, Argentina berhasil mengalahkan Nigeria berkat gol Angel Di Maria pada menit ke-58.

Hasil tersebut tidak hanya membuat Argentina meraih medali emas Olimpiade secara back to back, namun juga tak terkalahkan dalam dua ajang tersebut.

Selain itu, Javier Mascherano menjadi salah satu pemain paling sukses di ajang Olimpiade, karena berhasil meraih dua medali emas Olimpiade secara beruntun.

Dukung tim kebangganmu bertanding dengan menyaksikan live streaming Olimpiade Tokyo 2020 yang akan disiarkan secara gratis melalui aplikasi Vidio.

Disadur dari: Bola.com (Andrya Nabil/Rizki Hidayat)

KOMENTAR