BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lionel Messi Jadi Beban untuk Pemain Muda Timnas Argentina

11-05-2019 00:01 | Yaumil Azis

Lionel Messi (c) AFP Lionel Messi (c) AFP

Bola.net - Kehadiran Lionel Messi memang menjadi berkah tersendiri buat Timnas Argentina. Tapi ada masalah lain yang ditemukan oleh sang pelatih, Lionel Scaloni. Ia menganggap bayang-bayang bintang Barcelona tersebut terlalu besar untuk para pemain muda.

Messi seringkali disebut sebagai salah satu pemain terbaik dunia pada era sekarang ini. Bisa dibuktikan dengan serangkaian gelar yang ia persembahkan kepada Barcelona serta torehan lima gelar Ballon d'Or miliknya.

Sayangnya, penampilan yang serupa tidak terlihat saat dirinya tampil bersama Timnas Argentina. Sejak melakoni debutnya, pria berumur 31 tahun tersebut tak pernah sekalipun menyumbang gelar bergengsi seperti Piala Dunia, atau bahkan Copa America.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Jadi Beban Pemain Muda

Meski begitu, Timnas Argentina tetap mengalami ketergantungan kepadanya. Hal itu kemudian memicu sebuah polemik baru, yakni keterbatasan para penggawa muda potensial untuk memancarkan sinarnya di level internasional.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Scaloni, yang mengisi posisi kepelatihan pasca pemecatan Jorge Sampaoli tahun 2018 lalu. Katanya, kehadiran Lionel Messi di lapangan menjadi sebuah beban untuk para pemain mudanya.

"Bayang-bayang dirinya yang tertinggal di lapangan mungkin sedikit berlebihan untuk beberapa pemain muda," tutur Scaloni soal Messi kepada TNT Sports.

"Kami selalu bertanya kepadanya. Dalam laga yang ia mainkan untuk Timnas, sangat jarang terlihat dirinya memberikan segalanya. Hal terbaik yang bisa kami minta dari semuanya adalah tampil selayaknya di klub masing-masing," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Tetap Bergantung Pada Messi

Messi seringkali mendapatkan kritik tiap bermain bersama Timnas, sebab kehadirannya pun tidak memberikan dampak positif dalam hal prestasi. Tapi Scaloni tak bisa menampik fakta bahwa Albiceleste membutuhkan aksinya.

"Kami harus mengambil keuntungan dari fakta bahwa dia berada di lapangan bersama kami. Dia adalah pemain terbaik sepanjang masa, tapi di lapangan dia harus menjadi seseorang yang membantu kami menang," tambahnya.

"Kami ingin dia dekat dengan bola. Yang kami harus lakukan bila dia mundur jauh adalah pemain lain mengisi posisinya kala menyerang. Leo adalah seorang penyerang, menciptakan assist dan semakin dekat diriya dengan gawang, itu lebih baik," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Tampil di Copa America 2019

Pasca Piala Dunia 2018, Messi sempat menjaga jarak dengan tidak memenuhi panggilan dari Timnas. Namun akhirnya ia kembali dan dipastikan bakalan turut serta dalam ajang Copa America yang digelar pada musim panas ini.

10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR