BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kabar Andres Iniesta di Jepang: Jadi Kapten yang Hebat dan Masih Menawan di Lapangan Hijau

16-07-2020 21:17 | Dimas Ardi Prasetya

Andres Iniesta dan Vissel Kobe juara Piala Super Jepang 2020 (c) Vissel Kobe Andres Iniesta dan Vissel Kobe juara Piala Super Jepang 2020 (c) Vissel Kobe

Bola.net - Legenda Barcelona Andres Iniesta menjadi kapten yang hebat di Vissel Kobe dan meski sudah uzur sebagai pesepak bola, ia masih tampil menawan di atas lapangan hijau menurut pengakuan Gotoku Sakai.

Iniesta meninggalkan Barca pada musim panas 2018 lalu. Namun ia tak pensiun. Ia malah pindah ke Jepang.

Iniesta menerima pinangan klub Vissel Kobe. Pemain berusia 36 tahun itu dikontrak selama tiga musim.

Namun Iniesta sempat terpaksa menganggur untuk sementara waktu. Pasalnya kompetisi sepak bola di Jepang terhenti karena pandemi virus corona.

1 dari 2 halaman

Kapten yang Hebat

Kompetisi J1 League rencananya digelar lagi pada awal Juli. Jelang dimulainya kompetisi tersebut, Andres Iniesta sempat menggelar dialog dengan rekan-rekan setimnya.

Menurut Gotoku Sakai, dalam dialog tersebut, Iniesta menunjukkan kapasitasnya sebagai kapten yang hebat. Ia disebut mampu memotivasi dan meningkatkan mental rekan-rekannya yang terpengaruh pandemi virus corona.

“Di luar lapangan, ia benar-benar menunjukkan kualitas kepemimpinannya di saat kami tidak bisa bermain sepak bola. Ia berusaha untuk menjaga kelompok bersama sebanyak yang ia bisa meskipun menjadi pemain asing dan mengalami kesulitan dengan bahasa," ungkapnya seperti dilansir Goal.

“Saya sendiri seorang mantan kapten, saya tahu betapa sulitnya itu, untuk berbicara kepada sebuah kelompok dan membuat semua orang tetap bersama. Tetapi ia benar-benar berusaha melakukan itu, jadi saya sangat menghormatinya untuk itu," serunya.

2 dari 2 halaman

Performa Ciamik di Atas Lapangan

Gotoku Sakai juga mengatakan kehebatan Andres Iniesta di atas lapangan hijau masih terlihat meski usianya sudah uzur. Sakai pun merasa senang bisa bermain bersama eks pemain timnas Spanyol tersebut.

Pasalnya bersama Iniesta ia bisa belajar banyak hal. Bahkan pihak klub pun mendapatkan banyak pelajaran berharga darinya.

“Dalam hal di lapangan, ia memainkan begitu banyak operan yang luar biasa. Tahun lalu, di semi final Piala Kaisar, ia mencetak gol yang sangat penting bagi kami. Setiap hari saya bermain atau berlatih dengannya adalah sesuatu yang saya hargai," serunya.

“Hanya berlatih dengan Andres membuat Anda menyadari betapa banyak yang masih harus dipelajari. Apakah itu waktu untuk mengumpan atau hanya cara dirinya melihat sesuatu, Anda menyadari masih ada ruang untuk pertumbuhan," ungkapnya.

“Ia bukan sosok yang suka bicara, tapi ia seseorang yang memimpin dengan memberi contoh melalui permainannya. Ia sosok besar yang membawa banyak tanggung jawab. Apa yang ia bawa ke klub ini adalah bahwa ia memiliki kemampuan untuk tampil bagus pada saat-saat penting - itu adalah sesuatu yang sangat berharga bagi kami," puji Sakai.

Andres Iniesta sejauh ini telah bermain sebanyak 46 kali bagi Vissel Kobe. Ia mengemas 10 gol dan 14 assist.

(goal)

KOMENTAR