BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Juara Piala Dunia Antarklub, Liverpool Bisa Pamer Lencana Emas

23-12-2019 21:16 | Dimas Ardi Prasetya

Liverpool, juara Piala Dunia Antarklub 2019 (c) AP Photo Liverpool, juara Piala Dunia Antarklub 2019 (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool mendapatkan badge alias lencana emas usai menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2019, namun soal pemakaiannya, syarat dan ketentuan berlaku.

Liverpool menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2019 setelah di laga final mengalahkan Flamengo, hari Minggu (22/12/2019) kemarin. Kemenangan 1-0 mereka didapatkan dengan susah payah.

Kemenangan itu mencatatkan sejarah tersendiri bagi Liverpool. Sejak mereka didirikan 127 tahun silam, ini adalah pertama kalinya The Reds sukses meraih trofi juara di turnamen tersebut.

Pasukan Jurgen Klopp itu sendiri tak cuma mendapatkan trofi juara sebagai ganjaran atas kemenangan itu. Mereka akan mendapatkan badge emas khusus dari FIFA.

Liverpool nanti berhak memakainya di jersey mereka. Badge itu berukuran 78 x 57 milimeter dan akan diserahkan dalam sebuah seremoni khusus.

1 dari 3 halaman

Syarat dan Ketentuan Berlaku

Skuat Liverpool nanti akan bisa memakai badge tersebut. Namun ada syarat dan ketentuan dari FIFA yang harus mereka patuhi.

Badge itu nantinya hanya akan bisa dipakai di Liga Champions saja. Liverpool bisa memakainya pada musim ini sampai musim depan, sampai dihelatnya laga final Piala Dunia Antarklub berikutnya.

Akan tetapi, badge ini tak akan bisa dipakai di pentas Premier League. Liverpool bisa memakainya di Piala FA, namun sebelum itu mereka harus mengajukan permintaan resmi pada pihak yang berkepentingan.

"Sesuai pedoman penggunaan, tim yang menang dapat mengenakan Lencana Juara Dunia FIFA sejak hari itu menjadi juara hingga dan termasuk final dari edisi turnamen berikutnya."

FIFA menyatakan badge itu hanya dapat dikenakan oleh tim utama Liverpool. "Lencana hanya dapat digunakan pada jersey tim resmi yang bermain."

"Itu berarti bahwa Lencana Juara Dunia FIFA tidak boleh digunakan pada [atau] versi historis dari jersey tim, jersey latihan, baju olahraga, atasan latihan atau produk lainnya." Demikian pernyataan juru bicara FIFA pada situs resmi Liverpool.

2 dari 3 halaman

Sumber Motivasi

Meraih trofi juara Piala Dunia Antarklub memang menjadi incaran semua pemain Liverpool. Namun lencana emas itu juga menjadi sumber motivasi ekstra untuk memenangi turnamen tersebut.

Hal ini diakui oleh Georginio Wijnaldum. Sayangnya pemain asal Belanda itu sendiri gagal bermain di turnamen itu karena mengalami cedera.

View this post on Instagram

🏆 CLUB WORLD CUP CHAMPIONS 🏆

A post shared by Liverpool Football Club (@liverpoolfc) on

"Ketika saya berbicara tentang turnamen dengan keluarga dan teman-teman, mereka semua berbicara tentang lencana," kata Georginio Wijnaldum pada bulan November lalu.

"Itu adalah sesuatu yang kamu inginkan; setiap kali kamu melihat baju itu mengingatkan kamu bahwa kamu memenangkan Piala Dunia untuk tim."

3 dari 3 halaman

La Liga dan Serie A

Sebelum Liverpool, Manchester United juga pernah memenangi trofi Piala Dunia Antarklub pada tahun 2008 silam. Mereka pun juga berhak memakai lencana emas.

Namun mereka cuma bisa memakainya di pentas FA Cup. Mereka sebelumnya mengajukan izin lebih dahulu pada pihak yang berkepentingan.

Sementara itu, klub lain yang pernah memenangi turnamen Piala Dunia Antarklub ini adalah Real Madrid dan Inter Milan. Setelah mendapat lencana emas itu, mereka bisa memakainya di semua ajang kompetisi.

Skuat Liverpool sendiri sudah balik ke Inggris dan mendarat di Bandara John Lennon pada Minggu sore waktu setempat. Setelah ini Jordan Henderson dkk akan mempersiapkan diri menghadapi Leicester City.

(liverpoolfc.com)

KOMENTAR