BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hasil Sepakbola Olimpiade 2020: Brasil Melaju ke Final Melalui Adu Penalti

03-08-2021 17:43 | Serafin Unus Pasi

Penyerang Brasil Richarlison (Kanan) berduel dengan bek Meksiko Cesar Montes di semifinal Olimpiade 2020 (c) AP Photo
Penyerang Brasil Richarlison (Kanan) berduel dengan bek Meksiko Cesar Montes di semifinal Olimpiade 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Asa Timnas Brasil untuk mempertahankan medali emas di Olimpiade 2020 tetap terjaga. Mereka berhasil memastikan diri lolos ke Final setelah mengalahkan Meksiko melalui babak adu penalti.

Di babak normal dan tambahan waktu, skor kedua tim sama kuat 0-0. Namun di babak adu penalti, dua penendang pertama Meksiko gagal melakukan tugasnya sehingga Brasil menang dengan skor 4-1 di babak adu penalti.

Pertandingan yang dilangsungkan di Kashima Stadium ini dimulai dengan tempo yang cepat. Kedua tim sama-sama tampil menyerang demi keluar sebagai pemenang.

Brasil mendapatkan peluang emas pertama mereka di menit 14 melalui sepakan Arana namun Guillermo Ochoa berhasil menghalau peluang itu. Ochoa juga kembali jadi sosok antagonis bagi Brasil setelah ia menyelamatkan tembakan bebas spektakuler Dani Alves.

Di menit 27 wasit menunjuk titik putih setelah Douglas Luiz dijatuhkan di kotak penalti. Namun Meksiko bisa bernafas lega karena VAR menganulir keputusan wasit tersebut.

Meksiko bukannya tanpa ancaman di laga ini. Di tiga menit terakhir babak pertama, Santos dipaksa melakukan dua penyelamatan spektakuler untuk menggagalkan tembakan Luis Romo dan Antuna. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Meksiko melakukan pergantian pemain. Jose Esquivel ditarik keluar dan digantikan Carlos Rodriguez.

Jalannya pertandingan di awal babak kedua tidak terlalu berbeda dengan babak pertama. Brasil yang tampil dominan mencoba membombardir gawang Meksiko di laga ini.

Tensi pertandingan sempat memanas di pertengahan babak kedua, di mana sempat terjadi adu mulut antara para penggawa Brasil dan Meksiko akibat pelanggaran Lorona. Wasit mengambil tindakan tegas dengan memberi kartu kungin kepada Lorona dan Reinier yang sempat terlibat saling dorong.

Di menit 82 Brasil lagi-lagi nyaris mencetak gol melalui sundulan pemain andalan mereka, Richarlison. Namun sayang sundulannya itu hanya mengenai mistar gawang.

Jual beli serangan berlanjut sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan Waktu.

2 dari 3 halaman

Babak Tambahan Waktu

Jalannya pertandingan di babak tambahan waktu ini masih sama seperti di waktu normal. Brasil masih mendominasi jalannya pertandingan sementara Meksiko mengandalkan serangan-serangan balik.

Di babak tambahan waktu pertama ini tidak ada peluang yang cukup berbahaya. Laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu kedua.

Di babak tambahan waktu kedua situasinya tidak banyak berubah. Kedua tim nampaknya sudah mulai lelah sehingga tidak ada peluang yang berbahaya. Alhasil laga harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, Brasil mendapatkan kesempatan menendang terlebih dahulu.

Alves yang jadi eksekutor pertama sukses melaksanakan tugasnya. Di sisi lain, Eduardo Aguirre penaltinya berhasil digagalkan Santos.

Kesialan kembali menimpa Meksiko, setelah penalti mengenai Johan Vazquez mengenai tiang gwang.

Bruno Guimares yang menjadi eksekutor penalti ketiga Brasil sukses masuk ke gawang Meksiko. Eksekutor ketiga Meksiko, Carlos Rodriguez sukses memberikan secercah asa bagi Meksiko setelah sukses mengelabuhi Santos.

Reinier yang menjadi penendang keempat berhasil memasukkan bola ke gawang Meksiko meski bola sudah dibaca dengan benar oleh Ochoa. Alhasil Brasil dipastikan lolos ke Final dengan skor 4-1 di adu penalti.

Berkat hasil ini Brasil akan menunggu pemenang laga Spanyol vs Jepang di semi final satunya.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Kedua Tim

Meksiko (4-3-3): Ochoa; Montes, Angulo, Vasquez, Lorona; Cordova, Esquivel, Romo; Antuna, Vega, Martin

Brasil (4-4-2): Santos; Alves, Nino, Carlos, Arana; Guimares, Luiz, Anthony, Claudinho; Paulinho, Richarlison

KOMENTAR