BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Final Pakai Bahasa Spanyol, Howard Kritik Piala Emas

27-06-2011 09:54 |

Bola.netBola.net - Kiper timnas Amerika Serikat, Tim Howard, tak hanya kecewa timnya kalah dari Meksiko di final Piala Emas 2011, Minggu (26/6) waktu setempat kemarin.

Penjaga gawang yang bermain di Everton itu juga mengaku kecewa ketika upacara penyerahan piala dilakukan dengan memakai bahasa Spanyol, bukan bahasa Inggris.

Meksiko menjuarai Piala Emas untuk kedua kalinya berturut-turut setelah meraih kemenangan 4-2 atas Amerika, meski El Tri sempat tertinggal 0-2 pada babak pertama.

Bermain di Rose Bowl, Pasadena, Amerika Serikat, Meksiko layaknya bermain di kandang sendiri karena mayoritas penonton yang berjumlah lebih dari 90 ribu adalah pendukung Meksiko.

"Sangat memalukan ketika seluruh upacara penyerahan piala dilakukan dengan bahasa Spanyol," kata Howard pada reporter usai pertandingan.

"Bila kita bermain di Meksiko City, seremonial ini tak akan dilakukan dengan bahasa Inggris. Concacaf (federasi sepak bola Amerika Utara dan Tengah) memalukan diri mereka sendiri dengan kejadian ini," terang Howard dengan nada jengkel.

Howard mengakui pendukung Meksiko lebih banyak daripada pendukung Amerika, meski mereka bermain di negara sendiri. Naamun menurut Howard, kekalahan dari Meksiko bukan karena faktor penonton, tapi karena lawan memang bermain lebih baik.

Hal senada diungkapkan striker Amerika, Landon Donovan. "Kami harus mengejar level mereka. Pada pertandingan seperti ini (final) kami tak bisa membiarkan Meksiko memainkan ball possession,"

Kekalahan dari Meksiko mengingatkan Amerika pada kekalahan dari Brasil di final Piala Konfederasi 2009. Ketika itu mereka juga unggul 2-0 sebelum dibalik menjadi 3-2 untuk kemenangan Selecao. 

KOMENTAR