BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Catatan Panjang Lionel Messi Melawan Timnas Brasil

03-07-2019 01:24 | Yaumil Azis

Lionel Messi, Argentina (c) AP Photo Lionel Messi, Argentina (c) AP Photo

Bola.net - Lionel Messi berpeluang mengakhiri kutukannya dengan membawa Argentina menjadi juara Copa America 2019. Namun sebelum itu, penggawa Barcelona tersebut harus mengalahkan Timnas Brasil di babak semifinal pada hari Rabu (3/7) pagi nanti.

Ya, pemain berumur 32 tahun tersebut belum pernah sekalipun mempersembahkan gelar bergengsi kepada Albiceleste selain medali emas di ajang Olimpiade 2008 lalu. Padahal, ia sudah menyumbang banyak gelar untuk klubnya, Barcelona.

Prestasi terbaiknya sejauh ini adalah menjadi runner-up di Piala Dunia ataupun Copa America. Sudah empat kali ia tampil pada babak final di dua kompetisi tersebut, dan semuanya berakhir dengan kepala Messi yang menunduk.

Dengan umurnya yang semakin menua, Copa America 2019 mungkin akan menjadi kesempatan terakhirnya meraih trofi di level Timnas. Dan untuk mewujudkan impian itu, ia harus membantu Albiceleste menang atas Brasil di Stadion Mineirao, Minas Gerais, Brasil.

Jelas, ini bukan kali pertama Messi bertemu dengan pemenang Piala Dunia lima kali tersebut. Sampai sekarang, ia tercatat sudah bertemu dengan timnas itu sebanyak sembilan kali. Namun torehannya tidak bisa dibilang apik.

Pertemuan pertamanya dengan Selecao terjadi dalam laga uji coba di Emirates Stadium, London, tahun 2006 lalu. Pada saat itu, Argentina dibuat tak berdaya dan dipaksa bertekuk lutut dengan skor telak 0-3.

Pertemuan berikutnya terjadi pada babak final Copa America edisi tahun 2007 lalu. Lagi-lagi, Brasil menunjukkan keperkasaannya atas Argentina dan Messi pun dibuat tak berdaya. Albiceleste pun harus pulang dengan kekalahan 0-3.

Rekor buruk itu berlanjut. Tahun 2008, Messi dan Argentina hanya mampu menahan imbang Brasil dengan skor 0-0. Kedua negara itu bertemu lagi di babak kualifikasi Piala Dunia 2010 yang berlangsung pada tahun 2009, di mana Argentina tumbang dengan skor 1-3.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 1 halaman

Kemenangan Pertama Messi

Setelah penantian panjang, Messi akhirnya berhasil mencatatkan kemenangan pertamanya atas Brasil. Ia bahkan sukses menyarangkan gol dalam laga uji coba yang digelar di Doha, Qatar, pada tahun 2010 silam.

Keberuntungan itu berlanjut. Pertemuan berikutnya digelar pada Juni 2012, dan Argentina berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 4-3. Kali ini, Messi menunjukkan magisnya dengan mencetak tiga gol sekaligus ke gawang Selecao.

Habis itu, torehannya menunjukkan sedikit penurunan. Di pertemuan berikutnya, Argentina berhasil meraih kemenangan 2-0 pada laga uji coba tahun 2014, dan kalah telah 0-3 pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018 yang berlangsung tahun 2016.

Terakhir, Argentina berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 pada laga yang digelar di Australia tahun 2017 lalu. Secara total, Messi berhasil meraih tiga kemenangan dan lima kali kekalahan atas Brasil dalam karirnya. Selain itu, ia juga mampu mengantongi empat gol tanpa mampu memproduksi assist sama sekali.

Aksi Bocah Indonesia Main Sepak Bola Disorot Bintang AC Milan

KOMENTAR