BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

10 Pemain K-League Dihukum Seumur Hidup

17-06-2011 18:15 |


Bola.netBola.net - Kasus pengaturan skor yang terjadi di K-League atau Korean League benar-benar menjadi perhatian utama federasi sepak bola Korea Selatan, buntutnya sepuluh pemain dijatuhi skorsing seumur hidup.

Hukuman tersebut merupakan hukuman terberat yang pernah diberikan oleh otoritas sepak bola Korea tersebut dalam 28 tahun sejarah sepak bola profesional Korea Selatan.

"Kami mengambil keputusan dengan harapan ini akan menjadi skandal pertama dan terakhir dalam liga," kata Kwak Young cheol, Ketua Komisi Disiplin Liga Profesional Korea Selatan (K-League).

"Para pemain harus selalu ingat bahwa mereka akan dikeluarkan dari olahraga ini jika mereka terbukti melakukan kecurangan," tambahnya.

Sebenarnya pelaku kasus pengaturan skor ini ada sebelas pemain, namun satu pemain lebih beruntung karena mendapatkan hukuman lebih ringan yakni lima tahun.

Kesebelas pemain tersebut merupakan pemain dari klub Daejeon Citizen, mereka bekerja sama untuk membuat klub mereka mengalami kekalahan dengan imbalan sejumlah uang.

Meski telah menjatuhkan hukuman, namun Kwak tetap akan meninjau kembali hukuman tersebut jika kesebelas pemain tersebut dinyatakan tidak bersalah di pengadilan.

Selain harus kehilangan pemain mereka, Daejeon juga harus kehilangan sejumlah pendapatan mereka, seperti diketahui di K-League setiap klub profesional akan mendapatkan 30 persen pendapatan pertahun yang berasal dari penjualan Sports Toto.

Sports Toto merupakan satu-satunya perusahaan lotre atau judi olahraga yang diakui oleh pemerintah Korea Selatan.

Setidaknya, Daejeon Citizen akan kehilangan pemasukan sampai 245.000 dolar AS pertahun.

Klub lainnya yang juga terkait kasus pengaturan skor ini, yaitu Gwangju FC dan Sangju Sangmu Phoenis, masih-masing juga akan kehilangan pemasukan sebanyak 10 persen.

Menurut Kwak, tidak ada ofisial atau pelatih yang ikut dihukum karena pemain tersebut dianggap bertindak atas kehendak mereka sendiri. 

BOLA DUNIA - Jepang Terima Bantuan FIFA Untuk Rehabilitasi Bencana 

KOMENTAR