BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Topik Terhangat Selama Offseason NBA 2021: Ada Pemain Naturalisasi Indonesia

02-09-2021 11:28 | Editor Bolanet

Pelatih baru Boston Celtics, Ime Udoka. (c) NBA
Pelatih baru Boston Celtics, Ime Udoka. (c) NBA

Bola.net - Meski musim baru NBA 2021-2022 akan kembali berjalan pada pertengahan Oktober, hype untuk musim baru sudah terasa sejak periode offseason, di mana sejumlah tim mulai mengutak-atik susunan pemain dan personil kepelatihannya.

Berbeda dengan musim sebelumnya, pada musim ini NBA mengembalikan format babak reguler menjadi 82 pertandingan, dengan babak playoff yang dibuka dengan play-in tournament pada pertengahan April. NBA juga telah merilis jadwal resmi pertandingan babak reguler musim 2021-2022 dengan mengangkat perayaan ulang tahun ke-75 NBA sebagai tema besar.

Sembari menunggu musim baru tiba, kira-kira apa saja topik terhangat yang mewarnai periode offseason NBA sejauh ini?

1 dari 3 halaman

Perpindahan Pemain

Russell Westbrook. (c) nbaRussell Westbrook. (c) nba

Juara musim 2019-2020, Los Angeles Lakers, menjadi salah satu yang paling aktif bergerak selama offseason tahun ini. Nama-nama veteran seperti Russell Westbrook, Dwight Howard, Trevor Ariza dan Carmelo Anthony menjadi beberapa dari sejumlah rekrutan anyar tim asal selatan California ini.

Finalis musim 2019-2020, Miami Heat, juga aktif memperkuat timnya dengan menggaet Point Guard (PG) juara final NBA 2019, Kyle Lowry, dari Toronto Raptors, serta Power Forward (PF) juara final tahun ini, P.J. Tucker, dari Milwaukee Bucks.

Sesama tim Wilayah Timur, Chicago Bulls, turut aktif dalam bursa transfer dengan memboyong PG New Orleans Pelicans, Lonzo Ball, PG Los Angeles Lakers, Alex Caruso, hingga Small Forward (SF) DeMar Derozan dari San Antonio Spurs.

2 dari 3 halaman

Pergantian Pelatih

Pelatih baru Dallas Mavericks, Jason Kidd. (c) nbaPelatih baru Dallas Mavericks, Jason Kidd. (c) nba

Selain pergeseran sejumlah pemain penting, beberapa tim juga melakukan pergantian personil manajemen dan kepelatihan. Boston Celtics mempromosikan pelatih Brad Stevens sebagai President of Basketball Operations menggantikan Danny Ainge yang pensiun di akhir musim.

Mantan asisten pelatih Brooklyn Nets, Ime Udoka, kemudian direkrut sebagai pelatih baru. Jason Kidd, mantan PG yang membawa Dallas Maverick juara di tahun 2011, bereuni dengan tim asal utara Texas tersebut sebagai pelatih menggantikan Rick Carlisle.

Adapun Carlisle yang telah menangani Mavericks selama 13 musim tersebut resmi direkrut Indiana Pacers menggantikan Nate Bjorkgren.

3 dari 3 halaman

Ada Pemain Naturalisasi Indonesia di NBA

Marques Bolden. (c) nbaMarques Bolden. (c) nba

Di luar nama-nama besar di atas, terselip juga pemain yang tengah menjalani proses naturalisasi Indonesia, Marques Bolden. Meskipun tidak melewati proses seleksi NBA Draft 2019, Center (C) kelahiran April 1998 tersebut direkrut oleh Cleveland Cavaliers sejak awal tahun 2020 untuk didaftarkan ke tim NBA G-League, Cleveland Charge.

Walau belum pernah memainkan pertandingan reguler NBA, Marques Bolden patut untuk diperhitungkan melihat pengalamannya sebagai alumni tim bola basket Duke University yang telah menelurkan banyak pemain bintang NBA seperti Kyrie Irving, Jayson Tatum, dan Brandon Ingram. Selain itu, Bolden juga pernah menjadi rekan setim Zion Williamson dan R.J. Barrett selama tahun 2017 hingga 2019.

Menarik untuk terus menyimak perkembangan bursa transfer offseason yang masih berlangsung hingga pertengahan musim baru ini. Penggemar NBA di Indonesia dapat menyaksikan laga musim baru NBA secara eksklusif melalui kanal Champions TV 3 dan O Channel di Vidio.com.

KOMENTAR