BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Sentuhan Kartu Rp30 M Michael Jordan

17-06-2021 19:39 | Darojatun

Sentuhan Kartu Rp 30 M Michael Jordan (c) KLY/Dody Iryawan Sentuhan Kartu Rp 30 M Michael Jordan (c) KLY/Dody Iryawan

Bola.net - Semua yang disentuh Michael Jordan di pentas NBA berubah menjadi emas layaknya legenda “Sentuhan Midas”. Bedanya bila kisah Midas berujung tragis, kini kisah keberuntungan MJ belum berhenti meski ia telah pensiun dari dunia basket NBA 18 tahun silam. Pada 22 Mei 2021, contohnya, memorabilia Jordan masih laku sangat mahal yaitu senilai 2,1 juta dolar AS alias setara 29,9 miliar rupiah!

Barang yang dimaksud adalah segepok kartu koleksi Michael Jordan, yang menurut Bleacher Report diproduksi Upper Deck jelang musim NBA 1997/98. Nilai kartu itu menjadi sangat mahal dalam lelang daring yang digelar Goldin Auctions lantaran dibubuhi tanda tangan sang bintang yang kini berusia 58 tahun tersebut dan konon hanya dibuat sebanyak 23 buah saja di seluruh dunia.

Barang ini sontak memecahkan rekor pribadi MJ dalam konteks barang-barang mahal yang diasosiasikan dengan dirinya.

Banyak pengamat NBA menyebut nilai koleksi kartu itu juga terdongkrak lantaran mengandung beberapa gambar saat Jordan menggunakan seragam tim Eastern Conference dalam All-Star Game 1992 yang disebut-sebut sebagai gelaran All-Star terbaik sepanjang masa.

Dalam duel eksibisi antar wilayah tersebut Jordan mencetak 18 poin dalam total penampilan 31 menit, tapi tim wilayah barat yang justru menang dengan skor 153-113 karena penampilan cemerlang Magic Johnson ---yang akhirnya terpilih sebagai MVP.

Namun, bukan kurang bersyukur ketika pihak Goldin Auctions sendiri menyebut angka penjualan koleksi MJ itu sendiri agak di bawah harapan mereka ---yang nilainya di kisaran 2,5 juta dolar AS.

Apakah prediksi itu berlebihan? Tidak, karena kartu koleksi seri rookie year LeBron James sebulan sebelumnya laku hingga 5,2 juta dolar (Rp74,2 M). Luar biasa!

KOMENTAR