Resmi Bela Milwaukee Bucks, Marques Bolden Bawa Nama Indonesia ke NBA

Anindhya Danartikanya | 26 September 2022, 10:04
Marques Terrell Bolden (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Marques Terrell Bolden (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Pebasket Indonesia, Marques Bolden, resmi diumumkan bakal kembali berlaga di NBA pada musim 2022/2023, dan kini akan membela Milwaukee Bucks. Hal ini diumumkan oleh Bucks lewat situs resmi dan seluruh akun media sosial mereka pada Senin (26/9/2022) WIB.

Pebasket berusia 24 tahun ini lahir di Dallas, Texas, America Serikat, tetapi menjalani proses naturalisasi pada pertengahan 2021 dan kini memiliki kewarganegaraan Indonesia. Ia pun bermain untuk Duke Blue Devils di ajang NCAA 2016 sebelum berlaga di NBA.

Usai gagal menembus NBA Draft 2019, Bolden bergabung dengan Cleveland Cavaliers di ajang NBA Summer League. Ia kemudian dilepas, dan Cavs mengirimnya ke tim NBA G League, Canton Charge, meski pada awal 2020 sempat menandatangani kontrak 10 hari dengan Cavs.

1 dari 2 halaman

Pernah Bela Cleveland Cavaliers

Marques Terrell Bolden (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Marques Terrell Bolden (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Pada akhir 2020, Cavs kembali mengontrak Bolden, tetapi ia dilepas kembali tiga bulan kemudian. Ia pun bergabung dengan Utah Jazz pada akhir 2021, tetapi kemudian dilepas dan dikirim kembali ke NBA G League untuk Salt Lake City Stars.

Pada 21 September 2022, Bolden menandatangani kontrak Exhibit 10 dengan Bucks. Ia pun akan digaji sebesar 1,8 juta dolar AS atau Rp27 miliar jika sukses menembus roster utama. Ia harus bersaing dengan dua pemain Exhibit 10 lainnya, Luca Vildoza dan Lindell Wigginton.

Milwaukee Bucks sendiri merupakan tim NBA yang cukup ditakuti. Mereka merupakan tiga kali juara, dan terakhir kali menyabet gelar pada 2021. Saat ini mereka diperkuat para pemain bintang seperti Giannis Antetokounmpo dan Jrue Holiday.

2 dari 2 halaman

Jadi Pebasket Naturalisasi Indonesia Sejak 2021

Usai melalui proses naturalisasi pada pertengahan 2021, Bolden membantu Skuad Garuda menyabet medali emas perdana di SEA Games, yakni pada edisi 2022. Pebasket yang berstatus sebagai center ini pun bermain rata-rata 19,5 menit per gim, dan mencetak rata-rata 11 poin per gim.

Ia juga membantu Indonesia menuju perempat final FIBA Asia Cup 2022, bermain dengan rata-rata 38 menit per gim, yakni rata-rata tertinggi dalam ajang tersebut. Ia juga mencetak rata-rata 21,8 poin per gim. Sayangnya, Indonesia gagal menembus babak final.

Juga dalam FIBA Asia Cup 2022, Bolden mencatat rata-rata blok tertinggi, yakni 2,8 blok per gim. Ia juga mencetak double-double terbanyak (3) dan menyabet rata-rata rebound tertinggi keempat, yakni 11,3 rebound per gim.

Sumber: Milwaukee Bucks

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR