NBA Jersey Day Is Back! Udah Tahu Belum Fakta-fakta Unik Jersey Bola Basket?

Serafin Unus Pasi | 22 November 2021, 19:48
NBA pamer logo untuk rayakan musim ke-75. (c) NBA
NBA pamer logo untuk rayakan musim ke-75. (c) NBA

Bola.net - Setelah pertama kali diselenggarakan musim sebelumnya, NBA kembali mengajak para penggemar di seluruh dunia untuk merayakan pemain dan tim favorit mereka dengan mengenakan jersey tim NBA, WNBA atau NBA G-League pada tanggal 15 Desember 2021, sebagai bagian dari NBA Jersey Day.


Sebagai salah satu bagian dari kultur fashion, jersey NBA kini tidak lagi hanya dipakai di arena saat pertandingan berlangsung, namun juga mulai dikenakan di berbagai tempat dan kesempatan. Mulai dari saat menonton pertandingan di rumah, bekerja di kantor, berlibur, atau mengikuti kuliah di kampus.

Jersey NBA pun tidak lagi dimonopoli oleh kalangan fans NBA, namun juga populer sebagai fashion item di masyarakat luas. Untuk menyemarakkan NBA Jersey Day, yuk simak fakta-fakta unik dan menarik dari perkembangan jersey NBA!

1 dari 4 halaman

Evolusi Jersey NBA Dari Masa ke Masa

 (c) ESPN (c) ESPN

Jersey NBA dengan area tanpa-lengan (sleeveless) yang ikonik telah muncul sejak tahun 1901, seperti yang dihadirkan pada katalog Spalding yang menampilkan tipe awal jersey bola basket. Dalam perkembangannya, bahan yang digunakan untuk jersey mulai berubah menggunakan bahan yang lebih ringan.

Pada 1970-an dan 80-an, bentuk jersey kemudian menjadi lebih ketat dengan shorts yang berukuran lebih pendek.Tren shorts yang sangat pendek kemudian berubah pada tahun 1984, ketika Michael Jordan meminta shorts berukuran lebih panjang.

Hal ini, ditambah kesuksesan dan popularitas yang dicapai Michael Jordan, membantu mempopulerkan perpindahan dari shorts yang ketat ke desain yang lebih panjang dan lebih longgar yang dikenakan oleh pemain NBA saat ini.

2 dari 4 halaman

LeBron James dan Kobe Bryant Mendominasi Penjualan Jersey Dalam Dua Dekade

Lebron James berduel dengan Kobe Bryant (c) MainBasket.comLebron James berduel dengan Kobe Bryant (c) MainBasket.com

Sejak tahun 2001, NBA bersama National Basketball Players Association (NBPA) merilis daftar jersey dan merchandise tim paling populer setiap tahunnya. Tercatat, LeBron James dan mendiang Kobe Bryant mendominasi puncak daftar penjualan jersey terlaris.

Sejak musim debutnya tahun 2003, LeBron telah mendominasi daftar sebanyak tujuh kali, sementara Kobe memuncaki daftar sebanyak enam kali.

3 dari 4 halaman

Ada Jersey NBA yang Eksklusif!

 (c) Insider.com (c) Insider.com

Sejak tahun 2017, NBA mulai menghadirkan setidaknya empat tipe jersey bagi setiap tim per musim, antara lain Association jersey, Icon jersey, City jersey, dan statement jersey. Association jersey dan Icon jersey digunakan untuk menggantikan home & away jersey, sedangkan Statement jersey digunakan oleh tim untuk menunjukkan kesan warna yang menonjol, serta menjadi bentuk perayaan kota atau negara bagian tempat tim tersebut berada.

Namun, tahukah kamu apabila terdapat satu tipe jersey yang secara eksklusif diberikan kepada setiap tim yang lolos ke babak playoff tiap musimnya? Jersey yang dinamakan Earned Edition ini hanya menampilkan 16 tim, dengan nama atau logo tim yang terpampang secara ikonik pada bagian depan seragam. Mengingat tipe jersey ini hanya diluncurkan bagi tim yang melaju ke babak playoff dengan desain yang berganti tiap musimnya, jersey Earned Edition menjadi collectible item yang pastinya memiliki nilai tersendiri bagi para fans NBA.

4 dari 4 halaman

NBA Jersey Day

 (c) NBA (c) NBA
Untuk meramaikan perayaan NBA Jersey Day 2021, NBA mengajak para fans untuk berpartisipasi melalui cara-cara berikut:

  • Bagikan foto diri kamu bersama teman atau keluarga mengenakan jersey NBA di media sosial.
  • Gunakan tagar #NBAJerseyDay.
  • Tag tim dan pemain favoritmu.


NBA menghadirkan kesempatan bagi para fans yang beruntung untuk dapat tampil di akun media sosial tim-tim NBA favorit serta NBA.com.

Perayaan NBA Jersey Day tahun ini akan bertepatan dengan pertandingan New York Knicks vs. Golden State Warriors pada pukul 8 pagi WIB dan pertandingan Phoenix Suns vs. Portland Trail Blazers pada pukul 11 pagi WIB sebagai bagian dari doubleheader TNT pada hari Rabu, 15 Desember. Pertandingan ini dapat dinikmati oleh para fans NBA di Indonesia melalui kanal O Channel dan kanal Champions TV di Vidio.com.

TAG TERKAIT

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR