BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Naturalisasi 3 Pebasket Sudah Diresmikan, Siap Main untuk Timnas Bola Basket Indonesia

19-07-2021 20:41 | Serafin Unus Pasi

Proses pengambilan sumpah tiga pebasket naturalisasi Indonesia (c) PP Perbasi
Proses pengambilan sumpah tiga pebasket naturalisasi Indonesia (c) PP Perbasi

Bola.net - Proses naturalisasi tiga pebasket asing, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden telah rampung. Ketiganya sudah diambil sumpahnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Aula Lantai 4 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, DKI Jakarta, Senin (19/7/2021).

Acara pengambilan sumpah berlangsung khidmat. Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu dilanjutkan pembacaan naskah pelantikan serta janji setia kepada Negara yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

Ketika diambil sumpahnya, ketiganya memakai jas hitam, kemeja putih, dasi berwarna merah, dan peci. Mereka juga melengkapi diri dengan menggunakan masker dan sarung tangan putih sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Naturalisasi Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden disambut baik oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), Nirmala Dewi. Apalagi, usia ketiganya masih terbilang muda.

Dame Diagne dan Serigne Modou Kane yang berasal dari Senegal usianya masih di bawah 16 tahun. Sementara Marques Bolden lahir di Texas pada 17 April 1998.

"Kami senang mereka sudah menjadi WNI. Kami sangat yakin bisa bersaing dan bawa bangga Indonesia dengan suntikan tenaga segar dari mereka," ujar Nirmala, dalam rilis yang diterima Bola.net.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Dilihat Saat FIBA Asia Cup 2021

Sementara itu setelah resmi menjadi WNI, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden akan dilihat pada ajang FIBA Asia Cup 2021 Agustus mendatang. Nantinya, mereka bakal berkolaborasi dengan Lester Prosper dan Brandon Jawato yang juga gabung Timnas Bola Basket Indonesia melalui jalur naturalisasi.

Selama ini, Lester Prosper dan Brandon Jawato telah berlatih bersama Timnas Bola Basket Indonesia untuk persiapan FIBA Asia Cup 2021. Keduanya juga sudah pernah membela Merah Putih pada ajang Kualifikasi FIBA Asia Cup.

"Dengan gabungnya ketiga naturalisasi ini, kami sangat optimistis bisa bermain di FIBA World Cup 2023 dengan menembus peringkat delapan di FIBA Asia Cup nanti," imbuh Manajer Timnas Bola Basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR